Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Tips Belajar Speaking Bahasa Inggris Mudah, Tanpa Ikut Les!

Minggu, 09 Januari 2022 | 21:07 WIB Last Updated 2022-02-08T15:08:48Z
Daftar Isi [Tampilkan]
Tips Belajar Speaking Bahasa Inggris Mudah
Belajar berbicara Bahasa Inggris | Photo by Product School on Unsplash

Populer24 - Mahir Speaking Bahasa Inggris menjadi tujuan utama para pembelajar Bahasa Inggris. Ketahui tips belajar speaking Bahasa Inggris dengan mudah tanpa mengikuti les berikut ini.

Bahasa Inggris perlahan-lahan menjadi bahasa yang umum untuk diketahui, orang yang mahir atau paham Bahasa Inggris akan mendapatkan banyak manfaat juga seperti menambah wawasan baru, mudah berkomunikasi dengan orang di belahan dunia, hingga menambah kepercayaan diri.

Dalam belajar Bahasa Inggris ada beberapa aspek yang dipelajari, seperti listening skill (skill mendengarkan), writing skill (skill menulis dalam Bahasa Inggris), reading skill (skill membaca dalam Bahasa Inggris), speaking skill (skill berbicara menggunakan Bahasa Inggris), grammar, TOEFL, hingga IELTS.

Pada umumnya, pembelajar Bahasa Inggris mengincar untuk bisa mahir di speaking skill atau skill berbicara menggunakan Bahasa Inggris, hal ini dikarenakan penanda utama orang bisa Bahasa Inggris adalah dapat berkomunikasi menggunakan Bahasa Inggris.

Beberapa kursusan Bahasa Inggris juga menawarkan cara belajar speaking Bahasa Inggris. Akan tetapi yang harus diketahui adalah ada cara tersendiri untuk belajar speaking Bahasa Inggris bahkan tanpa mengikuti les kursusan.

Lantas apa saja tips belajar speaking Bahasa Inggris tanpa harus mengikuti les tersebut? Simak penjelasan selengkapnya berikut ini.

Tips belajar speaking Bahasa Inggris


1. Belajar lebih banyak frasa bahasa inggris

Frasa Bahasa Inggris merupakan gabungan dari dua atau beberapa kata Bahasa Inggris yang mempunyai suatu makna tertentu. Mudahnya, frasa Bahasa Inggris juga bisa diartikan sebuah kalimat tertentu yang telah mempunyai arti.

Frasa Bahasa Inggris juga dibagi dalam beberapa jenis, jenis-jenis frasa Bahasa Inggris tersebut tidak perlu dipahami betul, karena yang terpenting adalah memahami arti frasanya, karena jika mengetahui artinya maka dapat menggunakan frasa Bahasa Inggris tersebut sesuai penempatannya.

Dengan mengetahui banyak frasa Bahasa Inggris akan sangat memudahkan untuk meningkatkan skill berbicara menggunakan Bahasa Inggris atau Speaking.

2. Cari partner belajar speaking Bahasa Inggris

Belajar speaking Bahasa Inggris akan sangat mudah dan efisien jika ada partner-nya. Sosok partner dalam belajar speaking Bahasa Inggris akan sangat membantu untuk meningkatkan skill berbicara menggunakan Bahasa Inggris.

Dengan adanya partner, praktek speaking Bahasa Inggris bisa dilakukan dengan mudah, partner bisa bertindak sebagai sosok pendengar maupun pembalas dalam bicara.

Partner yang lebih menguasai skill speaking Bahasa Inggris akan sangat bagus, karena bisa mengoreksi kalimat yang salah selama melakukan praktek speaking Bahasa Inggris.

3. Belajar speaking dengan perekam suara HP

Tidak bisa dipungkiri bahwa belajar skill berbicara Bahasa Inggris atau speaking membutuhkan sosok partner. Dengan adanya partner, belajar speaking akan sangat mudah karena bisa praktek langsung dengan partner tersebut.

Akan tetapi, ada solusi jika tidak ada partner speaking Bahasa Inggris. Perekam suara HP bisa dimanfaatkan untuk melakukan praktek speaking Bahasa Inggris jika tidak punya partner.

Merekam suara saat melakukan praktek speaking Bahasa Inggris menggunakan perekam suara HP bisa dicoba, dengan cara ini hasil praktek speaking Bahasa Inggris bisa dikoreksi secara pribadi. Cara ini juga cocok untuk pembelajaran speaking Bahasa Inggris yang malu jika melakukan praktek speaking dengan partner.

4. Dengarkan cara native speakers berbicara

Tips belajar speaking Bahasa Inggris yang keempat adalah mendengarkan cara native speakers berbicara. Native speakers adalah orang luar negeri yang menggunakan Bahasa Inggris sebagai bahasa sehari-harinya.

Cara berbicara native speaker bisa diperhatikan dan bisa ditiru, karena bagaimanapun juga sosok native speakers tahu betul bagaimana cara berbicara menggunakan Bahasa Inggris dengan baik dan benar.

Lantas bagaimana cara mendengarkan native speakers berbicara? Caranya cukup mudah, saat ini di era teknologi semua orang bisa mengakses YouTube, di dalam YouTube banyak sekali video belajar Bahasa Inggris yang disampaikan langsung oleh sosok native speakers, jika tidak suka cara tersebut bisa juga mendengarkan lagu dengan lirik Bahasa Inggris.

5. Segera praktek speaking Bahasa Inggris

Tips belajar speaking Bahasa Inggris terakhir adalah segera lakukan praktek. Belajar speaking Bahasa Inggris tidak bisa hanya dengan teori, harus dibutuhkan praktek yang konsisten dan bertahap. Semakin sering melakukan praktek speaking Bahasa Inggris maka skill berbicara menggunakan Bahasa Inggris akan meningkat.

Praktek speaking Bahasa Inggris akan sangat baik juga jika dilakukan sehari-hari. Pada awal melakukan praktek mungkin akan terkesan aneh, namun seiring berjalannya waktu mulut dan lidah akan terbiasa mengucapkan kata atau kalimat dalam Bahasa Inggris.

Jadi, jangan menunggu menguasai banyak kata atau frasa, segera praktek speaking Bahasa Inggris agar mendapatkan kata atau frasa baru yang belum diketahui.

Demikian beberapa tips belajar speaking Bahasa Inggris yang bisa dicoba siapa pun. Tip tersebut cocok untuk pembelajar Bahasa Inggris yang tidak punya waktu untuk mengikuti les.