Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

5 Fakta Unik tentang Negara Singapura, Wisatawan Harus Tau!

Minggu, 16 Oktober 2022 | 22:40 WIB Last Updated 2022-10-16T16:34:25Z
Daftar Isi [Tampilkan]
Negara Singapura
Fakta menarik negara Singapura

Populer24, ‘Kecil-kecil cabe rawit’ bisa menjadi julukan yang pas untuk negara yang dijuluki Kota Singa alias Singapura ini. Meskipun Singapura menjadi negara dengan luas wilayah yang dapat dikatakan kecil yaitu hanya 719 km, namun banyak sekali fakta unik tentang negara Singapura yang perlu kalian tahu. Hal itu bisa menjadi bekal pengetahuan sebelum berkunjung ke salah satu negara maju dan kaya di Asia Tenggara ini. 

Apa saja fakta unik Singapura ? baca penjelasannya di bawah ini ya:

Fakta Menarik Tentang Negara Singapura

1. Singapura melarang permen karet 

Terdapat peraturan di Singapura bahwa seluruh warganya tidak boleh memproduksi, menjual, bahkan mengonsumsi permen karet lho. 

Tapi, peraturan tersebut dibuat bukan tanpa sebab dan alasan. Usut punya usut, sejak tahun 1987 ketika Singapura mulai mengoperasikan MRT, terdapat beberapa oknum pengunyah permen karet yang tidak bertanggungjawab. 

Para oknum tersebut membuat pintu MRT tidak dapat berfungsi dengan baik karena menempelkan sisa permen karet yang sudah dikunyah ke sensor yang ada di pintu MRT. 

Perilaku tersebut bukan hanya mengganggu kenyamanan pelayanan publik, tetapi juga menyebabkan kerugian karena harus memperbaiki kerusakan dengan biaya yang juga tidak sedikit. 

Semenjak kejadian itulah, akhirnya pada tahun 1992 dikeluarkan keputusan larangan produksi hingga konsumsi permen karet di Singapura. 

2. Nggak ada yang lama menjadi jomblo 

Kenapa bisa begitu ? Iya karena Singapura membuat peraturan kalau orang yang berusia di atas 30 tahun sudah harus menikah. 

Pemerintah bahkan bekerja sama dengan agen biro jodoh bernama Social Development Unit (SDU) yang bertujuan membantu setiap warganya menemukan pasangan hidup. 

Kalau di Indonesia diterapkan peraturan seperti itu, bagaimana menurutmu ? hehe 

3. Tidak boleh ada bangunan dengan ketinggian lebih dari 280 meter 

Banyak sekali peraturan yang diterapkan di Singapura, termasuk peraturan mengenai tinggi bangunan. 

Kalau kamu ingin mendirikan bangunan di Singapura, tinggi bangunannya tidak boleh lebih dari 280 meter. 

Hanya ada 3 bangunan dengan ketinggian 280 meter yaitu Overseas Union Bank Centre, Overseas Bank Plaza One, dan Republic Plaza. 

4. Banyak warga Singapura tinggal di rumah susun daripada rumah sendiri 

Tinggal di rumah susun atau apartemen adalah hal yang wajar bagi warga Singapura. Hal itu karena luas wilayahnya yang hanya 719 km dan populasi sebanyak 5 juta orang. 

Maka dari itu, sulit untuk memiliki rumah pribadi di Singapura. Pemerintah pun kemudian memberikan kebijakan mengenai pengelolaan perumahan bagi warga dan mengeluarkan keputusan bahwa tinggal di rumah susun adalah solusi terbaik untuk warga Singapura. 

5. Warga Singapura adalah yang paling cepat dalam urusan jalan kaki  

Singapura memiliki tata kota yang sangat baik dan rapi, terutama ruang publiknya. Banyak warga Singapura yang lebih memilih menggunakan transportasi umum untuk aktivitas sehari-hari. 

Banyak juga dari mereka yang memilih untuk berjalan kaki sebagai cara memobilisasi diri. Tapi siapa sangka, warga Singapura ternyata menjadi pejalan kaki tercepat di dunia berdasarkan hasil penelitian dari British Council. 

Hasil penelitian tersebut menjelaskan bahwa warga Singapura mampu berjalan dengan kecepatan rata-rata 10,55 detik per 18 meter. Kecepatan tersebut berhasil mengalahkan Denmark, Spanyol, Tiongkok, dan Irlandia. 

Nah, itulah 5 fakta unik negara Singapura. Jadi, kalau kamu ke Singapura, jangan heran kalau orang-orang di sana jalannya selalu cepat ya dan ingat untuk tidak sembarangan dalam mengonsumsi permen karet di sana. 

Kalau kamu ingin berkunjung ke Singapura, sempatkan juga untuk mengunjungi Gardens by the Bay Singapura. Di sana, kamu akan disuguhkan dengan pemandangan air terjun indoor tertinggi di dunia dengan ketinggian 35 meter yang dilengkapi dengan berbagai macam flora dari berbagai belahan dunia.