Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Profil Diego Maradona, Bintang Sepakbola Argentina Sebelum Lionel Messi

Sabtu, 14 Januari 2023 | 22:43 WIB Last Updated 2023-01-14T15:43:23Z
Daftar Isi [Tampilkan]
Diego Maradona
Diego Maradona

Populer24 - Diego Maradona adalah pemain sepakbola terbaik asal Argentina sebelum lahirnya sosok Lionel Messi. Karir Maradona cukup mentereng di era 80-90 an. Supaya lebih kenal dengan pemain yang dijuluki si tangan tuhan tersebut, cek profilnya di artikel ini.

Bakat Diego Maradona dalam bermain sepakbola diketahui sejak usia muda. Bahkan, Maradona mengawali debutnya sebagai pemain sepakbola profesional di usia ke-15 tahun.

Jika melihat Maradona bermain, pecinta bola tentunya akan cukup terhibur. Pasalnya, skill Maradona dalam melewati lawan cukup baik. Selain itu, kecepatan Diego Maradona juga cukup baik, sehingga gerakan-gerakannya sulit dikejar lawan-lawannya.

Mengawali karir di Liga Argentina, Diego Maradona sukses merambah ke sepakbola Eropa, bahkan sempat bergabung dengan raksasa sepakbola Spanyol, Barcelona FC.

Untuk mengetahui sosok Diego Maradona lebih lengkapnya, berikut ini profil serta beberapa fakta menariknya.

Profil Diego Maradona

Profil Diego Maradona
Profil Diego Maradona

Diego Maradona asli kelahiran Argentina pada 30 Oktober 1960. Maradona merupakan anak kelima dari delapan saudara.

Maradona merupakan pemain yang berposisi sebagai gelandang serang. Maradona punya postur tubuh yang tidak terlalu tinggi sebagai pemain yang jadi motor serangan, namun tubuhnya yang tidak terlalu tinggi itu justru membuat Maradona mampu bergerak lincah dan sulit dihentikan.

  • Nama Lengkap: Diego Armando Maradona
  • Nama Umum: Diego Maradona
  • Tanggal Lahir: 30 Oktober 1960
  • Tempat Lahir: Lanus, Argentina
  • Tanggal Kematian: 25 November 2020
  • Kebangsaan: Argentina
  • Agama: -
  • Nama Ayah: Don Diego
  • Nama Ibu: Dalma Salvadora Franco
  • Tinggi Badan: 1,67 m
  • Posisi: Gelandang Serang
  • Kaki Favorit: Kaki Kiri
  • Instagram: @maradona
  • Karir Sepakbola Diego Maradona

Diego Maradona mengawali karir sepakbola di salah satu tim asal Argentina, Argentinos. Kemudian, Maradona pindah ke Boca Junior, hingga pada akhirnya dilirik beberapa tim Eropa.

Di masa-masa akhir karir sepakbolanya, Maradona kembali ke Argentina. Diketahui bahwa tim terakhir yang dibela Maradona sebelum pensiun yakni Boca Juniors.

- Argentinos U20 (1977)
- Argentinos Junior (1977-1981)
- Boca Juniors (1981-1982)
- Argentinos Junior (1982)
- Barcelona (1982-1984)
- Napoli (1984-1991)
- Sevilla FC (1992-1993)
- Newell's (1993-1994)
- Boca Juniors (1995-1997)

Prestasi Diego Maradona

Prestasi Diego Maradona
Prestasi Diego Maradona

Diego Maradona mampu memetik trofi-trofi bergengsi selama berkarir sebagai pemain sepakbola. Maradona sukses memenangkan Liga Argentina saat membela Boca Juniors.

Selain itu, saat berada di liga-liga Eropa, Maradona juga mampu memetik trofi juara. Tercatat, Maradona bisa menjuarai Piala Spanyol bersama Barcelona, hingga mampu juara Liga Italia bersama Napoli.

Tidak hanya berprestasi saat bersama tim, Maradona juga mampu menorehkan prestasi bagus bersama Timnas Brasil. Diketahui bahwa Diego Maradona bisa membawa Argentina juara Piala Dunia edisi 1986.

- Juara Liga Argentina (1 kali)
- Juara Piala Liga Spanyol (1 kali)
- Juara Conmebol-UEFA Cup (1 kali)
- Juara Piala Dunia U20 (1 kali)
- Juara Piala Super Italia (1 kali)
- Juara Piala Super Spanyol (1 kali)
- Juara Piala Italia (1 kali)
- Juara Piala Spanyol (1 kali)
- Juara Piala UEFA (1 kali)
- Juara Liga Italia (2 kali)
- Juara Piala Dunia (1 kali)

Fakta Menarik Diego Maradona


Maradona Lahir dari Keluarga Miskin


Maradona bukan lahir dari keluarga kaya, diketahui bahwa Maradona lahir dari keluarga yang kurang mampu di Lanus, Argentina.

Diketahui bahwa ayah Diego Maradona bekerja sebagai tukan batu hingga pekerja pabrik, ayah Maradona berjuang keras untuk menghidupi Maradona serta saudara-saudara kandung Maradona. Meskipun lahir di keluarga kurang mampu, semangat Maradona untuk jadi pemain sepakbola profesional tidak luntur.

Kecanduan Obat-obatan


Walaupun punya karir yang cukup bagus di dunia sepakbola, Maradona tidak bisa menjauhkan dirinya dari obat-obatan berbahaya.

Karir sepakbola Diego Maradona menurun karena pengaruh obat-obatan terlarang yang dikonsumsinya. Diketahui bahwa saat membela Napoli, Maradona kecanduan obat-obatan terlarang.

Bahkan, pada 1991 Maradona terbukti memakai doping, hingga pada akhirnya sempat mendapat larangan bermain sepakbola sekira 1 tahun.

Itulah profil serta perjalanan karir Diego Maradona, bintang sepakbola Argentina sebelum Lionel Messi.