Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Tips Agar Baterai HP Awet dan Penyebab Daya Ponsel Cepat Habis

Minggu, 16 Januari 2022 | 10:33 WIB Last Updated 2022-03-03T07:50:06Z
Daftar Isi [Tampilkan]
 
Tips Agar Baterai HP Awet dan Penyebab Daya Ponsel Cepat Habis
Baterai Handpone Cepat Habis | Foto: pinterest.com

Populer24 - Ketahui beberapa tips agar baterai HP awet dan alasan yang menyebabkan baterai HP cepat habis pada artikel ini.

Pengguna HP kerap kali dibuat kesal dengan baterai HP yang cepat habis, hal ini dikarenakan HP telah menjadi bagian penting pada era saat ini.

Sehingga baterai HP yang tidak tahan lama akan sangat mengganggu komunikasi bahkan kerja yang menggunakan HP.

Untuk itu, berikut telah dirangkum beberapa alasan yang membuat baterai HP cepat habis lengkap dengan tips agar baterai HP awet.

Penyebab baterai HP mudah habis


1. Penggunaan charger yang tidak original saat mengisi daya baterai HP


Penyebab baterai HP cepat habis yang pertama adalah penggunaan charger yang tidak original saat mengisi daya baterai HP. 

Penggunaan charger HP yang tidak original ini kerap terjadi karena beberapa alasan seperti charger yang original rusak atau hilang.

2. Banyak aplikasi yang memerlukan akses lokasi HP


Seperti yang diketahui pada umumnya bahwa beberapa aplikasi HP memerlukan akses lokasi terkini pada HP, seperti Google Map hingga aplikasi Ojek Online dll.

Pemberian akses lokasi kepada aplikasi-aplikasi tersebut akan menambah kinerja HP dan akan berpengaruh pada konsumsi baterai pada HP tersebut.

3. Layar HP terlalu cerah


Penggunaan layar yang terlalu cerah pada HP juga menjadi salah satu penyebab baterai HP cepat habis.

Selain itu penggunaan live wallpaper juga dapat membuat baterai HP semakin cepat habis.

4. Notifikasi di HP terlalu banyak


Terlalu banyak notifikasi di HP juga dapat menjadi penyebab baterai HP cepat habis, hal ini mungkin juga tidak banyak disadari orang.

Oleh karena itu jaga notifikasi pada HP mu agar tidak terlalu menumpuk sehingga menyebabkan baterai HP cepat habis.

5. Kondisi baterai yang rusak


Penyebab lain yang menjadi alasan baterai HP cepat habis adalah kondisi baterai yang rusak.

Bagaimanapun juga jika baterai HP rusak maka akan sulit untuk menghemat pemakaian daya pada HP tersebut.

Setelah mengetahui beberapa penyebab baterai HP cepat habis, berikut ini tips agar baterai HP awet.

Beberapa tips agar baterai HP awet


Tips Agar Baterai HP Awet dan Penyebab Daya Ponsel Cepat Habis
Baterai Handpone Cepat Habis | Foto: pinterest.com

1. Pastikan suhu HP tetap dingin


Tips agar baterai HP awet yang pertama adalah pastikan suhu HP anda tetap dalam kondisi dingin, jangan sampai suhu HP berlarut-larut panas.

Diketahui bahwa baterai HP akan lebih mudah habis jika kondisi HP dalam suhu yang panas. Di sisi lain jika kondisi HP dalam suhu dingin maka baterai HP bisa lebih awet.

Selain itu membiarkan suhu HP panas berlarut-larut juga dapat memberikan efek yang buruk kepada bateri HP tersebut, bahkan bisa merusak baterai HP.

2. Usahakan kecerahan layar HP rendah


Salah satu faktor penyebab baterai HP mudah habis adalah kecerahan layar pada HP. Usahakan untuk meredakan kecerahan layar HP atau ponsel anda agar menjaga baterai HP tetap awet.

Selain merendahkan kecerahan layar HP, penggunaan background gelap pada layar HP juga dapat membantu menghemat konsumsi baterai pada HP.

Penggunaan dark mode pada beberapa aplikasi juga bisa dicoba karena dengan menggunakan dark mode maka akan merendahkan kecerahan layar HP saat dipakai dan tentunya akan berpengaruh terhadap baterai HP.

3. Pastikan mengisi baterai HP dengan charger original


Seperti yang dijelaskan di penyebab baterai mudah habis, penggunaan charger yang tidak original pada saat mengisi daya baterai HP akan mengakibatkan baterai HP mudah habis.

Oleh karena itu disarankan untuk mengisi baterai HP menggunakan charger original atau charger bawaan dari HP masing-masing.

Apabila charger original rusak atau hilang, usahakan untuk membeli lagi yang original guna menjaga ketahanan baterai HP.

4. Usahakan untuk mengisi daya baterai HP sebelum angka petunjuk di bawah 20 persen


Tips agar baterai HP awet selanjutnya adalah usahakan untuk mengisi daya baterai HP sebelum angka penunjuk baterai di bawah 20 persen.

Pada setiap HP saat ini tersedia persentase daya baterai, selalu cek presentasi tersebut, usahakan untuk segera mengisi daya baterai sebelum presentasi itu menunjukkan angka di bawah 20 persen.

Bahkan beberapa pihak menyarankan agar mengisi daya baterai HP sebelum angka persentase menunjukkan di bawah 30 persen, hal ini bertujuan untuk menjaga kualitas baterai agar awet.

5. Usahakan untuk tidak menginstall aplikasi penghemat baterai HP


Pada saat ini banyak aplikasi penghemat baterai yang mengklaim dapat membuat baterai HP awet. Akan tetapi, jika ingin menghemat baterai HP lebih baik tidak menginstall aplikasi penghemat baterai.

Bukan tanpa alasan, peng-install-an aplikasi penghemat baterai HP artinya menambah aplikasi pada HP, hal ini dikhawatirkan justru bisa memperberat kinerja pada HP tersebut. Selain itu penambahan aplikasi pada HP juga akan menambah aktivitas pada memori HP.

Oleh karena itu untuk menghemat baterai HP, usahakan untuk tidak meng-install aplikasi penghemat baterai HP.

Demikian beberapa penyebab HP mudah habis, lengkap dengan beberapa tips agar baterai HP awet, semoga bermanfaat.