Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Argentina Juara Piala Dunia 2022, Lionel Messi menjadi pemain Greatest of All Time (GOAT)

Senin, 19 Desember 2022 | 07:03 WIB Last Updated 2022-12-19T16:24:54Z
Daftar Isi [Tampilkan]
Argentina Juara Piala Dunia 2022 | Foto: FIFA

Populer24 - Argentina jadi juara Piala Dunia 2022 setelah mengalahkan Prancis di babak final melalui babak adu penalti.

Pada waktu normal, laga Argentina vs Prancis yang digelar di Stadion Lusail Qatar pada 18 Desember 2022 tersebut berakhir dengan skor 3-3.

Tiga gol Argentina di waktu normal dicetak oleh Lionel Messi (2gol) dan Angel di Maria. Sedangkan tiga gol Prancis dicetak oleh Kylian Mbappe.

Karena laga di waktu normal berakhir imbang, penentuan pemenang dilakukan melalui babak adu penalti. Timnas Argentina mampu tampil baik di babak adu penalti dan pada akhirnya bisa mengalahkan Prancis.

Berikut ini ulasan menarik atau highlight yang terjadi di final Piala Dunia 2022 antara Argentina vs Prancis.

Lionel Messi Pastikan Diri Jadi Greatest of All Time (GOAT)


Perdebatan siapa yang layak jadi GOAT berakhir usai Argentina juara Piala Dunia 2022. Pasalnya dengan jadi juara Piala Dunia 2022, artinya Lionel Messi berhasil mendapatkan trofi Piala Dunia.

Perlu diketahui bahwa GOAT merupakan istilah yang layak diberikan kepada atlet yang sangat berprestasi di bidang olahraga yang digelutinya.

Sebelumnya, perdebatan GOAT terjadi di antara dua fans megabintang dunia, yakni fans Lionel Messi dan fans Cristiano Ronaldo. Kedua fans tersebut saling berargumen bahwa idolanya layak jadi GOAT.

Namun, kini perdebatan tentang yang layak jadi GOAT tampaknya berakhir, karena Messi berhasil bawa negaranya jadi juara dunia, sedangkan Ronaldo belum bisa bawa negaranya juara dunia.

Cristiano Ronaldo sepertinya juga tidak akan bisa lagi menjadi juara dunia dan mengimbangi trofi Messi, hal itu karena Ronaldo sudah berusia cukup tua.

Lionel Messi Raih Golden Ball

Lionel Messi Raih Golden Ball
Lionel Messi Raih Golden Ball

Piala Dunia 2022 Qatar tentunya tidak akan pernah dilupakan Lionel Messi. Pasalnya di ajang tersebut, Messi mendapatkan hal yang selama ini diincarnya yakni trofi Piala Dunia.

Selain berhasil membawa Argentina juara Piala Dunia 2022, Messi juga mendapatkan trofi Golden Ball, atau trofi pemain terbaik di Piala Dunia. Ditambah lagi, Messi juga ditetapkan jadi pemain terbaik di laga final Piala Dunia 2022.

Dengan torehan yang prestasi yang bagus tersebut, Messi mengatakan bahwa dirinya sebelumnya yakin akan bisa sukses di Piala Dunia 2022.

"Sungguh gila hal itu terjadi seperti ini. Saya sangat menginginkannya. Saya tahu bahwa Tuhan akan memberikannya kepada saya, saya memiliki firasat bahwa hal itu akan terjadi seperti ini. Sekarang untuk menikmatinya." Kata Messi, dikutip dari Sportstar The Hindu.

Kylian Mbappe Raja Tanpa Mahkota

Kylian Mbappe
Kylian Mbappe

Striker muda Timnas Prancis, Kylian Mbappe layak disebut raja tanpa mahkota, pasalnya Mbappe mampu tampil bagus di Piala Dunia 2022 namun gagal jadi juara dunia. Meskipun bisa cetak hattrick atau tiga gol di final Piala Dunia 2022, Mbappe tidak bisa bawa Prancis raih trofi Piala Dunia 2022.

Di Piala Dunia 2022, Mbappe tercatat mampu mencetak 8 gol. Torehan gol tersebut membuat Mbappe ditetapkan sebagai top skor dan meraih trofi Golden Boot di Piala Dunia 2022.

Selain itu, Kylian Mbappe juga ditetapkan sebagai peraih Silver Ball, alias pemain kedua terbaik di Piala Dunia 2022.

Prancis Gagal Back to Back


Andaikan bisa mengalahkan Argentina di final Piala Dunia 2022, maka Prancis akan back to back jadi juara Piala Dunia. Pasalnya di edisi 2018 di Rusia, Prancis keluar jadi juara setelah berhasil mengalahkan Kroasia di babak final.

Dengan kekalahan di babak final baru-baru ini, Timnas Prancis harus puas untuk kembali ke negaranya sebagai tim runner up.

Presiden Prancis Hadiri Piala Dunia 2022

Emmanuel Macron, Presiden Prancis Hadiri Piala Dunia 2022

Melihat negaranya gagal jadi juara Piala Dunia 2022, Presiden Prancis, Emmanuel Macron tampak turun ke lapangan untuk memberikan hiburan kepada skuad Prancis.

