Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Mengejutkan! Asteroid Sebesar Bus Dikabarkan Mendekati Bumi Januari Tahun 2022 Ini

Selasa, 04 Januari 2022 | 14:55 WIB Last Updated 2022-01-29T05:50:22Z
Daftar Isi [Tampilkan]
Asteroid Sebesar Bus Dikabarkan Mendekati Bumi Januari Tahun 2022 Ini
Ilustrasi Asteroid | Background photo created by kjpargeter - freepik.com

Populer24 - Misteri alam semesta khususnya dunia luar angkasa memang menjadi sesuatu yang menarik untuk diperbincangkan. Sistem tata surya kita tidak hanya terdiri dari matahari, planet-planet, bintang, dan bulan. Sesungguhnya masih banyak benda-benda asing yang yang melayang di luar angkasa yang dapat mengancam kehidupan kita manusia di planet bumi seperti asteroid, meteorit, dan meteoroid.

Salah satu benda langit yang dikabarkan sedang mendekat ke arah bumi di awal tahun 2022 yaitu Asteroid. Menurut Haris Danial dan Ismiyati Ani dalam bukunya yang berjudul “Bumi Kita Dalam Tata Surya”, Asteroid merupakan sisa-sisa logam dan bongkahan batu bekas pembentukan tata surya. Asteroid memiliki ukuran yang tidak beraturan.

Asteroid yang dikabarkan memiliki ukuran sebesar Bus ini bernama 2014 YE15. Asteroid ini diprediksi akan mendekati bumi dengan jarak dekatnya pada minggu pertama tahun 2022 ini. Namun kabarnya Asteroid yang membentang sekitar 42 kaki atau sekitar 12 meter kemungkinan hanya sebatas melewati planet bumi saja.

Dilansir dari Inverse asteroid 2014 YE15 memiliki ukuran yang relatif lebih kecil dibandingkan dengan Asteroid lainnya yang sering mengunjungi Bumi sebelumnya. Bila digambarkan dengan besarnya kendaraan Asteroid 2014 YE15 ini memiliki ukuran sebesar BUS. Sedangkan bila digambarkan dengan ukuran hewan, Asteroid ini diperkirakan memiliki ukuran kira-kira dua kali lebih tinggi dari binatang yang memiliki leher panjang atau biasa yang kita kenal sebagai Jerapah.

Pendekatan terdekat Asteroid 2014 YE15 dengan Bumi diperkirakan pada tanggal  6 Januari 2021. Sedangkan jarak terdekatnya dengan Bumi yaitu 4.600.000 mill atau sekitar 19 kali antara jarak Bumi dan Jarak Bulan yaitu sejauh 239.000 mill.

Diketahui Asteroid 2014 YE15 pertama kali diidentifikasi oleh Mt. Lemmon Observatory, Amerika Serikat, selama melakukan survey beberapa objek yang memiliki jarak dekat dengan bumi pada tahun 2014 menurut Minor Planet Center. Asteroid YE15 in merupakan golongan dari kelompok yang dikenal sebagai Asteroid Aten yaitu sebuah Asteroid yang mengorbit Matahari antara Bumi dan Merkerius. Asteroid YE15 ditemukan selang dua hari sebelum berada pada jarak tiga kali Bumi dan Bulan yaitu pada tanggal 28 Desember di tahun yang sama.

Badan Penerbangan dan Antariksa Amerika Serikat atau NASA telah menghitung kemungkinan tumbukan sebuah asteroid dengan Bumi yang telah dikumpulkan ke dalam daftar Asteroid yang mengelilingi tata surya untuk masing-masing Asteroid selama 100 tahun ke depan.

Menurut NASA Asteroid yang memiliki jarak 4,6 juta mil dan lebih besar sekitar 150 meter, maka dianggap sebuah objek yang memiliki potensi berbahaya bagi bumi. Namun ukuran Asteroid 2014 YE15 tidak dianggap sebagai objek yang dapat membahayakan Bumi dan melihat jaraknya dari Bumi seperti sekarang ini tidak menjadi ancaman untuk planet kita kedepannya.

Oleh: Devi Novitasari