Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Yuk Cari Tahu, 11 Teknologi Masa Depan Yang Mampu Mempermudah Pekerjaan Manusia!

Minggu, 16 Januari 2022 | 00:14 WIB Last Updated 2022-03-03T07:50:12Z
Daftar Isi [Tampilkan]
Yuk Cari Tahu, 10 Teknologi Masa Depan Yang Mampu Mempermudah Pekerjaan Manusia!
Teknologi Masa Depan | Photo by This Is Engineering

Populer24 - Pernahkah anda berpikir bagaimana kehidupan ini 10 atau bahkan 50 tahun mendatang? Teknologi yang semakin canggih tentu membuat anda berdecak kagum dan mampu mempermudah setiap pekerjaan yang digeluti. Kehadiran teknologi tentu memiliki dampak yang sangat besar bagi kehidupan manusia. Kebutuhan hidup manusia yang semakin kompleks tentu sangat terbantu dengan kecanggihan teknologi. Segalanya terasa mudah dan berjalan secara efektif dengan teknologi yang semakin berkembang dari hari ke hari.

Tak hanya pengaruh positif yang dapat dinikmati, tetapi juga terselip dampak negatif yang menghantui manusia apabila enggan memanfaatkan teknologi dengan bijak. Kesehatan fisik semakin terancam akibat penggunaan teknologi yang terlalu berlebih. Belum lagi kesehatan mental, yang semakin terpuruk akibat dampak psikologis dan perbedaan status sosial yang ditimbulkan karena kecanggihan teknologi. Untuk itu, kecanggihan teknologi harus dibarengi dengan kualitas sumber daya manusia yang mumpuni. 

Penasaran, apa saja sih teknologi 10 teknologi masa depan yang mampu menjawab kebutuhan manusia yang semakin kompleks? Yuk simak penjelasan berikut ini!

1. Hyperloop


Elon Musk, seorang inventor asal Amerika Serikat  menciptakan istilah Hyperloop untuk pertama kali. Hyperloop adalah alat transportasi menyerupai kapsul dan bergerak dalam ruang bertekanan udara rendah. Teknologi Hyperloop sangat memudahkan negara-negara berkembang hingga negara maju untuk beralih ke transportasi yang dapat menampung banyak penumpang, aman dan tentunya cepat. Hyperloop menawarkan kemudahan berupa kecepatan 1.700 kilometer per jam dan mampu menampung sebanyak 20-40 penumpang. 

2. Senjata Nanobot

Nanobot adalah salah satu bentuk kecanggihan teknologi yang berperan dalam bidang kesehatan. Ukurannya yang sangat kecil memudahkannya masuk ke dalam tubuh manusia dan memperbaiki sel-sel yang rusak. Sayangnya, keberadaan nanobot cenderung menimbulkan efek negatif dan menghancurkan. Yang lebih mencengangkan, nanobot mampu menghancurkan dunia sebab mampu mengubah diri secara virtual dan tak bisa dihancurkan, sehingga penggunaannya harus selalu dikendalikan.

3. Mobil Terbang

Mobil terbang pertama kali dikembangkan oleh 
Taylor Aerocar, produsen otomotif asal Amerika Serikat. Taylor sangat memanfaatkan waktu dan situasi, terbukti dirinya mampu mengembangkan teknologi ini bahkan sejak tahun 1949. Namun, mobil terbang tak dapat digunakan begitu saja. Pengguna harus memiliki disertifikasi pilot dengan tujuan operasional keselamatan mobil terbang. Setelah itu, anda dapat menyaksikan mobil terbang di udara. Sebab, rencananya mobil ini akan digunakan di darat dan di udara.

4. Sepatu Pintar

Di masa mendatang, setiap gerakan pengguna mulai dari berlari, berjalan, mendaki dan sebagainya dapat dideteksi oleh sepatu pintar. Sepatu pintar akan memberikan data mengenai berapa jarak yang ditempuh pengguna, jumlah kalori yang dibakar hingga kecepatan pengguna. Sepatu pintar didukung oleh baterai selama 60 hari.

5. Robot Tentara

Kecanggihan komputer yang semakin dibutuhkan manusia dewasa ini serta pengurangan sumber daya manusia dari hari ke hari melatar belakangi terciptanya teknologi yang satu ini. Menariknya, China dan Amerika Serikat tengah mengembangkan teknologi ini guna meningkatkan kualitas pekerjaannya. 

6. Wisata Luar Angkasa

Ide cemerlang datang dari perusahaan bernama Space Perspective belakangan ini. Pasalnya, perusahaan ini berhasil mengirim wisatawan ke luar angkasa. Wisatawan akan meluncur ke luar angkasa menggunakan kapsul bertekanan tinggi yang akan dibantu dengan balon untuk menerbangkannya. Kandungan balon berupa hidrogen apung mampu membawa wisatawan ke lapisan stratosfer. Wisatawan akan disuguhi berbagai fasilitas yang tak kalah dengan hotel berbintang, seperti bar, kursi, kamar mandi dan jendela besar. Fasilitas tersebut membuat wisatawan mengamati keindahan bumi dari luar angkasa. 

7. Crispr Gene Editing

Teknologi ini mampu melakukan rekayasa genetika pada setiap manusia. Uniknya, Crispr Gene Editing mampu menghasilkan keturunan yang berparas elok, pintar dan sehat. Salah satu negara yang tengah berupaya mengembangkan teknologi ini ialah Tiongkok, yang mencoba melakukan desain crispr gene editing embrio manusia sesuai karakteristik bayi yang diinginkan masing-masing pasangan.

8. Mesin Pelipat Pakaian

Teknologi ini adalah kabar gembira bagi anda yang malas melipat pakaian dan stress ketika melihat cucian yang menumpuk. Cara penggunaannya pun terbilang sangat mudah. Anda hanya perlu menggantung pakaian yang hendak dilipat pada mesin, lalu secara otomatis mesin akan otomatis melipat pakaian anda hanya dalam hitungan detik saja. 

9. Senjata Laser

Teknologi masa depan ini digadang-gadang mampu menghancurkan kapal - kapal kecil yang masuk ke area terlarang negara tetangga hingga mampu menembak pesawat nirawak dan rudal. Sayangnya, senjata ini belum mampu mengatasi peperangan di dunia sebab produksinya masih dalam jumlah kecil. Menariknya, kecepatan cahaya bisa mencapai 300.000.000 meter per detik. Wow, sangat mengagumkan!

10. Survey Cuaca dan Pemilihan Partai secara Artificial Intelligence

James Bridle hendak membuktikan cuaca mempengaruhi jumlah voting pada pemilu melalui projeknya. Ia membuktikan hal tersebut melalui model machine learning guna mencari tahu hasil pemilu sesuai dengan situasi cuaca di hari tertentu. Realitanya, Artificial Intelligence telah banyak dimanfaatkan dalam kehidupan manusia dewasa ini. Namun, penggunaannya memang masih perlu banyak perbaikan dan penyempurnaan.

11. Self-driving Car

Ialah mobil yang tak membutuhkan supir dalam menghantarkan penumpangnya menuju suatu tempat. Mobil dilengkapi kamera sensor khusus  yang mampu mendeteksi setiap gerakan mobil dan kondisi lingkungan sekitar kendaraan. Pengamatan melalui kamera akan diproses untuk menentukan belok dan tujuan dari kendaraan itu sendiri. Wah, kalau begini Self-driving Car menjadi mobil impian setiap orang ya! 


Ditulis Oleh : Sisca
Editor : Sophia Wardhani