Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Tips Agar Tidak Jerawatan, Salah Satunya Minum Air Putih

Rabu, 19 Januari 2022 | 13:35 WIB Last Updated 2022-03-03T07:39:58Z
Daftar Isi [Tampilkan]
Tips Agar Tidak Jerawatan, Salah Satunya Minum Air Putih
Tips Agar Tidak Jerawatan | Photo by Anna Nekrashevich

Populer24 - Munculnya jerawat di kulit wajah tidak disukai banyak orang, terutama para remaja. Kemunculan jerawat tentunya disebabkan oleh beberapa hal, oleh karena itu simak tips agar tidak jerawatan berikut ini.

Kemunculan jerawat di kulit wajah bisa saja disebabkan oleh gaya hidup yang kurang bersih dan pola makan yang tidak dijaga. Selain itu jerawat juga bisa muncul karena faktor internal dalam tubuh, misalnya stres.

Beberapa remaja tentunya sangat menghindari munculnya jerawat di kulit wajah, selain agar tampil lebih maksimal juga bisa meningkatkan rasa kepercayaan diri, untuk itu simak beberapa tips agar tidak jerawatan berikut ini agar senantiasa terhindar dari jerawat.

Tips agar tidak jerawatan


1. Rutin bersihkan wajah


Tips agar tidak jerawatan yang pertama adalah membersihkan wajah secara rutin. Bersihkan wajah secara rutin dengan menggunakan air yang bersih dan sabun wajah yang cocok dengan kulit wajahmu. Dengan membersihkan wajah secara rutin, maka kebersihan kulit wajah akan selalu terjaga dan terawat.

Membersihkan wajah dengan air bersih dan sabun wajah dapat membersihkan debu, sel kulit mati, dan kotoran yang menempel di kulit wajah. Apalagi jika kamu habis melakukan perjalanan jauh atau beberapa kegiatan di luar ruangan, tentunya kotoran dan debu akan menempel di kulit wajah. Kotoran yang menempel di kulit wajah akan berpotensi menimbulkan jerawat muncul. Oleh karena itu, membersihkan wajah dengan air secara rutin sangat penting.

Jerawat sendiri muncul akibat pori-pori kulit yang tersumbat oleh kotoran dan debu, sehingga untuk menghindari jerawat dapat dilakukan dengan menghilangkan kotoran dan debu tersebut. Namun perlu diperhatikan, pastikan sabun wajah yang kamu gunakan cocok dengan kulit wajahmu, agar tidak menimbulkan penyakit kulit lain.

2. Pastikan untuk menggunakan tabir surya jika beraktifitas di luar rumah


Tabir surya sepatutnya dipakai oleh orang yang sering beraktivitas di luar ruangan namun ingin tetap menjaga kulit wajahnya agar terhindar dari jerawat. Dengan menggunakan tabir surya saat melakukan aktivitas di luar ruangan, maka kulit wajahmu akan senantiasa terjaga dan bisa membantu untuk menghindari jerawat muncul.

Diketahui bahwa jerawat bisa muncul akibat dehidrasi pada kulit wajah. Dehidrasi pada kulit wajah dapat dialami oleh orang-orang yang kerap kali melakukan aktivitas di luar ruangan dan terkena sinar matahari secara langsung.

Tabir surya dapat melindungi kulit wajah orang-orang yang kerap melakukan aktivitas di luar ruangan dari paparan sinar matahari yang menyebabkan dehidrasi kulit, sehingga nantinya potensi jerawat untuk muncul di wajah bisa berkurang.

3. Pastikan untuk banyak minum air putih


Tips agar tidak jerawatan yang ketiga adalah banyak mengonsumsi air putih. Dengan minum air putih yang banyak ternyata juga bisa membantu kulit wajah agar bisa terhindar dari jerawat. Disarankan minum air putih setidaknya sebanyak 8 gelas air putih setiap hari.

Sebagaimana yang dijelaskan di poin kedua tadi, dehidrasi pada kulit dapat menimbulkan munculnya jerawat di wajah manusia. Oleh karena itu, untuk menghindari potensi munculnya jerawat maka hindari dehidrasi pada kulit, dan untuk menghindari dehidrasi pada kulit caranya adalah dengan mengonsumsi banyak air putih setiap hari.

Pastikan kulit tetap dalam keadaan terhidrasi agar potensi munculnya jerawat di kulit wajah bisa berkurang. Selain dapat membantu mengurangi potensi munculnya jerawat, minum banyak air putih juga baik untuk kesehatan tubuh.

4. Pastikan untuk melakukan olahraga secara rutin


Perlu diketahui juga bahwa dengan melakukan olahraga secara rutin juga dapat mengurangi potensi munculnya jerawat di wajah. Dengan melakukan olahraga secara rutin bisa membantu untuk melancarkan sirkulasi darah hingga mengontrol oksigen ke kulit dan keseimbangan hormon di dalam tubuh, sehingga nantinya potensi jerawat yang muncul di wajah akan berkurang.

Berolahraga secara rutin juga dapat menjaga tubuh dalam kondisi fit dan prima, apalagi di masa pandemi saat ini, melakukan olahraga secara rutin bisa menjaga imun tubuh dan mengurangi potensi sakit.

Olahraga yang dilakukan sehari-hari juga tidak harus membutuhkan waktu yang laman, olahraga yang dilakukan juga tidak harus olahraga berat. Kamu bisa melakukan olahraga ringan dengan durasi waktu tertentu namun dilakukan secara rutin.

5. Kurangi stres


Tips agar tidak jerawatan yang terakhir adalah kurangi stres. Jika kamu belum tahu, stres ternyata bisa menimbulkan munculnya jerawat di kulit wajah.  Stres dapat menimbulkan hormon kortisol atau hormon stres yang bisa membuat produksi minyak di kulit bertambah, produksi minyak yang berlebih berpotensi membuat jerawat muncul.

Sehingga, jika ingin terhindar dari jerawat, pastikan kamu tidak terbiasa dalam keadaan stres. Keadaan stres sendiri dapat muncul karena ada beberapa faktor, sementara untuk menghindarinya juga ada beberapa cara seperti melakukan kegiatan yang disukai atau hobby hingga berinteraksi dengan orang lain.

Demikian beberapa tips agar tidak jerawatan yang mudah untuk diikuti. Pastikan juga selalu menjaga gaya hidup sehat dan pola makan yang baik agar jerawat tidak muncul.

Ditulis Oleh : Risco Ferdian
Editor : Sophia Wardhani