Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Profil Zinedine Zidane Legenda Pesepakbola Prancis

Senin, 16 Januari 2023 | 22:56 WIB Last Updated 2023-01-17T13:37:20Z
Daftar Isi [Tampilkan]

Profil Zinedine Zidane
Profil Zinedine Zidane

Populer24 - Penggemar Real Madrid pastinya tidak asing lagi dengan sosok bernama Zinedine Zidane, pasalnya peraih gelar Ballon D'Or 1998 tersebut pernah menjadi pemain sekaligus pelatih di Los Blancos, julukan Real Madrid.

Zinedine Zidane dikenal sebagai gelandang tengah yang punya postur tubuh tinggi, namun gerakannya lincah dan gesit. Zidane juga cukup bagus saat melewati lawan-lawannya serta saat melakukan passing.

Selain itu, Zinedine Zidane juga dikenal sebagai salah satu pemain sepakbola muslim cukup sukses di Eropa. Berkat bakatnya sebagai pengatur serangan, Zidane pernah merasakan membela beberapa tim besar Eropa seperti Juventus hingga Real Madrid.

Pemain yang kerap dipanggil Zizou tersebut juga bisa dibilang sebagai salah satu pemain tersukses di dunia sepakbola. Hal itu karena Zinedine Zidane bisa mengoleksi beberapa trofi bergengsi baik di ranah klub maupun internasional.

Supaya bisa mengenal lebih dekat dengan sosok Zinedine Zidane, simak profil, fakta menarik, serta perjalanan karirnya berikut ini.

Profil Zinedine Zidane


Profil Zinedine Zidane


Zinedine Zidane merupakan pemain keturunan Aljazair yang lahir di Marseille, Prancis pada 23 Juni 1972. Diketahui bahwa Zidane lahir di keluarga muslim sehingga Zidane juga memeluk agama Islam.

Sebenarnya, Zinedine Zidane adalah nama umum yang kerap dikenal publik sepakbola, nama asli Zidane adalah Zinedine Yazid Zidane.

  • Nama Lengkap: Zinedine Yazid Zidane
  • Nama Umum: Zinedine Zidane - Zizou
  • Tanggal Lahir: 23 Juni 1972
  • Tempat Lahir: Marseille, Prancis
  • Agama: Islam
  • Nama Ayah: Smail Zidane
  • Nama Ibu: Malika Zidane
  • Tinggi Badan: 1,85 m
  • Posisi: Gelandang - Gelandang Serang
  • Kaki Favorit: Kanan dan Kiri
  • Status Karir: Pensiun
  • Instagram: @zidane

Perjalanan Karir Zinedine Zidane


Zinedine Zidane mengawali karir sepakbolanya di salah satu tim Prancis, AS Cannes. Setelah berhasil masuk skuad utama Cannes, Zidane kemudian berlabuh ke tim asal Prancis lain, Bordeaux.

Karena punya penampilan yang cukup bagus, Zinedine Zidane direkrut tim kuat asal Italia, Juventus. Tidak hanya berhenti di situ, Zidane kemudian dikontrak lagi oleh salah satu tim besar Spanyol, Real Madrid.

- AS Cannes Youth (1988)
- AS Cannes U19 (1988-1990)
- Cannes (1990-1992)
- G Bordeaux (1992-1996)
- Juventus (1996-2001)
- Real Madrid (2001-2006)

Prestasi Zinedine Zidane


Prestasi Zinedine Zidane


Zinédine Yazid Zidane, lebih dikenal sebagai Zizou. Ia punya prestasi yang cukup bagus, baik saat membela klub maupun Timnas Prancis. Beberapa trofi bergengsi telah didapatkan oleh Zinedine Zidane selama berkarir sebagai pemain sepakbola.

Saat bersama Real Madrid, Zinedine Zidane bisa mendapatkan trofi juara Liga Champions Eropa hingga juara Liga Spanyol. Sedangkan, saat bersama Juventus, Zidane bisa mendapatkan dua kali trofi juara Liga Italia.

Sementara itu, saat bersama Timnas Prancis, Zinedine Zidane bisa mendapatkan trofi juara Piala Dunia hingga juara Piala Eropa.

Selain itu, Zidane juga berhasil mendapatkan trofi bergengsi secara individu, yakni trofi Ballon D'Or.

- Juara Intercontinental Cup (2 kali)
- Juara Piala Super Italia (1 kali)
- Juara Piala Super Spanyol (2 kali)
- Juara UEFA Super Cup (2 kali)
- Juara Liga Italia (2 kali)
- Juara Liga Spanyol (1 kali)
- Juara Liga Champions Eropa (1 kali)
- Juara Piala Eropa (1 kali)
- Juara Piala Dunia (1 kali)
- Trofi Pemain Terbaik Eropa (1 kali)
- Trofi Pemain Terbaik FIFA (3 kali)
- Trofi Ballon D'Or (1 kali)

Fakta Menarik Zinedine Zidane


Besar di Area Miskin


Keluarga Zinedine Zidane merupakan imigran dari Aljazair, Zidane diketahui lahir dan besar di Marseille, Prancis yang terkenal dengan tingkat pengangguran yang tinggi. Selain itu, tingkat kejahatan di Marseille tempat Zidane besar juga cukup tinggi.

Ayah Zinedine Zidane diketahui bukan orang yang kaya. Ayah Zidane diketahui bekerja sebagai penjaga gudang hingga penjaga malam untuk menghidupi Zinedine Zidane dan saudaranya.

Tandukan Zinedine Zidane ke Pemain Italia


Jika berbicara tentang Zinedine Zidane, salah satu hal yang mungkin diingat adalah tindakannya saat di final Piala Dunia 2006, waktu itu Zinedine Zidane menanduk salah satu pemain Italia, Marco Materazzi.

Kejadian tersebut terjadi saat pertandingan masih berlangsung, tandukan yang dilancarkan Zidane tepat mengarah ke dada Materazzi. Karena hal itu, Materazzi langsung terkapar kesakitan.

Aksi yang dilakukan Zidane kepada Materazzi tersebut cukup ikonik di Piala Dunia, bahkan foto aksi Zidane tersebut cukup dikenal pecinta bola.

Pemain Timnas Prancis Pertama yang Kena Kartu Merah


Sebelum kejadian bersama Materazzi, Zinedine Zidane dikenal cukup arogan di lapangan karena menjadi pemain Timnas Prancis pertama yang dapat kartu merah.

Di Piala Dunia 1998, saat Prancis melawan Arab Saudi, Zidane menginjak salah satu pemain Arab Saudi, Fuad Anwar. Aksi yang dilakukan Zidane tersebut pun diganjar kartu merah oleh wasit saat itu.

Jadi Pelatih Real Madrid


Zinedine Zidane resmi jadi pelatih kepala Real Madrid pada 2016 hingga 2019. Sebelum itu, Zidane sempat jadi pelatih tim junior Real Madrid atau Real Madrid Castilla.

Saat jadi pelatih Real Madrid, Zidane menorehkan prestasi yang cukup bagus juga, Zidane bisa mencatat tiga kali trofi Liga Champions Eropa, dua kali trofi Liga Spanyol, dua kali trofi UEFA Supercup, dua kali juara Piala Super Spanyol hingga dua kali trofi Piala Dunia antar Klub.

Setelah berhenti jadi pelatih Real Madrid, Zinedine Zidane tercatat belum melatih tim lain lagi.

Demikian profil hingga fakta menarik Zinedine Zidane, pemain muslim asal Prancis yang mampu torehkan prestasi bergengsi.