Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Cara Menjaga Daya Tahan Tubuh Agar Tidak Mudah Terserang Penyakit dan Virus

Rabu, 19 Januari 2022 | 22:48 WIB Last Updated 2022-03-03T07:38:38Z
Daftar Isi [Tampilkan]
Cara Menjaga Daya Tahan Tubuh Agar Tidak Mudah Terserang Penyakit dan Virus
Cara Menjaga Daya Tahan Tubuh | Photo by Cottonbro

Populer24 - Cara menjaga daya tahan tubuh ada banyak, salah satunya menjaga pola makan hingga melakukan aktivitas olahraga.

Menjaga daya tahan tubuh sudah seharusnya diperhatikan oleh masyarakat Indonesia, terlebih saat ini di masa pandemi, banyak orang yang mudah terserang penyakit atau virus.

Agar tidak mudah terserang penyakit dan virus, daya tahan tubuh harus terjaga dan bila perlu harus meningkat. Lantas bagaimana caranya?

Berikut ini beberapa cara menjaga daya tahan tubuh sebagaimana dikutip dari laman Alodokter dan beberapa penjelasan lainnya.

Cara jaga daya tahan tubuh dengan mudah


1. Pastikan untuk melakukan olahraga secara teratur

Cara Menjaga Daya Tahan Tubuh Agar Tidak Mudah Terserang Penyakit dan Virus
Olahraga | Photo by Pixabay

Melakukan aktivitas fisik atau olahraga sangat penting, dengan melakukan olahraga maka tubuh akan mendapatkan banyak manfaat mulai dari kesehatan, kebugaran, hingga kekuatan di dalam tubuh. Melakukan olahraga juga dapat menjaga daya tahan tubuh di masa pandemi saat ini.

Menjaga daya tahan tubuh di masa pandemi sangat penting untuk dilakukan agar tubuh tidak mudah terserang virus maupun penyakit lainnya, caranya menjaga daya tahan tubuh salah satunya dengan melakukan olahraga. Tidak perlu olahraga berat, olahraga kecil jika dilakukan secara rutin juga akan mendatangkan manfaat.

Mulailah dengan melakukan olahraga ringan yang kamu bisa, dapat dilakukan di rumah maupun ruang terbuka. Untuk melakukan olahraga juga tidak harus membutuhkan waktu yang lama, cukup 30 menit saja kamu juga akan mendapatkan manfaat kesehatan. Olahraga dapat dilakukan setiap hari, namun jika menargetkan meningkatkan massa otot dengan olahraga, kamu harus menjadwalkan waktu istirahat.

2. Pastikan untuk melakukan istirahat dengan cukup

Cara Menjaga Daya Tahan Tubuh Agar Tidak Mudah Terserang Penyakit dan Virus
Photo by Andrea Piacquadio

Aktivitas tidur nyatanya disukai banyak orang, tidur merupakan aktivitas yang membuat tubuh merasa tenang dan lebih lega. Menariknya, dengan melakukan aktivitas tidur juga dapat menjaga daya tahan tubuh. Sehingga, aktivitas tidur yang kamu lakukan bisa menjaga daya tahan tubuhmu, apabila daya tahan tubuh terjaga dan meningkat maka tubuh akan terhindar dari serangan virus dan penyakit.

Tidur yang dilakukan dengan waktu yang cukup akan sangat bermanfaat untuk tubuh, terutama menjaga daya tahan tubuh. Perlu ditekankan bahwa tidur yang sehat adalah tidur dengan waktu yang cukup, tidak kelebihan juga tidak kekurangan. Waktu tidur yang cukup adalah sekira 7 hingga 9 jam selama sehari. Jangan sampai kekurangan tidur, karena kekurangan tidur dapat membuat daya tahan tubuh menurun yang nantinya akan rentan terserang penyakit.

Jadi, jangan ragu untuk melakukan aktivitas tidur karena aktivitas tidur yang kamu lakukan dapat menjaga daya tahan tubuh. Namun, pastikan waktu tidurmu cukup ya, jangan sampai kurang.

3. Usahakan untuk mengkonsumsi vitamin C

Cara Menjaga Daya Tahan Tubuh Agar Tidak Mudah Terserang Penyakit dan Virus
Buah Jeruk Mengandung Vitamin C | Photo by Any lane

Cara menjaga daya tahan tubuh yang ketiga adalah usahakan untuk mengkonsumsi vitamin C. Vitamin C disebut dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Faktanya, di masa pandemi saat ini banyak orang yang membeli suplemen vitamin C di toko obat atau apotek terdekat guna menjaga daya tahan tubuh agar tidak mudah terserang virus atau penyakit.

Untuk mengkonsumsi vitamin C tidak harus membeli suplemen vitamin C di apotek, untuk dapat mengkonsumsi vitamin C kamu dapat mengkonsumsi beberapa makanan yang memang mengandung vitamin C, beberapa makanan yang mengandung vitamin C adalah jeruk, buah beri, jambu, bayam, brokoli, hingga tomat.

Mengonsumsi vitamin C juga sangat tepat dilakukan saat memasuki masa pergantian musim, pasalnya pada masa pergantian musim daya tahan tubuh manusia yang kurang kuat kerap terserang beberapa penyakit.

4. Lakukan aktivitas berjemur

Cara Menjaga Daya Tahan Tubuh Agar Tidak Mudah Terserang Penyakit dan Virus
Berjemur | Foto : pinterest.com

Sebagaimana isu yang muncul di masyarakat yang menyebut bahwa sinar matahari pagi itu sehat, nyatanya melakukan aktivitas berjemur di pagi hari merupakan aktivitas yang sehat.

Dengan melakukan aktivitas berjemur, daya tahan tubuh akan terjaga. Riset menyebut sinar matahari pagi dapat memproduksi vitamin D yang baik untuk daya tahan tubuh manusia.

Untuk melakukan aktivitas berjemur bisa dilakukan beberapa kali dalam seminggu, jam yang disarankan untuk melakukan berjemur di pagi hari adalah jam 9 hingga 10 pagi.

5. Pastikan untuk konsumsi makanan yang bergizi

Cara Menjaga Daya Tahan Tubuh Agar Tidak Mudah Terserang Penyakit dan Virus
Makanan Bergizi | Photo by Ella Olsson

Cara menjaga daya tahan tubuh yang terakhir adalah usahakan untuk mengonsumsi makanan yang bergizi. Jadi jangan sembarangan untuk mengonsumsi makanan, pastikan makanan harian yang kamu konsumsi punya gizi yang seimbang dan cukup guna menjaga daya tahan tubuhmu agar tidak mudah terserang penyakit.

Jangan terlalu sering mengkonsumsi makanan cepat saji, usahakan untuk selalu mengkonsumsi air putih, sayuran, dan beberapa makanan lain yang mengandung protein, vitamin, hingga mineral.

Dengan menjaga pola makan, daya tahan tubuh juga akan terjaga, selain itu makanan sehat yang kamu konsumsi juga dapat menjaga bentuk badanmu.

Demikian beberapa cara menjaga daya tahan tubuh, lakukan beberapa cara di atas agar daya tahan tubuh selalu terjaga di masa pandemi saat ini.


Ditulis Oleh : Risco Ferdian
Editor : Sophia Wardhani