Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Manfaat Air Kelapa untuk Kesehatan Tubuh, Cocok untuk Diet!

Selasa, 11 Januari 2022 | 14:01 WIB Last Updated 2022-02-08T15:08:49Z
Daftar Isi [Tampilkan]
Manfaat Air Kelapa untuk Kesehatan Tubuh, Cocok untuk Diet!
Air Kelapa | Photo by Tijana Drndarski on Unsplash

Populer24 - Manfaat air kelapa untuk kesehatan tubuh memang beraneka ragam. Air kelapa juga kerap dijumpai dengan mudah terutama di Indonesia. Mulai dari pasar hingga warung makanan di Indonesia menjual air kelapa, baik yang murni maupun yang telah ditambah es atau bahan lain. Harga jual air kelapa di pasar Indonesia juga terjangkau, sehingga semua kalangan yang mempunyai uang cukup dapat membeli air kelapa untuk diminum.

Sebagian masyarakat Indonesia juga diketahui suka mengonsumsi air kelapa. Selain segar, air kelapa juga mempunyai rasa manis yang khas. Minum air kelapa sangat cocok jika dilakukan pada musim atau cuaca panas, serta pada saat melakukan perjalanan jauh. Hal ini dikarenakan air kelapa dapat menjaga hidrasi atau mencegah dehidrasi tubuh.

Selain dapat mencegah dehidrasi di dalam tubuh dan membuat tubuh terasa lebih segar, ada juga beberapa manfaat air kelapa lainnya yang tentunya harus kamu tahu, berikut ini rangkumannya sebagaimana dikutip dari laman Health Cleveland Clinic dan laman Medical News Today.

Manfaat air kelapa untuk kesehatan


1. Air kelapa dapat menyumbang elektrolit alami untuk tubuh

Pada air kelapa diketahui mengandung elektrolit alami. Elektrolit adalah zat yang dapat larut maupun terurai dalam cairan tubuh, elektrolit bisa bermuatan negatif maupun positif.

Elektrolit yang terkandung di dalam air kelapa di antaranya kalium, natrium, serta magnesium.
Dilansir dari Medical News Today, elektrolit kalium yang terdapat di dalam air kelapa mempunyai manfaat bagsu untuk tubuh, khususnya membantu fungsi otot dan ginjal.

2. Air kelapa dapat mencegah dehidrasi tubuh

Kedua, manfaat air kelapa lainnya adalah dapat mencegah terjadinya dehidrasi dalam tubuh. Dilansir dari laman Cleveland Clinic, seorang ahli diet bernama Maxine Smith, RDN, LD mengabarkan bahwa air kelapa dapat mencegah terjadinya dehidrasi.

Maxine Smith, RDN, LD menyebut elektrolit dalam air kelapa dapat membantu mencegah terjadinya dehidrasi.

"Karena elektrolit, beberapa penelitian menunjukkan bahwa itu (elektrolit dalam air kelapa) bisa membantu hidrasi yang secara khusus terkait dengan olahraga," jelas Maxine Smith, RDN, LD dikutip dari Cleveland Clinic.

Akan tetapi, Maxine Smith, RDN, LD menyatakan penelitian yang menyebut air kelapa dapat membantu mencegah dehidrasi tersebut menggunakan air kelapa yang kaya akan natrium.

3. Air kelapa mengandung antioksidan yang baik untuk kesehatan tubuh

Air kelapa juga diketahui mengandung antioksidan yang bagus untuk kesehatan tubuh manusia. Antioksidan yang terkandung di dalam air kelapa bisa membantu untuk mengurangi stress oksidatif dan mencegah paparan radikal bebas.

Dengan manfaat khusus antioksidan yang terkandung di dalam air kelapa tersebut, air kelapa baik untuk diminum di masa pandemi saat ini untuk menjaga kesehatan dan kekebalan tubuh.

Selain penelitian pada manusia, menurut penelitian pada tahun 2016, manfaat antioksidan di dalam air kelapa juga membantu untuk mengurangi penanda kolesterol pada hewan tikus.

4. Air kelapa membuat kulit lebih sehat

Manfaat air kelapa yang keempat adalah dapat membantu menyehatkan kulit. Kandungan sifat anti mikroba di dalam air kelapa disebut bisa membantu mengurangi jerawat pada wajah.

Dilansir dari Medical News Today, penelitian tahun 2017 menyebut bahwa mengoleskan air kelapa ke kulit bisa berguna untuk mengobati jerawat.

Selain itu, penelitian lain juga menyebut bahwa mengkonsumsi air kelapa dapat mengurangi tanda-tanda penuaan, akan tetapi penelitian ini disebut memerlukan pendalaman.

5. Air kelapa dapat mencegah batu ginjal

Manfaat air kelapa yang luar biasa adalah dapat membantu mencegah penyakit batu ginjal. Menurut Maxine Smith, RDN, LD, agar terhindar dari penyakit batu ginjal adalah menghindari dehidrasi dalam tubuh.

Dan seperti yang dijelaskan di atas bahwa air kelapa dapat membantu mencegah dehidrasi sehingga berkaitan juga dengan mencegah batu ginjal.

Dilansir dari Cleveland Clinic, penelitian yang diterbitkan tahun 2018 menyebut air kelapa dapat meningkatkan kalium, sitrat, dan klorida dalam urin.

6. Air kelapa dapat membantu menurunkan berat badan

Air kelapa juga ternyata bermanfaat untuk menurunkan berat badan. Karena rasa manisnya yang khas dan alami, air kelapa dapat dijadikan sebagai pengganti minuman manis kemasan sehingga cocok untuk orang yang sedang melakukan diet atau menurunkan badan.
Menurut Maxine Smith, RDN, LD, air kelapa diketahui rendah kalori sehingga cocok untuk dikonsumsi saat diet.

"Air kelapa mempunyai sekira 40 hingga 60 kalori dalam 8 ons – sekitar 1/2 dari jus jeruk," ujar Maxime Smith.

"Jika Anda menikmati rasanya (air kelapa), itu bisa menjadi bagian dari diet sehat," lanjut Maxime Smith.

Itulah beberapa manfaat air kelapa untuk kesehatan. Banyak manfaat yang didapat dengan minum air kelapa. Orang yang tengah melakukan diet juga cocok untuk mengkonsumsinya.