Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

7 Keistimewaan Kota Makkah yang harus kamu tau

Sabtu, 08 Juni 2024 | 23:40 WIB Last Updated 2024-06-08T16:40:19Z
Daftar Isi [Tampilkan]
Keistimewaan Kota Makkah
Keistimewaan Kota Makkah | Photo by Sulthan Auliya on Unsplash

Tanah Haram atau Makkah dan Madinah merupakan dua kota suci umat Islam yang akan senantiasa dilindungi Allah swt.  Kota Makkah merupakan kota yang istimewa bagi setiap muslim. Hal itu karena di Kota Makkah, lahir seorang pembawa risalah Islam, Rasulullah saw yang memancarkan cahaya Islam hingga ke seluruh penjuru dunia. 

Kota Makkah juga menjadi saksi bagaimana perjalanan dan perjuangan Rasulullah saw dalam menyebarkan ajaran Islam. Kota Makkah merupakan salah satu nama kota yang Allah swt sebutkan dalam Al-Quran. Selain itu, Kota Makkah juga memiliki beberapa julukan sebagaimana yang Allah swt sebutkan dalam Alquran. 

Beberapa julukan untuk Kota Makkah adalah Al-Mukarromah (dimuliakan), Kota Haram (suci), Al-Balad (negeri), Ummu al-Qura (induk atau ibu negeri-negeri), Al-Balad al-Amin (negeri yang aman), Bakkah (memisahkan orang kafir dan mukmin), dan Waadin Ghairu Dzi Zar’in (lembah yang tidak mempunyai tanaman).

Selain itu, berikut merupakan 7 keistimewaan kota Makkah yang kamu harus tau.

7 Keistimewaan Kota Makkah

1. Menjadi pemukiman tertua di dunia

Makkah merupakan salah satu daerah pemukiman tertua di dunia. Bahkan, aliran air zamzam tercatat telah mengalir sejak 4000 tahun yang lalu. Selain itu, Junaidi Halim dalam bukunya yang berjudul Makkah-Madinah dan Sekitarnya juga menegaskan bahwa Kota Makkah adalah kota tertua di dunia yang sudah ada sejak zaman Nabi Adam as. 

2. Kota Makkah istimewa karena memiliki Ka’bah 

Makkah menjadi kota istimewa lantaran memiliki Ka’bah yang menjadi kiblat beribadah bagi umat muslim. The Telegraph, sebuah media Inggris sempat menulis bahwa Ka’bah merupakan bangunan termahal di dunia dan proses renovasinya pernah mencapai hingga US$100 miliar. Bukan hanya Ka’bah, Abraj Al Bait, sebuah bangunan di Kota Makkah juga termasuk bangunan mahal di dunia.

3. Menara jam di kota Makkah tercatat sebagai rekor dunia 

Makkah memiliki sebuah menara jam setinggi 600 meter yang merupakan bangunan tertinggi ketiga di dunia. Selain itu, permukaan jamnya juga menjadi yang terbesar di dunia karena masih bisa terlihat jelas dari jarak 17 kilometer. 

Menara jam tersebut menampilkan kilauan cahaya di malam hari dengan jutaan LED ditambah 26 lampu sorot yang bersinar indah. 

4. Tempat yang paling dicintai oleh Rasulullah SAW. 

Begitu besar cintanya pada Makkah, Jika bukan karena diusir, Rasulullah saw bahkan tidak akan meninggalkan Makkah. 

Hal itu sebagaimana yang pernah Rasulullah SAW katakan:
“Demi Allah. Engkau adalah sebaik-baik bumi, dan bumi Allah yang paling dicintaiNya. Seandainya aku tidak terusir darimu, aku tidak akan keluar (meninggalkanmu)” 

5. Keistimewaan kota Makkah : ditetapkan oleh Allah swt sebagai kota suci

Sejak penciptaan langit dan bumi, Allah swt telah menetapkan Makkah sebagai kota suci.
Rasulullah saw. pernah mengatakan hal tersebut pada hari penaklukan kota Makkah “Sesungguhnya kota ini, Allah telah memuliakannya pada hari penciptaan langit dan bumi. Ia adalah kota suci dengan dasar kemuliaan yang Allah tetapkan sampai hari Kiamat”

Allah swt. juga berfirman dalam Al-Quran surat An-Naml : 91 yang artinya : 
Aku (Muhammad)  hanya diperintahkan untuk menyembah Tuhan negeri ini (Makkah) yang Da telah menjadikan suci padanya dan segala sesuatu adalah milik-Nya. Dan aku diperintahkan agar aku termasuk orang muslim” 

6. Allah swt jamin keamanan Kota Makkah 

Selain ditetapkan menjadi kota suci, Allah swt juga menjamin keamanan Makkah dengan seizin-Nya. 
Mengenai keamanan kota Makkah, Allah swt bersabda dalam Al-Quran surat Ibrahim : 35 yang artinya :  “Dan (ingatlah) ketika Ibrahim berkata : “Ya Rabb-ku, jadikanlah negeri ini (Makkah) negeri yang aman dan jauhkanlah aku beserta anak cucuku daripada menyembah berhala-berhala” 

Salah satu wujud perlindungan Allah terhadap kota Makkah, khususnya Ka’bah adalah ketika Allah swt melindungi Ka’bah dari serbuan pasukan gajah yang dipimpin oleh Raja Abrahah dengan mengirimkan pasukan burung Ababil yang membawa kerikil panas. 

7. Memiliki pahala yang tinggi jika shalat di Masjidil Haram 

Tanah Haram (Makkah dan Madinah) merupakan tempat yang mulia. Salah satu kemuliaannya adalah Allah swt memberikan pahala berlipat ganda bagi setiap muslim yang shalat di Tanah Haram. 

Rasulullah SAW. pernah bersabda : 
“Satu shalat di Masjidil Haram lebih utama dibandingkan seratus ribu shalat di tempat lainnya” (HR. Ahmad, Ibnu Majah, dan dishahihkan oleh Syaikh al Albani) 

Begitu istimewanya Makkah, hingga Allah swt menetapkan hukum-hukum khusus berkaitan dengan Kota Makkah, salah satunya adalah melarang orang kafir untuk masuk kota Makkah. 

Allah swt berfirman dalam Al-Quran surat At Taubah ayat 28 yang artinya : 

"Hai orang-orang beriman, sesungguhnya orang-orang musyrik itu najis (kotor jiwa), karena itu, janganlah mereka mendekati Masjidil Haram setelah tahun ini. Dan jika kamu khawatir menjadi miskin (karena orang kafir tidak datang), maka Allah nanti akan memberikan kekayaan kepadamu dan karunia-Nya, jika Dia menghendaki. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui, Maha Bijaksana."***