Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Masih Ragu Berhijab ? Ini 5 Alasan Mengapa Muslimah Perlu Berhijab

Selasa, 11 Juni 2024 | 14:23 WIB Last Updated 2024-06-11T07:23:54Z
Daftar Isi [Tampilkan]

Alasan Mengapa Muslimah Perlu Berhijab
Berhijab - khaled ghareeb unsplash.com

Masih ragu untuk memakai hijab, apakah kamu salah satunya ? Berhijab merupakan kewajiban bagi setiap muslimah. Saat ini, semakin banyak muslimah yang mengenakan hijab dan berbusana syari’i. Namun, tidak jarang juga muslimah yang masih ragu untuk berhijab. 

Banyak alasan yang menyebabkan banyak muslimah masih ragu untuk berhijab seperti merasa belum baik akhlaknya, tuntutan pekerjaan, takut tidak bisa istiqomah, hingga merasa belum mendapatkan hidayah.  

Nah, untuk kamu yang masih ragu berhijab, berikut ini 5 alasan perlunya berhijab yang bisa kamu pertimbangkan untuk mantap berhijab  

  1. Hijab merupakan bentuk ketaatan kepada Allah swt 

Hal itu sebagaimana firman Allah : 

Wahai anak cucu Adam! Sesungguhnya Kami telah menyediakan pakaian untuk menutupi auratmu dan untuk perhiasan bagimu. Tetapi pakaian takwa, itulah yang lebih baik. Demikianlah sebagai tanda-tanda kekuasaan Allah, mudah-mudahan mereka ingat.” (Q. S. Al-A’raf : 26)

  1. Menjaga aurat 

Islam memerintahkan semua umatnya untuk menutup aurat, baik laki-laki maupun perempuan. Aurat bagi laki-laki adalah bagian badan antara pusar hingga lutut. Sedangkan aurat untuk perempuan adalah seluruh badan kecuali wajah dan telapak tangan. Hal itu seperti firman Allah berikut ini : 

Katakanlah kepada wanita yang beriman : “hendaklah mereka menahan pandangannya, dan kemaluannya, dan janganlah mereka menampakkan perhiasannya kecuali kepada suami mereka, atau ayah mereka, atau ayah suami mereka, atau putera-putera mereka, atau putera-putera suami mereka, atau saudara saudara-saudara laki-laki mereka, atau putera-putera saudara lelaki mereka, atau putera-putera saudara perempuan mereka, atau wanita-wanita Islam, atau budak-budak yang mereka miliki, atau pelayan-pelayan laki-laki yang tidak mempunyai keinginan (terhadap wanita) atau anak-anak yang belum mengerti tentang aurat wanita. Dan janganlah mereka memukulkan kakinya agar diketahui perhiasan yang mereka sembunyikan. Dan bertaubatlah kamu sekalian kepada Allah, hai orang-orang yang beriman supaya kamu beruntung.” (QS. An-Nur ayat 31) 

  1. Hijab merupakan identitas sebagai muslimah 

Allah swt telah berfirman dalam Q. S. Al-Ahzab : 59 yang artinya : 

Wahai Nabi, katakanlah kepada istri-istrimu, anak-anak perempuanmu, dan istri-istri orang mukmin “hendaklah mereka menutupkan jilbabnya ke seluruh tubuh mereka” yang demikian itu agar mereka lebih mudah dikenali, sehingga mereka tidak diganggu.”

Ayat tersebut berarti menutup aurat dan memakai hijab merupakan hal penting untuk setiap muslimah agar mereka dikenali sebagai muslimah, dan menjaga dirinya agar tidak diganggu. 

  1. Menjaga dari perbuatan dosa 

Nah, siapa nih yang ragu berhijab karena ingin ‘hijabin hati dulu’ ‘memperbaiki diri dulu’, ‘lebih baik tidak berhijab tapi akhlaknya benar daripada berhijab tapi akhlaknya masih buruk’ atau ‘merasa belum pantas berhijab karena masih banyak dosa’ ? 

Kalau kamu merasa seperti itu, maka perlu diingat bahwa manusia itu tidak ada yang sempurna dan pasti ada saja kesalahan yang dibuat. Sedangkan memakai hijab adalah kewajiban setiap muslimah, terlepas dari banyak atau sedikitnya kesalahan yang diperbuat. 

Justru, hijab bisa menjaga kita dari perbuatan dosa.  Hijab bisa menjadi pengingat ketika setan menggoda agar kita berbuat maksiat. Hijab bisa menjadi benteng untuk berbuat maksiat karena merasa malu terhadap hijab yang digunakan. 

Maka dari itu, kalau ada yang berhijab dan masih berbuat maksiat, jangan salahkan hijabnya karena hijab adalah perintah Allah dan kewajiban untuk setiap muslimah. Sedangkan manusia adalah makhluk yang perlu terus senantiasa memperbaiki diri sendiri karena tidak pernah luput dari salah dan dosa.  

Allah swt telah memerintahkan setiap muslimah untuk berhijab. Nah, sebagai umat islam, kita perlu beriman kepada Allah swt, bukan hanya sekedar meyakini bahwa Allah adalah Tuhan kita, melainkan juga mengucapkan dengan lisan dan melakukan dengan amal perbuatan, salah satunya melaksanakan kewajiban berhijab. 

  1. Mendekatkan diri kepada Allah swt 

Tidak jarang muslimah yang memutuskan melepas hijab karena tuntutan pekerjaan atau ragu berhijab karena takut tidak mendapatkan pekerjaan. 

Setiap orang memiliki rezekinya masing-masing. Memakai hijab justru menjadi sarana untuk semakin mendekatkan diri kepada Allah, dan ketika sudah istiqomah, insyaAllah rezeki akan mudah didapatkan. 

Nah, itu tadi alasan muslimah perlu berhijab. Jangan sampai kita termasuk orang yang mencintai dunia namun mengabaikan akhirat. Jadi, yuk mulai berhijab dan istiqomah dalam berhijab.