Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Fakta Menarik Indonesia di Mata Dunia yang Buat Bangga

Minggu, 02 Oktober 2022 | 07:00 WIB Last Updated 2022-10-02T16:40:29Z
Daftar Isi [Tampilkan]
Mountain Climbing Adventure in Indonesia | Pexels.com Photo by Iqbal Kurniawan 

Populer24 - Negara Indonesia tentunya sudah tidak perlu diragukan lagi akan kepopulerannya di mata dunia. Terutama karena keberadaan Pulau Bali yang memang telah lama menjadi ciri khas tersendiri di Indonesia. Namun tentu saja membicarakan Indonesia tidak mungkin membicarakan pulau Bali semata. Alasannya adalah karena masih banyak hal di Indonesia yang diakui oleh dunia. Termasuk beberapa fakta menarik Indonesia di mata dunia yang buat bangga seperti berikut ini: 

1. Memiliki Lebih dari 700 Bahasa dan Dialek 

Membicarakan Indonesia tentunya tidak bisa lepas dengan membicarakan keanekaragaman yang dimiliki. Salah satu keanekaragaman di Indonesia adalah keanekaragaman Bahasa yang digunakan. Seperti yang diketahui, walau menjadikan Bahasa Indonesia sebagai Bahasa resmi tapi Bahasa daerah tetap digunakan di berbagai daerah Indonesia. Faktanya ternyata adalah di Indonesia sendiri memiliki lebih dari 700 bahasa dan juga Dialek. Jumlah yang tentunya sulit untuk disaingi oleh negara-negara lainnya. 

2. Tempat Candi Terbesar di Dunia 

Selain agama, Indonesia juga dikenal dengan agamanya beragam. Termasuk kehadiran agama Budha yang bukan hanya menyebarkan agama saja tapi juga meninggalkan banyak peninggalan bersejarah. Salah satunya adalah candi Borobudur yang merupakan peninggalan agama Budha. Tidak sembarangan, karena Candi Borobudur ini sendiri berstatus sebagai candi terbesar di dunia. Sesuatu yang pastinya membuat bangga Indonesia. Sekaligus membuat Indonesia semakin dikenal di mata dunia. 

3. Puncak Tertinggi Dunia ada di Indonesia 

Fakta berikutnya dari negara Indonesia adalah ternyata puncak tertinggi dunia ada di Indonesia. Lebih tepatnya puncak tertinggi tersebut berada di Puncak Jaya Wijaya yang terletak di Papua. Tidak sembarangan, karena Puncak Jaya Wijaya ini sendiri memiliki tinggi sekitar 48884 m di atas permukaan laut. Dengan tinggi tersebut, maka memungkinkan bagi Puncak Jaya Wijaya memiliki area salju di puncaknya. Hal yang pastinya mustahil terjadi di area-area lain di negara Indonesia. Fenomena langkah inilah yang membuat Puncak Jaya Wijaya menjadi lebih terasa istimewa, baik di mata Indonesia maupun di mata dunia. 

4. Terdapat Danau Vulkanik Terbesar di Dunia 

 Nyatanya Indonesia bukan hanya memiliki puncak tertinggi dunia yang eksotis tapi juga memiliki danau vulkanik. Bukan semata danau vulkanik tapi berstatus sebagai danau vulkanik terbesar di dunia. Danau yang dimaksud tersebut adalah Danau Toba yang berlokasi di Sumatera Utara. Danau Toba sendiri terbentuk alami karena letusan vulkanik gunung berapi yang terjadi sekitar 70.000 tahun yang lalu. Tidak main-main, karena letusan besar ini sendiri diketahui memakan korban jiwa dalam jumlah yang sangat besar. Sesuatu yang kemudian membuat tragedi ini membuat Danau Toba dikenang hingga sekarang. 

5. Negara Penghasil Rempah-Rempah 

Ada alasan kenapa negara Indonesia disebut sebagai negara yang kaya. Salah satu alasan utamanya adalah karena Indonesia dikenal sebagai negara penghasil rempah-rempah. Seperti yang diketahui bahwa rempah-rempah ini sendiri dapat digunakan untuk berbagai masakan di seluruh dunia. Hal inilah yang membuat Indonesia di masa lampau menjadi incaran banyak negara untuk diincar rempah-rempahnya. Bahkan sampai sekarang, cita rasa rempah-rempah dari Indonesia masih disuka oleh banyak orang di berbagai belahan dunia. Alasannya adalah karena rempah-rempah ini membuat cita rasa tiap kuliner menjadi unik sekaligus lezat. 

6. Terletak di Ring of Fire 

Negara Indonesia yang terletak di Ring memang sudah bukan menjadi rahasia umum lagi. Soalnya Indonesia sendiri terletak di jalur ring of fire atau cincin api. Karena lokasinya yang tepat berada di apitan dua lempeng tektonik. Kondisi ini yang juga seringkali membuat Indonesia mengalami gempa bumi di berbagai daerah. 

7. Memiliki Hewan Purba 

Aneka hewan dan hayati memang menjadi ciri khas tersendiri dari negara Indonesia. Satu bukti nyatanya adalah keberadaan hewan purba yang diketahui masih ada di Indonesia. Hewan purba yang dimaksud tersebut adalah hewan Komodo. Seperti yang diketahui kalau hewan Komodo memang dikenal sebagai hewan purba sekaligus langka. Tidak heran, apabila pemerintah Indonesia sangat melindungi keberadaan Komodo ini. Perlindungan khusus Hewan Komodo ini sendiri berada di Nusa Tenggara Timur dan sudah lama dijadikan objek wisata. 

8. Memiliki Raflesia Arnoldi 

Sedangkan fakta terakhirnya adalah Indonesia dikenal karena memiliki bunga Raflesia Arnoldi. Seperti yang diketahui bahwa Raflesia Arnoldi ini bukanlah bunga biasa tapi dikenal sebagai bunga terbesar di dunia. Selain itu, bunga ini juga dikenal dengan aroma busuknya yang keluar ketika bunga ini mekar. Semua keunikan tersebutlah yang membuat jenis bunga ini menjadi istimewa Apalagi diketahui kalau keberadaan bunga ini sendiri tergolong sangat langka. Tidak heran apabila kehadirannya di Indonesia menarik perhatian dan dipuji-puji oleh banyak negara lainnya di seluruh dunia. Soalnya untuk membuat bunga ini untuk bisa tumbuh di negara lain terbilang mustahil.