Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Indonesia Vs Filipina: Garuda Lolos ke Babak Ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026

Selasa, 11 Juni 2024 | 22:50 WIB Last Updated 2024-06-11T15:53:30Z
Daftar Isi [Tampilkan]
Indonesia Lolos ke Babak Ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026
Indonesia Lolos ke Babak Ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026

Jakarta, Selasa (11/6/2024) malam WIB, menjadi saksi sejarah penting bagi sepak bola Indonesia. Timnas Garuda berhasil mengamankan tiket ke babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 setelah meraih kemenangan meyakinkan 2-0 atas Filipina di Stadion Gelora Bung Karno. Dua gol yang tercipta dari Thom Haye dan Rizky Ridho memastikan langkah Indonesia semakin dekat ke panggung dunia.

Babak Pertama: Dominasi dan Gol Pembuka

Sejak peluit awal dibunyikan, timnas Indonesia langsung menerapkan strategi pressing tinggi yang membuat pertahanan Filipina kewalahan. Marselino Ferdinan dan rekan-rekannya tampil agresif dengan serangan-serangan cepat yang menjanjikan. Pada menit keenam, Thom Haye memulai aksinya dari sisi kanan dan mengirim umpan tarik ke Ragnar Oratmangoen, namun masih bisa dihalau oleh bek lawan.


Dua menit berselang, Haye kembali beraksi, kali ini bekerja sama dengan Asnawi Mangkualam. Umpan silangnya ditanduk Marselino, tapi sayangnya masih tepat ke arah kiper Kevin Ray Mendoza. Indonesia terus menggempur, dengan peluang emas dari Calvin Verdonk dan Rafael Struick yang sayangnya belum bisa mengubah skor.


Ketegangan pecah pada menit ke-32. Timnas Indonesia merebut bola di area tengah, dan Thom Haye berhasil melepaskan sepakan terukur ke pojok kanan gawang dari depan kotak penalti. Gol ini disambut sorak sorai meriah dari para pendukung di stadion.


Babak Kedua: Gol Penentu dan Kontrol Permainan

Indonesia tidak mengendurkan serangan setelah jeda. Peluang emas kembali datang melalui Oratmangoen dan Verdonk, namun belum membuahkan hasil. Filipina sempat mengancam melalui percobaan Jesper Nyholm, tapi bola masih melebar dari gawang.


Pada menit ke-56, Indonesia menggandakan keunggulan. Tendangan bebas Nathan Tjoe-A-On disambut dengan sundulan tajam Rizky Ridho di depan gawang, yang membuat kiper lawan tak berdaya. Gol kedua ini semakin memperkuat dominasi timnas.


Nyaris saja Indonesia mencetak gol ketiga pada menit ke-71. Sundulan Jay Idzes dari sepak pojok hanya membentur tiang gawang, membuat pendukung menahan napas sejenak.


Meski begitu, dua gol sudah cukup untuk memastikan kemenangan. Timnas Indonesia terus mengontrol permainan hingga akhir laga, memastikan skor 2-0 bertahan hingga peluit panjang dibunyikan.


Kepastian Lolos dan Langkah Selanjutnya

Kemenangan ini memastikan Indonesia lolos ke babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 tanpa perlu menunggu hasil pertandingan antara Irak dan Vietnam. Dengan total 10 poin, posisi Indonesia tak terkejar lagi oleh Vietnam yang baru mengumpulkan enam poin menjelang laga mereka melawan Irak.


Ini adalah momen penting bagi sepak bola Indonesia, yang semakin menunjukkan kematangan dan kualitas permainan di kancah internasional. Dengan semangat juang yang tinggi dan dukungan penuh dari para pendukung, timnas Garuda siap melanjutkan perjuangan mereka di babak berikutnya. Mari kita terus dukung dan doakan agar Indonesia bisa meraih prestasi gemilang di Piala Dunia 2026.


Susunan Pemain Timnas Indonesia vs Filipina

Berikut adalah susunan pemain yang diturunkan dalam pertandingan antara Timnas Indonesia melawan Filipina pada Kualifikasi Piala Dunia 2026 di Stadion Gelora Bung Karno, Selasa (11/6/2024) malam WIB:


Timnas Indonesia:

  • Kiper: 21-Ernando Ari
  • Bek: Asnawi Mangkualam (6-Sandy Walsh 83'), 3-Jay Idzes, 23-Justin Hubner, 5-Rizky Ridho, 4-Calvin Verdonk (Pratama Arhan 67')
  • Gelandang: 22-Nathan Tjoe-A-On (Ivar Jenner 63'), 19-Thom Haye, 7-Marselino Ferdinan
  • Penyerang: 11-Ragnar Oratmangoen (Dimas Drajad 83'), 9-Rafael Struick (Yakob Sayuri 63')

Timnas Filipina:

  • Kiper: 15-Kevin Ray
  • Bek: 18-Jesper Nyholm, 17-Adrian Ugelvik, 21-Santiago Colminas, 2-Scott Woods
  • Gelandang: 6-Kevin Ingreso, 8-Michael Baldisimo, 14-Alex Monis, 20-Zico Bailey, 7-Dylan Demuynck
  • Penyerang: 9-Patrick Reichelt

Dengan susunan pemain ini, kedua tim memberikan performa terbaik mereka di lapangan, namun Indonesia berhasil tampil lebih dominan dan mengamankan kemenangan yang memastikan langkah mereka ke babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026.

Sumber: sport.detik.com