Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Spektakuler! Ini Dia Fakta Unik Yang Ada di Seluruh Dunia

Sabtu, 15 Januari 2022 | 11:35 WIB Last Updated 2022-02-08T15:08:49Z
Daftar Isi [Tampilkan]
Spektakuler! Ini Dia Fakta Unik Yang Ada di Seluruh Dunia
Peta Dunia | Foto : Instagram @bisasempurna46


Populer24 - Dunia menyimpan segudang misteri yang belum terpecahkan.  Bagaimana tidak, pada usianya yang telah menginjak 4,54 miliar tahun tentu banyak hal yang terjadi pada bumi, mulai dari hal kecil hingga spektakuler sekalipun. Hal senada juga berlaku bagi negara-negara yang menghuni bumi. Setiap negara tentu mempunyai fakta yang menarik untuk diulas lebih dalam. 

Penasaran apa saja fakta menarik yang terdapat di sejumlah negara? Berikut jawabannya!


1. Rel Kerita Api di China Jika disatukan dapat mengelilingi bumi sebanyak 2x

Tahukah anda, bahwa rel kereta api yang ada di China jika disatukan mampu mengelilingi bumi sebanyak dua kali? Fakta ini cukup mencengangkan, mengingat luas permukaan bumi yang mencapai 510,1 juta km. Di sisi lain, China juga memiliki fakta menarik berikutnya. Meskipun China sangat luas yakni 9,5 juta km, negara ini hanya memiliki satu zona waktu.

2. Ethiopia, wisata menembus waktu 

Jika anda ingin melakukan perjalanan wisata menembus waktu, Ethiopia adalah destinasi yang cocok untuk dikunjungi! Pasalnya, mereka mempunyai kalender yang terdiri dari 13 bulan. Uniknya lagi, kalender milik Ethiopia delapan tahun lebih lambat dibandingkan kalender-kalender lain yang ada di dunia! Artinya, ketika detik ini kita memasuki tahun 2022, masyarakat di Ethiopia baru saja memasuki tahun 2014. 

3. Mata uang Kanada yang unik

Selain terkenal oleh pemandangan alamnya yang indah, Kanada juga menyimpan fakta menarik. Mata uang yang dimiliki Kanada tak mudah terbakar, sobek ataupun basah. Mengapa demikian? Mata uang tersebut dilapisi oleh plastik untuk mengantisipasi hal-hal buruk terjadi. Selain itu, mata uang Kanada terdiri dari beragam warna, seperti biru, ungu, merah dan kuning. Wah, hampir mirip dengan mata uang Indonesia, ya

4. Finlandia, Matahari tak terbit selama 51 hari

Bisakah anda bayangkan, bagaimana jika matahari tak terbit hanya dalam sehari saja? Atau justru, matahari secara terus menerus menyinari bumi tanpa berkesudahan? Tentu hal tersebut menjadi mimpi buruk. Namun, kejadian tersebut sungguh terjadi di Finlandia. Kurang lebih seperempat wilayah Finlandia terletak dalam sebuah lingkaran tertentu , yang mana pada wilayah matahari tak terbit selama 51 hari. Tak hanya itu, matahari juga tak tenggelam selama 73 hari pada musim dingin.

5. Kamboja tak pernah merayakan ulang tahun

Di saat orang lain sangat menanti-nantikan hari kelahirannya dengan sejumlah perayaan, penduduk Kamboja justru tak pernah merayakan ulang tahunnya sama sekali. Hal tersebut dikarenakan mereka tak mengetahui tanggal lahir mereka sendiri .

6. Keunikan gedung di Yerevan

Mayoritas gedung-gedung yang terdapat di Yerevan ibukota Armenia berwarna merah muda. Uniknya, hal tersebut bukan karena campur tangan cat. Melainkan, berasal dari abu vulkanik yang berwarna merah yang digunakan sebagai bahan bangunannya.

7. Fakta unik Rafflesia Arnoldi

Siapa yang tak asing lagi dengan Rafflesia Arnoldi? Yaps, bunga yang juga dikenal dengan sebutan Bunga Bangkai ini ditemukan di Indonesia dan memiliki aroma yang menusuk dan tak sedap. Bunga Bangkai memiliki berat yang mencapai 7 kg dan tumbuh hingga berdiameter satu meter.

8. Tanah api yang tak pernah padam

Lumpur Lapindo yang berada Sidoarjo sempat meresahkan warga. Hal serupa terjadi di Azerbaijan. Terdapat tanah api yang telah menyala selama ribuan tahun. Uniknya, tanah api tersebut tidak pernah padam meskipun terkena salju, hujan, atau angin. Konon, penduduk terdahulu Azerbaijan juga memuja api tersebut.

9. Melanbaikan tangan di Yunani di anggap kasar

 Ketika kita melihat rekan sejawat melintas, tentu kita akan melambaikan tangan. Namun, jangan sekali-kali melakukan hal tersebut di Yunani! Sebab, melambaikan tangan di Yunani dianggap kasar. Anda dianjurkan untuk menyapa dengan telapak tangan mengepal . Adapun tradisi unik lainnya ialah penduduk Yunani yang meludahi orang lain dengan tujuan untuk melindungi orang tersebut dari roh jahat. So, jangan tersinggung ya, jika sewaktu

10. Orang Terpendek di Dunia ada di Indonesia

Setiap orang tentu memiliki tinggi badan yang berbeda-beda. Faktanya, beberapa orang terpendek di dunia berada di Indonesia loh! Dilansir melalui The Telegraph, Indonesia merupakan negara yang mempunyai beberapa orang terpendek di dunia. Rata-rata orang dewasa memiliki tinggi sekitar lima kaki. Bukti ini diperkuat oleh data dari Pikiran Rakyat, yang menyebutkan bahwa pria Indonesia rata-rata memiliki tinggi badan 1,66 meter, sementara wanita Indonesia memiliki rata-rata tinggi badan 1,54 meter. 

11. Tempat Terpanjang didunia

Anda tentu pernah mengalami kejadian yang tidak menyenangkan, seperti tersesat ketika hendak mengunjungi destinasi wisata sebab nama lokasi yang terlalu sulit? Bagaimana jika anda mengunjungi salah satu tempat dengan nama terpanjang berikut ini. Berdasarkan World Atlas, tempat terpanjang di dunia dipegang oleh bukit TaumataWhakatangihanga-koauautamateaturipukakapikimaung-ahoronukupokaiwhenuakitanatahu. Tempat ini berlokasi di Selandia Baru dan terdiri dari 85 huruf. Nama tersebut berasal dari bahasa Maori. Bukit ini memiliki tinggi 305 meter. Eits jangan khawatir, bukit ini punya nama singkatan kok untuk mempermudah anda dalam melafalkannya, yaitu Taumata. Arti dari nama bukit ini adalah “the place where Tamatea, the man who had big knees, the climber of mountains, the slider, the land-swallower that traveled about, played the nose flute that he had to the loved ones.”  

Tak jarang, kita kerap kali menemukan sebuah fakta yang terdengar aneh, mencengangkan dan tidak mungkin. Namun, keberadaan fakta-fakta tersebut justru membuat dunia ini menjadi tempat yang asyik, menarik dan selalu membuat kita semua berdecak kagum. Di antara banyak fakta tersebut, mana yang paling menarik menurutmu?