Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Ampuh Atasi Hipertensi, Ini Dia Manfaat Buah Semangka Turunkan Tekanan Darah

Minggu, 09 Januari 2022 | 21:22 WIB Last Updated 2022-02-08T15:08:50Z
Daftar Isi [Tampilkan]
Manfaat Buah Semangka
Buah Semangka | Photo by Rens D on Unsplash

Populer24 - Memiliki tekanan darah tinggi tentunya merupakan hal yang tidak menyenangkan. Darah tinggi yang anda miliki dapat mengakibatkan berbagai komplikasi kesehatan pada tubuh anda seperti meningkatkan risiko terjadinya penyakit jantung, dan stroke. Selain itu tekanan darah tinggi atau dalam istilah medis disebut hipertensi ini juga dapat membahayakan nyawa anda hingga yang paling buruk dapat mengakibatkan kematian.

Penyebab seseorang memiliki darah tinggi disebabkan oleh dua jenis hipertensi yaitu hipertensi primer dan hipertensi sekunder. Hipertensi primer sering disebut juga sebagai hipertensi esensial, biasanya hipertensi jenis ini dapat dialami oleh semua kalangan usia tetapi paling sering terjadi pada usia paruh baya. Kebanyakan orang yang mengidap hipertensi jenis ini tidak akan merasakan gejala darah tinggi seperti kebanyakan. Namun para ahli menduga bahwa faktor genetik dan gaya hidup yang tidak sehat menjadi faktor utamanya seperti terlalu banyak mengonsumsi garam, sering stress, malas gerak, kelebihan berat badan atau obesitas, kebiasaan merokok, dan mengkonsumsi minuman keras yang berlebih. 

Sedangkan Hipertensi Sekunder lebih disebabkan kepada masalah medis yang sudah lebih dulu menyerang tubuh anda sebelumnya seperti Sleep Apnea, Masalah Ginjal, Tumor pada kelenjar adrenal, gangguan tiroid, dan riwayat diabetes. Selain itu penggunaan obat-obatan tertentu juga menjadi penyebab terjadinya hipertensi sekunder ini. 

Maka dari itu anda yang memiliki riwayat darah tinggi sangat memerlukan makanan yang dapat menurunkan tekanan darah tinggi anda agar tidak membahayakan kesehatan anda kedepannya. di jaman sekarang tidak sulit tentunya mencari makanan yang dapat menurunkan tekanan darah dalam tubuh anda. Contohnya buah semangka yang sering anda temui di pasar, toko buah, atau supermarket, ternyata memiliki khasiat yang dapat menurunkan tekanan darah loh. Selain memiliki rasa yang manis, buah semangka juga bisa menjadi buah penghilang dahaga di musim panas seperti sekarang ini, karena memiliki sensasi menyegarkan tubuh saat dikonsumsi.

Dalam sebuah penelitian yang dilakukan di Florida State University menjelaskan bahwa memakan buah semangka secara rutin setiap harinya dapat dengan cepat menurunkan tekanan darah tinggi yang anda derita.

Spesialis gizi klinik bernama dr.Diana F. Suganda, SpGK dalam tayangan Hidup Sehat di tvOne pada senin 3 Januari 2022, bahkan menyebutkan bahwa buah semangka dapat menurunkan tekanan darah tinggi merupakan sebuah fakta dan bukan mitos belaka. Menurutnya buah semangka memiliki kandungan nutrisi didalamnya seperti salah satunya mineral kalium. Dimana kalium yang terkandung dalam buah semangka mempunya sifat melebarkan pembuluh darah untuk fase dilatasi. Sehingga pembuluh darah akan melebar yang menyebabkan darah pun kemudian bisa menurun. 

Namun kendati demikian dokter Diana juga memperingatkan bahwa mengkonsumsi buah semangka tiap hari saja tidak cukup dijadikan pengobatan tunggal untuk menurunkan tekanan darah tinggi saja, tetapi harus dibarengi juga dengan penggunaan obat yang terkontrol dan pola makan yang baik dan sehat.

Kemudian dokter Diana Pun memberikan contoh bagaimana memanfaatkan buah semangka sebagai bahan untuk dijadikan senjata penurun tekanan darah tinggi yang anda miliki yaitu dengan memakan buah semangka dengan cara dipotong-potong kira-kira satu slice, kemudian anda bisa memakannya dua slice setiap harinya.

Selain dapat menurunkan tekanan darah tinggi buah semangka ternyata juga memiliki berbagai khasiat lainnya untuk tubuh manusia loh diantaranya yaitu dapat mencukupi kebutuhan cairan tubuh, dapat melancarkan proses pencernaan, dapat mengurangi proses peradangan, dapat mengurangi nyeri otot, meningkatkan performa saat berolahraga, dapat menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah, dan dapat mencegah kanker.

Beberapa manfaat diatas tentunya diduga karena kandungan citrulline yang terdapat dalam buah semangka yang memiliki fungsi sebagai antioksidan. Citrulline merupakan asam amino atau komponen pembentuk protein  yang dapat kita temukan dalam sebuah makanan dan dapat diproduksi secara alami oleh tubuh manusia. Kandungan citrulline yang terdapat dalam buah semangka memiliki jumlah yang tidak sama, hal ini tergantung dari cara budidaya buah semangka tersebut.