Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Biografi Pendiri Google, Anak Profesor Matematika yang Ahli Komputer Sejak Dini

Senin, 14 November 2022 | 20:41 WIB Last Updated 2022-11-21T17:50:46Z
Daftar Isi [Tampilkan]
Larry Page dan Sergey Brin
Larry Page dan Sergey Brin | KIM KULISH GETTY IMAGES

Populer24 - Siapa sih yang tidak tahu google, mesin pencari informasi yang darinya semua orang bisa mencari dan mengetahui banyak informasi yang dibutuhkan. Lantas bagaimana sejarah Google dan siapakah pendirinya ? cari tahu jawabannya pada ulasan berikut ini.

Biografi pendiri google, Lawrence Edward Page 


Lawrence Edward Page lahir di Lansing, Michigan. Pria kelahiran 26 Maret 1973 ini merupakan anak dari pasangan Carl Page dan Gloria. Carl Page dan Gloria merupakan Yahudi dan profesor Ph.D. pada bidang Komputer Sains di Universitas Negeri Michigan.  

Lahir di tengah keluarga yang merupakan profesor ilmu komputer membuat masa kecil Edward Page terbiasa dengan komputer pribadi dan majalah ilmiah generasi pertama. Mengawali pendidikannya di Montessori, Edward Page kemudian melanjutkan sekolah ke East Lansing High School. 

Kemudian, dia melanjutkan studi dan mendapatkan gelar Bachelor Science dari jurusan teknik komputer Universitas Michigan. Setelah lulus dari Universitas Michigan, Edward Page melanjutkan studi Master di Universitas Stanford di Palo Alto, California, Amerika Serikat.

Ketika menjadi mahasiswa di Universitas Stanford, Edward Page melakukan penelitian pola hubungan antara situs yang berbeda di World Wide Web. Hingga akhirnya, di kampus inilah Edward Page bertemu dengan Sergey Brin, seorang mahasiswa program Ph. D. di Stanford yang kemudian bersama-sama mengembangkan Google.   

Biografi Pendiri Google : Sergey Brin 


Sergey Brin merupakan pria kelahiran Moskow, Rusia, pada 21 Agustus 1973. Sergey merupakan warga imigran yang pindah ke Amerika Serikat, tepatnya di Adelphi, Maryland. Pria yang memiliki nama lengkap Sergey Mikhailovich Brin ini merupakan anak dari Michael Brin yang merupakan seorang profesor matematika di Universitas Maryland. 

Seperti Larry Edward Page, Sergey Brin juga bersekolah di sekolah Montessori ketika masih kecil. Kemudian, dia melanjutkan sekolah di Sekolah Menengah Eleanor Roosevelt pada 1990. Lulus dari Eleanor Roosevelt, Sergey Brin melanjutkan pendidikan ke Universitas Maryland, College Park dengan konsentrasi jurusan matematika dan ilmu komputer. 

Setelah berhasil mendapatkan penghargaan tertinggi pada studi sarjananya, Sergey Brin lantas melanjutkan sekolah pasca sarjana melalui beasiswa dari National Science Foundation di Universitas Stanford. 

Biografi pendiri Google : Awal mula Google dikembangkan 


Universitas Stanford menjadi tempat Sergey Brin dan Larry Edward Page bertemu yang kemudian bersama-sama membangun Google. Awalnya keduanya merasa tidak cocok karena selalu ada perbedaan pendapat pada setiap topik yang dibahas. 

Namun, menyadari memiliki ketertarikan yang sama yaitu mengenai mesin pencari (search engine) akhirnya Edward Page mengajak Sergey Brin untuk bergabung dalam proyek penelitiannya. Pertama-tama, mereka mengembangkan mesin pencari bernama BackRub pada 1996 yang dioperasikan menggunakan server dari kampus. 

Kemudian, pada 1997 Larry ingin mengganti nama BackRub menjadi nama lain. Larry pun juga berdiskusi dengan teman-temannya, termasuk Sean Anderson yang merupakan koleganya. Setelah berdiskusi dan seiring berjalannya waktu, muncul usulan nama ‘Googol’ yang merupakan istilah matematika untuk angka 1 yang diikuti 100 angka nol. 

Sean kemudian mencari untuk memastikan apakah domain ‘Googol.com’ sudah digunakan atau belum. Namun, dia salah mengetik nya menjadi Google.com 

Meskipun salah penulisan, ternyata Larry Page menyukai nama tersebut dan belum ada yang menggunakannya. Akhirnya, nama Google.com pun resmi digunakan sebagai nama sistem mesin pencari mereka. 

Page dan Brin memiliki keinginan untuk membuat mesin pencari yang ringkas dan simpel. Maka dari itu, mesin Google pun dibuat sederhana dengan cukup menekan tombol enter setelah memasukkan kata kunci pencariannya. Mesin pencari yang mereka jalankan dan diberi nama Google kemudian mulai beroperasi secara resmi pada 1998. 

Biografi pendiri google mundur dari jabatan tinggi di Google 


Larry Page dan Sergey Brin memutuskan untuk melakukan restrukturisasi Google pada 2015.  Kedua pendiri Google tersebut kemudian mendirikan perusahaan baru bernama Alphabet yang merupakan induk perusahaan Google dan beberapa perusahaan besar lainnya. 

Akhirnya, Larry Page dan Sergey Brin pindah ke Alphabet dan mempercayakan Sundar Pichai sebagai pimpinan Google. Namun, pada 2019, kedua pendiri Google tersebut melepaskan jabatan mereka sebagai CEO dan presiden di Alphabet. Meskipun demikian, keduanya masih menjadi anggota dewan direksi Alphabet hingga saat ini.***