Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

10 Fakta Menarik Piala Dunia Qatar 2022, Dijamin Bikin Terkesima

Kamis, 22 Desember 2022 | 12:52 WIB Last Updated 2022-12-23T07:38:54Z
Daftar Isi [Tampilkan]
Piala Dunia Qatar 2022 | FIfa World Cup 2022
Piala Dunia Qatar 2022 | FIfa World Cup 2022 

Populer24 - Pagelaran Piala Dunia Qatar 2022 telah selesai pada Minggu, 18 Desember 2022, dengan Argentina keluar sebagai juara utama setelah mengalahkan Prancis dengan drama adu penalti. Qatar Pun dianggap telah berhasil menyelenggarakan kompetisi bola terbesar di dunia ini dengan closing ceremony yang tak kalah megah.

Dibalik kesuksesan Qatar sebagai tuan rumah Piala Dunia 2022, terdapat sejumlah fakta-fakta menarik yang bikin kamu terkesima. Berikut 10 fakta menarik mengenai Piala Dunia Qatar 2022. Check this out!.

1. Piala Dunia Termahal yang Pernah Ada


Ditunjuknya Qatar sebagai tuan rumah Piala Dunia 2022, membuat Qatar berbenah jauh-jauh hari. Julukan sebagai salah satu negara kaya di dunia membuat Qatar tak sungkan menggelontorkan dana hingga 20 miliar USD untuk membangun segala penunjang fasilitas yang ada.

Beberapa fasilitas tersebut diantaranya membangun 7 stadion baru, ratusan hotel mewah, hingga fasilitas kesehatan seperti rumah sakit. Jelas hal ini pun menggeser negara tuan rumah sebelumnya yaitu Rusia yang hanya mengeluarkan anggaran sebesar 15 juta USD.

2. Piala Dunia Pertama di Tanah Arab


Sepak bola sangat identik dengan negara Eropa yang dikenal melalui kompetisi liganya yang dipenuhi dengan pemain-pemain berbakat dunia. Hadirnya Qatar sebagai tuan rumah Piala Dunia 2022, menjadikan Qatar sebagai negara Arab pertama yang menjadi tuan rumah Piala Dunia dan diadakan di negara dengan suhu panas yang ekstrim.

Penunjukan Qatar sebagai tuan rumah Piala Dunia 2022 pertama kali dilakukan pada tahun 2010. Walaupun awalnya infrastruktur Qatar dinilai tidak menyanggupi pagelaran, namun Qatar membuktikan dengan membangun segala fasilitas publik dengan dana yang tidak main-main.

3. Piala Dunia Pertama yang Diselenggarakan di Musim Dingin


Diadakan pertama kalinya di negara Arab yang memiliki suhu panas yang ekstrim, membuat jadwal penyelenggaraanya diadakan di musim dingin atau akhir tahun. Hal ini jelas mengubah jadwal piala dunia yang biasa diselenggarakan pada pertengahan tahun.

Faktor utama pergeseran bulan penyelenggaraan Piala Dunia 2022 ini,  karena pada pertengahan tahun atau musim panas suhu udara di Qatar bisa mencapai 46-50 derajat celcius. Jelas suhu panas tersebut tidak ideal untuk sebuah pertandingan sepak bola.

4. Negara Tuan Rumah yang Pertama Kalinya Bermain di Piala Dunia


Ditunjuknya Qatar sebagai tuan rumah Piala Dunia 2022, membuat Timnas Qatar otomatis lolos ke Piala Dunia 2022. Lolosnya Qatar inipun menjadikan Timnas Qatar bermain untuk pertama kalinya di Piala Dunia. 

Seperti yang kita ketahui bahwa Qatar berusaha lolos ke Piala Dunia FIFA sejak tahun 1963. Pada tahun 1990 Qatar bahkan mencapai final babak kualifikasi AFC, namun sayangnya gagal. 

5. Piala Dunia Terpendek di Sepanjang Sejarah


Piala Dunia 2022 menghadirkan sejumlah cerita yang tak pernah ada habisnya. Fakta-fakta menarik pun hadir mengiringi pagelaran akbar sepak bola ini. Salah satunya fakta mengenai Piala Dunia 2022 yang menjadi turnamen terpendek di sepanjang sejarah Piala Dunia setelah edisi di Argentina 1978.
Kompetisi bola terbesar di dunia ini diselenggarakan selama 29 hari dengan penyelenggaraan di setiap harinya mencapai 4 pertandingan. Bahkan babak penyisihan pun digelar secara singkat, dengan babak 16 besar yang diselenggarakan 1 hari setelah babak penyisihan selesai. 

