Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Bolehkah Muslimah Membaca Al-Quran Tanpa Memakai Hijab ? Begini Jawaban Ulama

Selasa, 11 Juni 2024 | 14:27 WIB Last Updated 2024-06-11T07:28:21Z
Daftar Isi [Tampilkan]

Membaca Al-Quran tanpa Hijab
Baca Al-Quran - Foto oleh Alena Darmel dari Pexels

Membaca Al-Quran merupakan salah satu ibadah yang mulia bagi umat muslim. Selain mendekatkan diri kepada Allah, meningkatkan keimanan, meningkatkan pengetahuan dari membaca terjemahan dan mentadabburinya, ada banyak sekali pahala yang bisa kita dapatkan dari membaca Al-Quran. Bagaimana tidak, membaca 1 huruf Al-Quran saja bisa mendapatkan 10 pahala, bagaimana jika 1 halaman ? 

Hal itu sebagaimana dalam hadits yang diriwayatkan oleh Tirmidzi berikut ini : 

“Abdullah bin Mas’ud radhiyallahu ‘anhu berkata : “Rasulullah ﷺ. bersabda : “Siapa yang membaca satu huruf dari Al-Quran maka baginya satu kebaikan dengan bacaan tersebut, satu kebaikan dilipatkan menjadi 10 kebaikan semisalnya dan aku tidak mengatakan ‘alif-lam-mim’ satu huruf, akan tetapi Alif satu huruf, Laam satu huruf, dan Miim satu huruf.” (HR. Tirmidzi dan dishahihkan dalam kitab Shahih Al Jami’ no. 6469). 

Al-Quran merupakan kitab yang mulia dan suci. Didalamnya terkandung firman Allah sebagai petunjuk hidup umat manusia. Maka dari itu, ada syarat dan ketentuan yang harus dipenuhi sebelum membaca Al-Quran. Para ulama berpendapat bahwa syarat utama membaca Al-Quran bagi seorang muslim adalah berwudhu terlebih dahulu. 

Beberapa syarat lain dalam membaca Al-Quran adalah  suci dari hadas kecil dan hadas besar, serta membacanya di tempat yang bersih dan bebas dari najis atau suci. Untuk wanita, maka tidak boleh membaca Al-Quran ketika sedang menstruasi atau setelah melahirkan (nifas). 

Sesuai dengan firman Allah SWT : 

“Tidak menyentuhnya kecuali orang-orang yang disucikan” (Q.S. Al-Waqiah : 79) 

Lalu, bagaimana hukumnya jika seorang muslimah membaca Al-Quran tetapi tidak memakai hijab, bolehkah ? 

Para ahli fikih berpendapat bahwa sebenarnya muslimah tidak wajib memakai hijab ketika membaca Al-Quran. Hanya saja, memakai hijab merupakan bentuk adab atau etika dalam membaca Al-Quran. 

Ustadz Adi Hidayat, dalam sebuah kanal YouTube bernama HAZIQ CHANNEL juga menjelaskan bahwa tidak ada aturan yang menjelaskan larangan membaca Al-Quran tanpa memakai hijab. Namun, karena membaca Al-Quran merupakan bentuk beribadah dan mendekatkan diri kepada Allah swt, alangkah lebih baik jika membacanya dengan aurat yang tertutup sempurna. 

Fatwa Lajna Ifta Mesir, melalui Dr. Syeikh Nur Ali Salman juga menjelaskan bahwa hukumnya boleh untuk perempuan yang membaca Al-Quran namun tidak memakai hijab. Hal itu karena memakai hijab bukan menjadi syarat utama untuk membaca Al-Quran. 

Beliau menambahkan, hanya saja, hendaknya perempuan memakai jilbab ketika membaca Al-Quran agar siap ketika akan sujud tilawah di tengah bacaan Al-Quran apabila sampai pada ayat sajadah. 

Prof. Dr. Ahmad Hajj Al-Kurdi juga menjawab sebuah pertanyaan mengenai hukum membaca Al-Quran dengan keadaan aurat terbuka bagi muslim maupun muslimah. Beliau pun menjawab “Jika tidak ada dalil yang menunjukkan bawah tindakan itu termasuk melecehkan atau tidak menghormati Al-Quran, maka perbuatan semacam itu tidak haram. Hanya saja, hal itu tidak sesuai dengan adab ketika membaca Al-Quran.”

Syekh Mahmud Syalabi, seorang anggota Komisi Fatwa Darul Ifta Mesir, beliau menjelaskan ada beberapa adab dalam membaca Al-Quran yaitu menutup aurat untuk laki-laki dan perempuan, menghadap kiblat, serta membacanya dengan cermat dan sesuai tajwid. 

Syekh Mahmud juga menjelaskan bahwa boleh membaca Al-Quran tanpa memakai hijab. Namun, memakai hijab merupakan adab dalam membaca Al-Quran, sehingga hal itu lebih diutamakan daripada tidak memakai hijab.  

Dari penjelasan di atas, maka dapat diambil kesimpulan bahwa hukumnya boleh membaca Al-Quran tanpa memakai hijab. Namun, hal itu tidak memenuhi adab dalam membaca Al-Quran, terlebih lagi aktivitas ini seolah kita sedang berbincang dengan Allah. 

Jadi, untuk para muslimah, lebih baik menutup aurat dengan sempurna ketika membaca Al-Quran ya… 

Wallahu a'lam bishawab