Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Matahari Kalah Saing, 7 Bintang Ini Memiliki Ukuran Super Raksasa Di Alam Semesta Kita

Jumat, 14 Januari 2022 | 15:15 WIB Last Updated 2022-03-03T07:55:15Z
Daftar Isi [Tampilkan]
Matahari Kalah Saing, 7 Bintang Ini Memiliki Ukuran Super Raksasa Di Alam Semesta Kita
Ilustrasi Bintang-Bintang di Langit Malam | Photo by: pinterest.com

Populer24 - Bintang merupakan benda langit yang terang dan bersinar memancarkan cahaya di langit saat malam hari. Namun perlu kamu tahu bahwa sejatinya bintang adalah benda luar angkasa yang dapat menghasilkan cahaya sendiri layaknya matahari yang setiap hari bisa kita lihat di siang hari. Matahari juga merupakan salah satu milyaran bahkan triliunan bintang di alam semesta yang luas ini.

Seperti yang kita ketahui bahwa matahari adalah bintang paling besar di tata surya kita. Diameter matahari bahkan 1.392.684 kilometer atau 109 kali dari pada diameter bumi. Luas permukan matahari pun mencapai 11.990 kali dari pada luas bumi. Dari gambaran inilah kemudian bisa kita simpulkan bahwa matahari memiliki bentuk yang sangat besar melebihi planet bumi yang kita pijak ini. Namun jangan salah loh, ternyata di alam semesta ini masih ada banyak bintang –bintang yang bentuknya jauh lebih besar dibandingkan dengan matahari loh. 

Lalu bintang apa sajakah yang memiliki bentuk lebih besar dari pada matahari? Berikut ini 7 bintang paling besar yang ada di Tata Surya kita.


Bintang VY Canis Majoris


Bintang pertama di alam semesta ini yang memiliki ukuran paling besar melebihi matahari adalah Bintang Vy Canis Majoris. Bintang yang memiliki ukuran 2.000 kali lebih besar dibandingkan dengan matahari inipun merupakan bintang hyper raksasa yang berada di rasi Canis Majoris. Jarak Bintang VY Canis Majoris ini terhadap bumi diperkirakan mencapai 4.900 tahun cahaya. Saking besarnya bintang Vy Canis Majoris jika ditempatkan di matahari kita maka akan mencapai orbit planet Saturnus.

Bintang VV Cephei A


Bintang selanjutnya yang memiliki ukuran besar melebihi matahari adalah bintang VV Cephei A.  Bintang ini merupakan bintang raksasa yang terletak di rasi Cepheus dan tercatat sebagai bintang kedua terbesar di alam semesta yang diketahui hingga sekarang ini. Jarak bintang ini terhadap bumi mencapai 5.000 tahun cahaya. Ukuran bintang inipun diperkirakan 1.600 – 1.900 kali jauh lebih besar dibandingkan dengan ukuran matahari. 

Bintang Mu Cephei


Bintang Mu Cephei merupakan bintang ketiga yang memiliki ukuran terbesar di alam semesta ini. Bintang ini diketahui memiliki cahaya yang paling terang di Galaksi Bima Sakti. Jarak bintang ini terhadap Bumi diperkirakan mencapai 6.000 tahun cahaya dan 38.000 kali jauh lebih terang dibandingkan dengan matahari. Besar radius bintang ini terhadap matahari sekitar 1.420 kali dari radius matahari. 

Bintang Antares


Bintang terbesar selanjutnya melebihi besarnya matahari yaitu Bintang Antares. Diketahui Bintang Antares merupakan bintang terbesar keempat yang terbesar di alam semesta ini. Bintang Antares berlokasi di Rasi Scorpius dan merupakan bintang yang paling terang dalam rasi ini. Jarak Bintang Antares ke Bumi yaitu mencapai 550 tahun cahaya. Terang bintang antares mencapai 57.500 kali jauh lebih terang dibandingkan dengan terangnya matahari. Saking besarnya Antares memiliki 850 lebih besar dibandingkan dengan matahari. 

Bintang 5Betelgeuse


Bintang 5Betelgeuse merupakan bintang kelima terbesar yang diketahui berada di alam semesta ini. Bintang ini merupakan bintang yang paling terang dalam Rasi Sirius. Jarak Bintang 5Betelgeuse dari bumi diperkirakan mencapai 640 tahun cahaya. Bintang 5Betelgeuse memiliki ukuran 700 kali lebih besar dari matahari. Namun sayangnya bintang ini diperkirakan hanya memiliki umur yang pendek.

Bintang Rigel


Bintang Rigel atau bintang yang paling terang di Rasi Orion ini salah satu bintang yang memiliki tingkat keterangan paling bisa dilihat dari bumi pada malam hari. Saking terangnya Bintang Rigel memiliki tingkat keterangan mencapai 12.000 kali lebih terang dibandingkan dengan matahari. 860 Tahun cahaya yang diperlukan bintang Rigel untuk menuju Bumi. Bintang ini memiliki ukuran 78 kali lebih besar dari pada ukuran matahari.

Bintang Aldebaran


Kata Aldebaran mungkin sudah tidak asing ditelinga para warganet yah. Karena nama Aldebaran kini sedang banyak dibicarakan seiring meledaknya sinetron yang sedang merajai dunia pertelevisian di Indonesia. Eitss…..tapi jangan salah Aldebaran yang ini merupakan sebuah bintang di luar angkasa yang berukuran raksasa dengan warnanya yang orange dan memiliki jarak 65 tahun cahaya dari Bumi. Bintang Aldebaran memiliki suhu permukaan yang sangat panas hingga mencapai 3.910 K dan keterangannya mencapai 425 kali lebih terang daripada matahari yang sering kita lihat. Bintang raksasa ini tentunya memiliki ukuran 44,2 kali jauh lebih besar dibandingkan dengan Matahari. 

Nah itu dia 7 bintang raksasa yang ada di alam semesta kita dimana ukurannya lebih besar dari pada ukuran matahari yah. Semoga penjelasan mengenai pembahasan diatas dapat bermanfaat dan pengetahuan baru bagi yang membacanya.

Oleh: Devi Novitasari

Sumber Berita:
eksis.smpn1baturetno.sch.id