Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

6 Fakta Formula E Jakarta 2022 Terbaru

Sabtu, 16 Juli 2022 | 14:25 WIB Last Updated 2022-09-06T14:12:12Z
Daftar Isi [Tampilkan]
Formula E Jakarta | Photo by Fabrizio Russo on Unsplash

Populer24 - Formula E Jakarta 2022 adalah balapan mobil listrik pertama yang diselenggarakan di Indonesia pada Sabtu (4/6/2022) lalu. Balapan ini menuai antusiasme yang besar dari masyarakat dan tentunya akan menarik untuk dibahas.

Ajang Formula E sukses besar dengan dihadiri Presiden Jokowi hingga pejabat dan tokoh penting. Beberapa pejabat yang terkonfirmasi hadir yaitu Menparekraf Sandiaga Uno, Menpora Zainudin Amali, Menaker Ida Fauziah, Menteri ATR/BPN Sofyan Djalil, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, hingga ketua DPR Puan Maharani.

Seperti yang dikutip dari detiknews, Presiden Jokowi berharap ajang Formula E ini dapat menjadi awal pengenalan masyarakat terhadap mobil listrik. Menurutnya saat ini pemakaian mobil listrik sudah mulai mendapat perhatian khalayak baik lokal maupun internasional.

Jokowi berpendapat, “Saya kira ini event masa depan karena kita tahu nantinya akan ada pergeseran dari mobil yang sekarang ke pemakaian mobil listrik.”

Tak hanya itu, banyak kejadian dan fakta menarik seputar ajang Formula E Jakarta 2022. Apa saja? Simak 6 Fakta Formula E Jakarta 2022 pada artikel di bawah ini.

6 Fakta Seputar Formula E Jakarta 2022


1. Menghabiskan Biaya Rp 130 Miliar


Biaya pelaksanaan Formula E 2022 mencapai Rp 130 Miliar. Jumlah yang cukup fantastis. Biaya ini dibagi menjadi beberapa bagian, seperti fasilitas penunjang hingga pembangunan lintasan mobil.

Berdasarkan keterangan tertulis dari Pemprov DKI Jakarta, akan ada biaya penyelenggaraan selama lima tahun yang disebut dengan commitment fee sejumlah Rp 560 miliar. Besaran dana tersebut berasal dari PT Jakarta Propertindo (Jakpro) selaku sponsor resmi, jadi tidak akan menggunakan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD).

2. Seluruh Sponsornya Merupakan Perusahaan Swasta


Salah satu hal menarik dari ajang balapan mobil listrik ini adalah seluruh sponsor Formula E 2022 di Jakarta berasal dari perusahaan swasta.

Tidak ada sponsor dari BUMN. Siapa saja sponsor Formula E 2022? Berikut daftar 30 perusahaan swasta dalam negeri dan sponsor global yang menjadi sponsor Jakarta EPrix 2022:
1. Indosat Ooredoo Hutchison Powered by Ericsson
2. MS Glow for Men
3. Bank Artha Graha Internasional
4. PT BMW Indonesia
5. Erafone
6. Electronic City
7. Bank DKI
8. Discovery Hotel
9. J Water
10. Paprika
11. Grab
12. Realme
13. PT Anugerah Utama Multifinance
14. PT Central Omega Resource TBK
15. Teh Botol Sosro
16. Walking Drum
17. Coca Cola
18. Gulavit
19. Medika Plaza
20. Enesis
21. Nescafe
22. Krisbow
23. PT Proline Finance Indonesia
24. Waste for Changes
25. PT Bank China Construction Bank TBK
26. Hyundai
27. Sony
28. Samsung
29. Sharp
30. LG

3. Oliver Rowland Gagal Finish


Pembalap Mahindra Racing, Oliver Rowland tidak bisa melanjutkan balapan usai ban mobilnya lepas. Ia harus mengakhiri balapan lebih cepat di menit-menit awal karena ban mobilnya lepas dan secara praktis gagal finish.

Untungnya tidak ada cedera serius atau kecelakaan fatal saat insiden itu terjadi. Sesaat setelah kejadian, safety car masuk ke lintasan dan segera membawa Oliver Rowland yang akhirnya harus duduk di belakang paddock.

4. Tidak Ada Sampanye


Tidak seperti pada umumnya, pada perayaan pemenang Formula E Jakarta 2022, tidak ada seremonial buka botol sampanye. Juara formula E hanya diberikan trophy dan merayakannya di atas panggung.

5. Banyak Calo Tiket


Calo tiket Formula E banyak ditemukan di kawasan Ancol, Jakarta Utara. Polisi pun ikut turun tangan untuk mengamankan para calo nakal ini. Polisi melakukan pengecekan pada beberapa orang yang diduga sebagai calo. Orang-orang yang tidak terbukti bersalah dilepaskan, sedangkan yang terbukti menjadi calo segera ditahan dan diamankan.

6. Atap Tribun Formula E Roboh


Kejadian atap tribun roboh sempat menjadi pembicaraan di media sosial, namun untungnya tidak ada korban jiwa. Direktur utama PT Jakpro telah mengkonfirmasi bahwa penyebab atap tribun ambruk karena faktor alam dan telah diperbaiki keesokan harinya.

Nah, itu dia 6 Fakta Formula E Jakarta 2022. Meskipun belum sempurna, ajang balapan mobil listrik ini telah menuai banyak perhatian dan antusiasme masyarakat serta menjadi salah satu acara kebanggaan Indonesia.