Dalam foto yang diunggah di laman India Today, tampak bahwa Macon tengah memberikan semangat kepada Mbappe yang sedang kecewa.

Sebelumnya, Macron memang menyaksikan langsung laga Argentina vs Prancis di bangku penonton.

Enzo Fernandez Jadi Pemain Muda Terbaik

Enzo Fernandez Raih piala FIFA Young Player Award
Enzo Fernandez Raih piala FIFA Young Player Award (Photo by FRANCK FIFE / AFP) 

Pemain tengah Timnas Argentina, Enzo Fernandez dianugerahi trofi FIFA Young Player Award atau pemain muda terbaik di Piala Dunia 2022.

Diketahui bahwa pemain Benfica tersebut saat ini masih berusia 21 tahun dan jadi salah satu pemain yang cukup muda di skuad Argentina.

Meskipun masih muda, Enzo jadi bagian penting di Timnas Argentina, dan kerap diturunkan di laga Piala Dunia 2022. Dengan penampilan bagusnya tersebut, Enzo pada akhirnya ditetapkan jadi pemain muda terbaik.

Setelah berhasil sukses bersama Argentina di Piala Dunia 2022, Enzo mengaku tidak akan pernah melupakan momen terbaiknya tersebut.

"Berada di sini, memiliki kesempatan untuk memenangkan Piala Dunia bersama negara saya sangat berharga. Semua keluarga saya ada di sini, saya akan membawanya selamanya di hati saya." Komentar Enzo Fernandez usai laga final.

Argentina Ulangi Momen Perayaan Diego Maradona


Setelah ditetapkan jadi juara Piala Dunia 2022, Timnas Argentina tampak melakukan selebrasi persis seperti selebrasi yang dilakukan Timnas Argentina di era Diego Maradona.

Pada era 1986, Diego Maradona berhasil bawa Argentina juara Piala Dunia. Waktu itu, Maradona digendong rekan setimnya sembari memegang trofi Piala Dunia saat selebrasi.

Dan di tahun 2022 ini, Argentina berhasil jadi juara lagi, tampak saat selebrasi Lionel Messi digendong rekannya sembari memegang trofi Piala Dunia persis seperti apa yang dilakukan Maradona.

Prediksi Yang Tepat. Argentina jadi Juara Dunia 2022


Hal menarik lain yang hadir di Piala Dunia 2022 adalah sosok yang telah memprediksi dengan tepat Argentina menjadi juara dunia, dia adalah Jose Miguel Polanco. Diketahui bahwa pada tahun 2015, tepatnya di 21 Maret 2015, Jose Miguel Polanco menyebut Messi akan memenangkan trofi Piala Dunia pertamanya bersama Argentina, bahkan Jose juga menyebut tanggal kemenangan Argentina yakni 18 Desember 2022.

"18 Desember 2022, 34 tahun Lionel Messi akan memenangkan Piala Dunia dan jadi pemain terbaik sepanjang masa, cek saya tujuh tahun lagi," tulis Jose di akun Twitter resminya pada 2015 silam.

Sontak saja cuitan Twitter Jose tersebut kini viral dan jadi perbincangan netizen di Twitter.

Banyak yang bertanya bagaimana bisa Jose memprediksi hal tersebut hingga sampai mengetahui tanggal final Piala Dunia 2022, kemudian ada yang menjelaskan bahwa prediksi itu dibuat Jose usai penetapan tanggal final Piala Dunia 2022 yang dilakukan FIFA pada 2015.

Pelatih Argentina Kenang Kesuksesan Masa Lalunya


Saat merayakan kemenangan Argentina di final Piala Dunia 2022, pelatih Argentina, Lionel Scaloni tampak menggunakan jersey yang berbeda dari staff Timnas Argentina.

Dilihat dari unggahan di akun Instagram @classicfootballshirts, Scaloni memakai jersey dengan warna biru gelap yang bertuliskan nomor punggung 18.

Dari keterangan @classicfootballshirts, jersey yang digunakan Scaloni saat perayaan juara Piala Dunia 2022 tersebut adalah jersey Timnas Argentina saat menjadi juara Piala Dunia U-20 tahun 1997. Diketahui bahwa pada era 1887, Lionel Scaloni mampu mengantarkan Timnas Argentina U-20 jadi juara dunia.

Terkait kesuksesannya membawa Argentina juara Piala Dunia 2022, Scaloni mengaku bangga.

"Saya bangga. Saya kurang bersemangat dibandingkan hari-hari lainnya tetapi hari ini saya bebas. Tim ini hanya membuat saya bangga, itu semua milik mereka. Saya ingin memberitahu orang-orang untuk menikmati karena ini adalah momen bersejarah." Tegas Scaloni, dilansir dari Sportstar The Hindu.

Itulah highlight menarik laga final Piala Dunia 2022 antara Argentina vs Prancis.

Highlights Argentina vs Prancis - FINAL - FIFA World Cup Qatar 2022