Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Gadis 18 Tahun Di Nigeria Shatu Garko Berhasil Menjadi Miss Nigeria 2021 Berhijab Pertama Di Nigeria

Jumat, 14 Januari 2022 | 12:22 WIB Last Updated 2022-03-03T07:56:24Z
Daftar Isi [Tampilkan]
Gadis 18 Tahun Di Nigeria Shatu Garko Berhasil Menjadi Miss Nigeria 2021 Berhijab Pertama Di Nigeria
Shatu Gharko Miss Nigeria 2021 | Photo by : Instagram @shatu.garko

Populer24 - Sejarah terpilihnya perempuan muslim di Nigeria sebagai Miss Nigeria pertama yang berhijab semenjak pagelaran kontes kecantikan ini diadakan di tahun 1957,  membuat nama Shatu Garko kini kian populer di mata dunia. Gadis berusia 18 tahun ini berhasil dinobatkan sebagai Miss Nigeria tahun 2021 dalam final yang berlangsung di Landmark Center, Victoria Island, Lagos, Nigeria pada 17 Desember 2021 yang lalu. Sedangkan di posisi kedua atau Runner Up diduduki oleh Nicole Ikot.

Shatu Garko merupakan Miss Nigeria yang memenangkan kontes kecantikan ke-44 yang beragama Islam. Awalnya keputusannya mengikuti ajang ini merupakan hal yang tidak mudah karena ayahnya yang tidak menyetujui dirinya mengikuti Miss Nigeria 2021.

Shatu menjelaskan bahwa Ibunya menjadi pemecut semangat utamanya untuk mengikuti ajang ini dan mendukungnya untuk mengambil keputusan yang sulit ini, namun sang Ayah tidak ikut untuk hal itu. 

Ia pun menceritakan mengenai ketidaksetujuan Ayahnya yang tidak mendukung keputusannya dikarenakan takut dirinya akan disuruh melepaskan hijab atau diminta untuk mengenakan baju renang atau diperlakukan berbeda karena hijab yang ia kenakan dan agama yang ia anut. Namun berkat sang Ibu yang sekuat tenaga meyakinkan Ayahnya akhirnya sang Ayah pun mengizinkan dirinya mengikuti ajang kontes kecantikan ini.

Namun nampaknya perjuangan Shatu Garko dalam mengikuti Miss Nigeria 2021 juga tak hanya tentangan dari Ayahnya saja, perkataan-perkataan yang buruk yang ia terima di sekolahnya seperti teman-temannya yang mengatakan bahwa jika Shatu Garko mengikuti ajang kontes kecantikan ini dapat merusak citra Miss Nigeria sangat mengganggu dirinya. Tetapi hal itu pun tak mampu membendung keinginannya untuk mewujudkan mimpinya itu. Justru cacian dari para teman-teman sekolahnya itu menjadikannya sebagai motivasi bagi dirinya agar dapat memanfaatkan kesempatan emas ini.

Berkat usaha kerasnya itu Shatu Garko pun kemudian berhasil menyandang sebagai gelar Miss Nigeria 2021 pertama yang mengenakan hijab. Shatu Garkoupun dipakaikan Mahkota oleh Miss Nigeria 2019 bernama Etsanyi Tukura. Etsanyi sendiri berasal dari Taraba State yang sebelumnya dinobatkan sebagai Miss Nigeria ke-43.

Ia pun kemudian mendapatkan hadiah 10 Juta Naira atau jika dalam rupiah setara dengan 34 juta rupiah. Selain hadiah uang, Shatu juga berhak mendapatkan tempat tinggal selama satu tahun di sebuah kawasan apartemen mewah, satu buah mobil, hingga menjadi brand ambassador. 

Seperti yang kita ketahui bahwa kontes kecantikan Miss Nigeria ini memberikan peluang bagi semua perempuan di Nigeria untuk dapat menunjukkan keunggulan dan karakter positif  di setiap tahunnya. Ajang kecantikan ini dilansir dari Premium Times diikuti oleh ribuan pendaftar. Kemudian kontestan pun disaring kembali dan hanya dipilih menjadi 37 besar serta tambahan tiga seminfinalis dari babak wildcard. Shatu Garkopun diketahui mewakili wilayahnya di wilayah Barat Laut di ajang Miss Nigeria 2021.

Menurut Manajer dari Organisasi Miss Nigeria Chioma Nwgie yang turut hadir dan menyampaikan pidatonya pada saat itu bahwa masyarakat umum siapapun sebagai warga negara Nigeria berkesempatan mengikuti pemilihan kontes kecantikan tersebut hingga 21 finalis masuk Bootcamp Miss Nigeria. Kemudian proses pun diperkecil hingga menjadi 18 finalis teratas yang masuk final.

Beliaupun menambahkan bahwa agama dan budaya bukan menjadi penilaian ajang ini sehingga bukanlah menjadi penghalang untuk mewujudkan impian dan mencapainya seperti Shatu Garko. Ia pun kemudian berjanji pada ajang kontes kecantikan ini akan selalu menjunjung tinggi cita-cita para kontestan Miss Nigeria.

Sedangkan pendirian Folio Media Group, Fidelis Anosike, penyelenggara Miss Nigeria 2021 juga menyampaikan visi ajang kecantikan Miss Nigeria 2021 yaitu dapat menciptakan  pemberdayaan nasional dan menjadi panutan bagi yang melihat serta sebagai inspirasi bagi anak-anak perempuan lainnya di Nigeria.

Menurut Creative Director Miss Nigeria sekaligus Miss Nigeria 2013 Ezinne Akudo mengatakan bahwa seleksi kontestan Miss Nigeria 2021 ini lebih sengit dengan tuntunan yang sangat besar. Hal ini merujuk pada membludaknya jumlah peserta yang mengikuti ajang Miss Nigeria 2021 ini.

Sebelumnya di tahun lalu ajang kontes kecantikan Miss Nigeria ke-43 dimenangkan oleh Etsanyi Tukura  seorang pebisnis online barang bermerk asli bagi para desainer berbakat dunia, yang diselenggarakan di Eko Convention Center, Lagos.

Setelah Shatu Garko memenangkan ajang kontes kecantikan Miss Nigeria 2021, Shatupun baru-baru ini menjadi model berhijab pertamanya dan mendapatkan banyak pekerjaan modeling di Nigeria.

Oleh : Devi Novitasari

Sumber Berita : 
ISLAMPOS