Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Fakta Unik Tentang Hewan Yang Belum Kamu Tau

Jumat, 29 Juli 2022 | 10:06 WIB Last Updated 2022-09-06T14:09:20Z
Daftar Isi [Tampilkan]
Cheetah Berlari
Cheetah | Photo by Sammy Wong on Unsplash

Populer24 - Dunia hewan memang menarik bagi sebagian orang untuk dipelajari lebih dalam lagi. Bahkan, beberapa selebriti tanah air memiliki hewan peliharaan yang tidak banyak orang memeliharanya seperti ular, rusa, iguana, hingga harimau dan serigala. 

Selain tingkah laku mereka, ada banyak fakta unik dari hewan-hewan itu lho! Mulai dari tidurnya yang berdiri hingga setia memiliki 1 pasangan seumur hidupnya. Penasaran kan ? baca selengkapnya di penjelasan berikut ini ya 
1. Binatang tercepat di dunia ternyata bukan Cheetah 

Kalau ditanya hewan tercepat di dunia, banyak orang yang menjawab bahwa cheetah adalah yang paling cepat. Padahal, ada hewan yang  bahkan ukurannya lebih kecil dari spesies kucing besar yang hidup di dataran Afrika tersebut lho. 

Siapa sangka, ternyata seekor burung bernama The Peregrine Falcon (Falco Peregrinus) merupakan hewan tercepat di muka bumi. Cheetah mampu berlari dengan kecepatan 114 km/jam, kecepatan tertinggi yang pernah dicapai mobil balap F1 adalah 370 km/jam, sedangkan burung Falco memiliki kecepatan yang lebih fantastis yaitu 390 km/jam. 

Menarik sekali bukan. Burung ini tersebar di seluruh benua kecuali Antartika. Sayangnya, keberadaannya mulai terancam punah akibat rusaknya habitat tempat tinggal mereka oleh aktivitas manusia.

2. Fakta Unik tentang Hewan : Hewan terkuat di dunia berasal dari spesies kumbang 


Lagi-lagi, kita diajarkan untuk tidak menilai kekuatan makhluk hidup hanya dari covernya saja. Hewan dengan ukuran besar, belum tentu lebih kuat dari hewan yang berukuran lebih kecil. Faktanya, julukan hewan terkuat di dunia dimiliki oleh seekor Kumbang Badak (The Rhinoceros Beetle). 

Jika dibandingkan dengan gajah yang mampu mengangkat beban dengan proporsi 25% dari total berat badannya, maka kumbang badak mampu membawa beban dengan berat 850 kali dari total berat badannya lho. 

3. Hewan dengan suara paling keras di bumi


Bersyukurnya, hewan ini bukanlah hewan darat yang hidup di sekitar manusia hehe. Kalau hewan dengan suara paling keras di dunia ini tinggal di sekitar kita, bisa dibayangkan betapa repotnya kita, bahkan mungkin bisa mengganggu indra pendengaran. 

Yup, menurut ilmuwan, hewan dengan suara paling keras di bumi adalah ikan paus biru. Yup, suara ikan paus biru mencapai 188 desibel yang berarti 1 juta kali lebih keras dari suara mesin jet. Suara motor Harley Davidson, konser rock paling keras, hingga suara ledakan bom bahkan kalah dengan suara ikan paus biru. 

4. Paus Sperma tidur secara vertikal 


Kalau kita manusia dan juga hewan-hewan lain tidur dengan merebahkan tubuh atau secara horizontal, lain halnya dengan paus sperma. Para ilmuwan melakukan penelitian pada tahun 2008 dan diketahui bahwa paus sperma tidur dengan posisi tubuh vertikal. Namun, mereka hanya tidur 7% atau selama 6-24 menit setiap harinya. 

5. Kuda laut berpasangan seumur hidup mereka


Kuda laut adalah makhluk monogami yang memiliki pasangan seumur hidup. Selama masa pacaran, mereka menari bersama, berganti warna, dan saling berpelukan. Setia banget kan hehe 

6. Fakta Unik tentang Hewan : Awas! Tidak semua anjing bisa berenang lho


Mungkin kita semua tau anjing adalah hewan yang biasa digunakan untuk menjaga rumah atau mencari orang hilang yang tertimbun di runtuhan tanah atau bantuan akibat bencana alam. Banyak juga kita melihat anjing yang berenang di kolam atau sungai. 

Tapi ternyata tidak semua anjing bisa berenang lho. Beberapa anjing memiliki struktur tubuh yang berbeda sehingga tidak semua anjing bisa berenang .

Jenis anjing golden retriever, irish setter, labrador, water spaniel, dan newfoundland adalah beberapa jenis anjing yang memiliki struktur tubuh yang menjadikannya mampu berenang. 

Namun, jenis anjing pug dan bulldog adalah dua jenis anjing yang tidak bisa berenang karena struktur tubuh yang tidak bisa digunakan untuk berenang seperti kaki dan leher yang pendek. 

7. Jerapah memiliki darah tinggi dan sulit tidur


Jerapah si hewan dengan leher panjang ternyata memiliki tekanan darah yang lebih tinggi dari manusia dan beberapa hewan mamalia kebanyakan lainnya lho. 

Namun, bukan karena tekanan darah tinggi yang membuat jerapah sulit tidur. Tekanan darah yang tinggi tidak membuat jerapah sakit. Hal itu justru membantu jerapah mengalirkan darah ke kepala yang tinggi. 

Hal yang menyebabkan jerapah mengalami sulit tidur adalah karena saat tidur, jerapah mengalami kesulitan untuk bangun dan kembali bergerak. Hal itu yang membuat jerapah jadi mudah diserang musuh. 

Maka dari itulah jerapah tidur dalam waktu yang lebih singkat daripada mamalia lainnya. 

Nah, itulah 7 fakta unik dari hewan yang bisa menambah wawasan kamu. Kita bukan hanya bisa belajar dari manusia, tapi kita juga bisa belajar dari hewan.