6. Piala Dunia dengan Stadion Termegah yang Pernah Ada


Persiapan Qatar sebagai tuan rumah Piala Dunia 2022 nampaknya tidak main-main. Besarnya anggaran yang dikeluarkan pemerintah Qatar untuk membenahi stadion miliki negaranya, juga telah berhasil membuat ungkapan kagum para penontonnya. 

Diketahui bahwa, selama pergelaran Piala Dunia 2022, Qatar menggunakan Stadion Internasional Khalifa yang merupakan stadion tertua di negara tersebut. Stadion yang tidak hanya digunakan sebagai turnamen sepak bola ini, juga pernah digunakan untuk pagelaran turnamen olahraga lainnya seperti Asian Games, Piala AFC, dan Piala Teluk.

Selama pergelaran Piala Dunia 2022, Stadion Internasional Khalifa dilengkapi teknologi canggih, dimana ribuan AC berteknologi tinggi dipasang di sepanjang sisi lapangan agar suhu ruangan tetap dingin. Tak hanya itu saja, stadion ini pun juga dilengkapi dengan fasilitas pusat kesehatan, ruang VIP, ruang serba guna, hingga area food court.

7. Piala Dunia dengan Jumlah Stadion yang Sedikit dan Saling Berdekatan


Kesuksesan Qatar menyelenggarakan piala Dunia 2022 tidak lepas dari persiapan matang yang dilakukan pemerintah Qatar jauh-jauh hari. Jumlah stadion yang tidak cukup banyak tidak membuat Qatar mundur sebagai tuan rumah Piala Dunia 2022.

Diketahui Qatar hanya memiliki 8 stadion yang digunakan untuk menggelar Piala Dunia 2022. Bahkan 7 diantaranya merupakan bangunan baru yang dibangun khusus untuk menunjang fasilitas Piala Dunia 2022. 

Jarak stadion yang berdekatan juga sangat membantu penonton untuk tak ketinggalan menyaksikan tim kesayangannya berlaga. Seperti stadion Al Bayt dengan stadion Al Janoub yang hanya terpaut jarak 64,36 km dengan jarak tempuh 50 menit tanpa macet.

8. Negara Kedua di Asia yang Menjadi Tuan Rumah Piala Dunia


Ditunjuknya Qatar sebagai tuan rumah Piala Dunia 2022, menjadikan Qatar tercatat sebagai negara kedua di Asia yang menjadi tuan rumah Piala Dunia setelah sebelumnya Korea-Jepang pada tahun 2002. Tidak hanya itu saja, Qatar juga menjadi negara Timur Tengah pertama yang menjadi tuan rumah Piala Dunia.

9. Piala Dunia Terakhir untuk Para Legenda Sepak Bola Dunia


Piala Dunia Qatar 2022 menjadi Piala Dunia terakhir untuk sejumlah pemain sepak bola terkenal di dunia. Pasalnya, para pemain mega bintang seperti Lionel Messi, Kylian Mbappe, Hakim Ziyech,  hingga Cristiano Ronaldo telah memutuskan untuk tidak bermain lagi di Piala Dunia 2026 karena memang faktor usia yang tidak diperbolehkan lagi.

10. Piala Dunia sebagai Cara untuk Memperkenalkan Islam di Mata Dunia


Stigma buruk negara Eropa terhadap islam beberapa tahun ini, membuat pergerakan muslim di negara Eropa semakin sempit. Namun ditunjuknya Qatar sebagai tuan rumah menjadikan ajang untuk memperkenalkan Islam lebih dekat. 

Hal ini terbukti dengan dihadirkannya sejumlah tenda-tenda di sekitar stadion mengenai info-info islam yang bisa dikunjungi penonton selama pergelaran berlangsung, hingga dimunculkannya ayat-ayat suci al qur'an dalam opening ceremony Piala Dunia beberapa waktu yang lalu.

Langkah-langkah di atas tentunya merupakan cara pemerintah Qatar untuk menghapus stigma buruk mengenai islam khususnya di negara-negara Eropa yang memang kebanyakan menjadi peserta Piala Dunia 2022.

Itulah 10 fakta menarik yang bikin kamu terkesima mengenai Piala Dunia Qatar 2022. Walaupun telah selesai namun fakta-fakta dibalik pagelaran akbar tersebut masih menarik untuk perbincangan.