Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Gempa Bumi Guncang Banten Hingga Jakarta, Begini Kata BMKG

Sabtu, 15 Januari 2022 | 11:56 WIB Last Updated 2022-01-29T05:50:04Z
Daftar Isi [Tampilkan]
Gempa Bumi Guncang Banten
Gempa Bumi Guncang Banten | Foto: inatews.bmkg.go.id

Populer24 - Gempa bumi baru-baru ini menggetarkan beberapa wilayah barat Pulau Jawa seperti Bogor, Bekasi, Jakarta, Cianjur, hingga Tangerang.

Bahkan gempa bumi yang mengguncang beberapa wilayah barat di Pulau Jawa tersebut terasa hingga wilayah pulau Sumatera tepatnya di Lampung.

Terkait adanya gempa bumi yang mengguncang beberapa daerah itu, pihak Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika atau BMKG melaporkan bahwa gempa bumi tersebut bersumber dari Sumur, Banten. Tepatnya berada di titik koordinat 7,01 Lintang Selatan dan 105,26 Bujur Timur.
Dikabarkan bahwa gempa bumi yang mengguncang beberapa wilayah tersebut mempunyai kekuatan 6,7 magnitudo.

Selain itu, BMKG juga menginformasikan bahwa gempa bumi yang berpusat dari Sumur, Banten tersebut tidak berpotensi mendatangkan tsunami.

Peta Goncangan | inatews.bmkg.go.id

"#Gempa Mag:6.7, 14-Jan-22 16:05:41 WIB, Lok:7.01 LS,105.26 BT (52 km Barat Daya SUMUR-BANTEN), Kedalaman:10 Km, tdk berpotensi tsunami #BMKG." Tulis laporan BMKG melalui akun Twitter resminya pada 14 Januari 2022.

Akibat guncangan dari gempa bumi tersebut, ada beberapa rumah yang berada di Kecamatan Sumur di Kabupaten Pandeglang mengalami kerusakan. Kerusakan di rumah tersebut terjadi di bagian teras rumah hingga atap rumah.

Sementara di DKI Jakarta, beberapa orang di dalam gedung dan tempat perbelanjaan juga langsung keluar ke ruang terbuka dikarenakan merasakan guncangan gempa bumi yang bersumber dari Banten tersebut. Bahkan di wilayah Kemang DKI Jakarta dikabarkan merasakan guncangan gempa bumi tersebut dalam durasi hingga 1 menit. Sementara di Lampung Barat, guncangan gempa bumi itu dirasakan dalam kurun waktu 2-3 detik.

Menurut keterangan dari pihak BPBD dari berbagai daerah seperti BPBD Kabupaten Pandeglang, BPBD Provinsi DKI Jakarta, hingga BPBD Kabupaten Lampung Barat sedang melakukan pengkajian terkait gempa tersebut.

Sedangkan untuk korban jiwa, belum ada laporan terkait adanya korban jiwa akibat adanya gempa bumi tersebut.

Berikut ini beberapa hal yang harus dilakukan apabila terjadi atau merasakan guncangan gempa bumi:
1. Segera keluar jika berada di dalam ruangan atau bangunan tinggi
2. Segera tempatkan diri di ruang terbuka atau lapangan
3. Jauhi pantai karena kemungkinan berpotensi datang tsunami
4. Jauhi daerah pegunungan karena berpotensi terjadi longsor
5. Selalu berkomunikasi dengan pihak-pihak berwajib apabila gempa bumi terjadi parah

Sumber Berita: BNPB