Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

5 Fakta Penemuan Jasad Emmeril Kahn Mumtadz Putra Ridwan Kamil

Jumat, 10 Juni 2022 | 22:55 WIB Last Updated 2022-06-10T16:00:30Z
Daftar Isi [Tampilkan]
Fakta Penemuan Jasad Emmeril Kahn Mumtadz

Populer24 - Putra Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Emmeril Kahn Mumtadz alias Eril akhirnya ditemukan setelah dilaporkan hilang selama 14 hari. Jasad Eril ditemukan pada Rabu, 8 Juni 2022 di Bendungan Engehalde, Bern, Swiss. Eril ditemukan dalam kondisi sudah tidak bernyawa, setelah berhari-hari hilang terbawa arus Sungai Aare sejak 26 Mei 2022.

Berikut ini adalah 5 fakta terkait penemuan jasad Eril yang telah kami rangkum. Simak selengkapnya di bawah ini.

Fakta Bagaimana Jasad Eril Ditemukan


1. Jenazah Eril Ditemukan Setelah 2 Pekan Hilang

Sejak dilaporkan menghilang di Sungai Aare, Swiss pada 26 Mei 2022, pihak KBRI dan kepolisian Bern, Swiss melakukan proses pencarian intensif untuk menemukan putra Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil. Selain melibatkan kepolisian, pemerintah Bern juga mengerahkan polisi maritim, pemadam kebakaran dan Tim SAR.

Pencarian dilakukan selama kurang lebih 14 hari sampai akhirnya pada 8 Juni 2022 Eril ditemukan di Bendungan Engehalde dalam kondisi sudah tidak bernyawa.

2. Jarak Lokasi Penemuan Sejauh 6 KM

Bendungan Engehalde tempat dimana jasad Eril ditemukan terletak cukup jauh dari lokasi ia menghilang. Jaraknya sekitar 6 KM ke arah utara. Jarak tersebut diperkirakan dapat ditempuh dengan menggunakan mobil selama 16 menit dan 1 jam jika berjalan kaki. Menurut beberapa sumber, lokasi tersebut memang seringkali menjadi lokasi penemuan korban hanyut di Sungai Aare.

3. Jasad Diidentifikasi Melalui Tes DNA

Duta besar RI untuk Swiss, Muliaman Hadad, menjelaskan proses penemuan jenazah Eril. Ia mengatakan bahwa polisi setempat telah melakukan tes DNA dan mengkonfirmasi bahwa jenazah tersebut adalah benar Emmeril Khan Mumtadz.

Bahkan sang Ibunda, Atalia Kamil, juga mengkonfirmasi hal serupa melalui Instagram pribadinya, bahwa tes DNA sudah dilakukan dan hasilnya sama seperti DNA-nya. 

4. Jasad Eril Ditemukan Dalam Kondisi Utuh

Meskipun telah hilang dan tenggelam selama 14 hari, jasad Eril masih tetap utuh dan bahkan mengeluarkan wangi seperti daun eucalyptus. Ridwan Kamil yang kerap disapa Kang Emil itu menjelaskan alasan mengapa jasad putranya masih utuh walaupun sudah terendam air dalam waktu yang lama melalui akun Instagram pribadinya.

“Sungai Aare yang sedingin kulkas dan minim fauna membuat jasadnya setengah membeku, sehingga tetap utuh, lengkap, walaupun berada di dasar sungai selama 14 hari,” tulis Ridwan Kamil melalui akun Instagram @ridwankamil.

5. Jenazah Diserahkan Kepada Keluarga

Sesuai aturan di Swiss, polisi harus menyerahkan keputusan penyerahan jenazah yang ditemukan ke tangan pengadilan. Penyerahan jenazah Eril kepada keluarga telah diputuskan oleh pengadilan setempat.

Pihak pengadilan telah memberikan kewenangan kepada keluarga yang saat ini berada di Bern untuk menerima jasad Eril. Menurut pengakuan Ridwan Kamil, jenazah sang putra tercinta akan dipulangkan ke Indonesia pada Minggu 12 Juni 2022 dan dimakamkan keesokan harinya, Senin 13 Januari 2022.

Itulah fakta-fakta penemuan jasad Eril yang sebelumnya hilang di Sungai Aare, Bern, Swiss. Keluarga sangat berterimakasih kepada semua pihak yang telah membantu proses pencarian Emmeril Khan Mumtadz hingga akhirnya ditemukan.

Penemuan jasad Eril disyukuri tidak hanya oleh keluarga, namun juga masyarakat yang telah dengan tulus dan penuh harap mendoakan supaya Eril dapat ditemukan dan kembali pulang. Selamat jalan Eril, semoga mendapat tempat terbaik di sisi Allah SWT dan keluarga yang ditinggalkan senantiasa diberi keikhlasan dan ketabahan. Aamiin.