Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Keistimewaan Kota Madinah hingga Dilindungi dari Dajjal dan Penyakit Tha'un

Sabtu, 08 Juni 2024 | 21:20 WIB Last Updated 2024-06-08T14:21:39Z
Daftar Isi [Tampilkan]
Keistimewaan Kota Madinah - Masjid Nabawi Madinah
Masjid Nabawi di Madinah | Photo by Yasmine Arfaoui on Unsplash

Keistimewaan Kota Madinah, Siapa umat muslim yang tidak kenal Kota Madinah ? Sebagai salah satu dari dua kota suci umat islam, banyak sekali umat Islam yang ingin berkunjung ke Madinah karena Madinah memiliki keistimewaannya sendiri. 

Kota yang dulunya memiliki nama Yastrib ini merupakan kota yang dituju oleh Nabi Muhammad saw ketika berhijrah, dan di kota ini juga terdapat masjid terakhir yang dibangun oleh nabi Muhammad saw dan juga para sahabat. 

Bukan hanya itu, beberapa surat dalam Al-Quran juga diturunkan di Kota Madinah. Allah swt juga menjadikan Kota Madinah sebagai kota suci sebagaimana kota Makkah. 

Mengenai keistimewaan kota Madinah, berikut merupakan hadits yang menjelaskan keistimewaan kota Madinah : 

6 Keistimewaan Kota Madinah


1. Tempat hijrah dan meninggalnya Rasulullah SAW. 

Mayoritas Kaum Kafir Quraisy membenci Rasulullah saw. Hingga suatu saat, kaum kafir Quraisy ingin membunuh Rasulullah SAW. Namun, Allah swt memerintahkan malaikat Jibril untuk memberitahukan hal tersebut kepada Nabi Muhammad saw dan mengizinkan Nabi Muhammad saw. untuk hijrah ke Madinah . 

Bersama sahabatnya, Abu Bakar dan beberapa sahabat lainnya, akhirnya Rasulullah saw hijrah ke Madinah. Madinah juga menjadi tempat disemayamkannya jasad Rasulullah saw. Beliau meninggal karena sakit pada usia 63 tahun lebih 4 hari dan disemayamkan di Madinah.

2. Didoakan Rasulullah SAW agar Kota Madinah dicintai oleh para mukmin. 

Rasulullah SAW. berdoa agar Madinah menjadi kota yang dicintai oleh orang-orang beriman sebagaimana mereka mencintai Makkah. 

Allah swt pun menerima doa tersebut. Buktinya, ketika umat muslim berhaji atau umroh, Madinah menjadi kota yang harus dikunjungi dan membuat siapapun merasa jatuh cinta dan rindu ingin kembali mengunjungi kota tersebut.

3. Dilindungi para malaikat penjaga Madinah 

Allah swt mengutus para malaikat untuk menjaga Madinah sehingga tidak akan dimasuki Dajjal dan wabah Tha'un. Rasulullah SAW. bersabda “Pada setiap lembah di Madinah terdapat para malaikat, Madinah tidak akan dimasuki oleh penyakit Tha'un dan tidak juga Dajjal.”

Selain itu, sejak zaman Rasulullah saw. sudah ada banyak malaikat yang menjaga kota Madinah. Penjagaan tersebut dilakukan di setiap jalan antara dua gunung. 

4. Madinah adalah kota yang dianjurkan untuk tempat tinggal dan wafat 

Madinah menjadi kota yang dianjurkan oleh nabi Muhammad saw untuk dijadikan tempat tinggal. Selain itu, Nabi Muhammad saw juga mengatakan bahwa orang yang wafat di Madinah akan memperoleh syafaat Nabi saw. 

Selain itu, orang yang wafat di Madinah juga menjadi kelompok orang-orang pertama yang dibangkitkan di padang Mahsyar bersama-sama dengan Nabi Muhammad saw. 

5. Allah swt membersihkan Kota Madinah dari Syirik 

Terdapat sebuah hadits yang menjelaskan bahwa Allah membersihkan Madinah dari syirik yaitu : 

Abbas bin Abdul Mutalib r.a berkata “Aku telah keluar bersama-sama dengan Rasulullah saw di Madinah, Rasulullah saw berpaling ke arahnya (Madinah) seraya bersabda : “sesungguhnya Allah telah membebaskan jazirah ini dari syirik”

6. Madinah adalah kota yang dilipatgandakan keberkahannya 

Dari Anas bin Malik r.a Rasulullah saw berdoa “Wahai Allah! Jadikanlah keberkahan di Madinah dua kali lipat keberkahan di Makkah”  

Terdapat beberapa hadits tentang keberkahan yang berlipat ganda, yaitu tentang makanan yang disediakan untuk satu orang, namun cukup untuk dua orang. 

Dari Jabir bin Abdullah r.a. “Aku mendengar Rasulullah saw bersabda ‘makanan seorang mencukup untuk dua orang dan makanan dua orang mencukupi untuk empat orang dan makanan empat orang mencukupi untuk delapan orang”.