Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Fakta Menarik Bunga Tulip Selain Warna-warni

Sabtu, 15 Januari 2022 | 22:30 WIB Last Updated 2022-03-03T07:50:52Z
Daftar Isi [Tampilkan]
Fakta Menarik Bunga Tulip Selain Warna-warni
Bunga Tulip | Photo by Yulia Polyakova

Populer24 - Simak berbagai fakta menarik bunga Tulip di penjelasan berikut ini. Selain mempunyai warna yang beraneka ragam, bunga Tulip juga mempunyai fakta unik yang harus diketahui.

Bunga Tulip kerap dijumpai di negara Turki dan Belanda. Bunga Tulip bisa ditanam di pekarangan, perkebunan, ladang, serta bisa juga ditanam di pot agar bisa diletakkan di dalam rumah.

Bunga Tulip mempunyai berbagai macam warna sehingga siapapun yang memandangnya akan kagum. Bunga tulip juga bisa dijadikan objek foto yang menarik.

Bunga Tulip juga diketahui mempunyai beberapa fakta menarik dan unik seperti bisa dimakan, punya banyak varietas dan spesies hingga pernah dijual dengan harga yang sangat mahal. Ketahui fakta menarik bunga Tulip berikut ini.

Fakta menarik bunga Tulip


1. Bunga Tulip mempunyai banyak sekali varietas


Fakta menarik bunga Tulip yang pertama adalah bunga Tulip mempunyai banyak varietas, diketahui bahwa bunga Tulip mempunyai varietas hingga angka 3.000.

Sebanyak 3.000 varietas tersebut merupakan varietas bunga Tulip yang tumbuh secara alami maupun varietas bunga Tulip yang dibudidayakan secara genetik.

Diketahui juga bahwa dari jumlah 3.000 varietas tersebut, spesies bunga Tulip terbagi menjadi 150 spesies.

2. Negara Belanda dikenal sebagai pengekspor bunga Tulip terbesar di dunia


Bunga Tulip banyak diproduksi atau ditanam di negara Belanda, dan diketahui juga bahwa Belanda disebut sebagai negara yang mengekspor bunga Tulip terbesar di dunia.

Bunga Tulip ditanam di Belanda untuk diekspor, tercatat pada setiap tahunnya Belanda hampir mengekspor sekira 3 miliar umbi bunga Tulip ke berbagai belahan dunia.

Pada suatu waktu, Belanda juga mencatat bahwa bunga Tulip menjadi produk keempat yang paling banyak diekspor negaranya setelah herring, gin, dan keju.

3. Harga Bunga Tulip pernah sangat mahal hingga setara dengan harga satu rumah


Dikutip dari laman Better Homes and Garden, harga bunga Tulip di negara Belanda pada sekitar tahun 1600-an sangat mahal, bahkan karena harga yang sangat mahal tersebut bunga Tulip disebut sebagai produk yang menyebabkan kekacauan ekonomi pada tahun 1637.

Pada tahun-tahun tersebut banyak orang Belanda yang menganggap bunga Tulip sebagai produk yang sangat berharga, bahkan sampai muncul kelompok yang bernama Tulip Mania di mana kelompok tersebut sangat menggandrungi bunga Tulip di Belanda.

Pada periode tersebut, harga bunga Tulip bahkan ditaksir sama mahalnya dengan harga rumah pada waktu itu.

4. Bunga Tulip ternyata bukan berasal dari negara Belanda


Fakta menarik bunga Tulip selanjutnya adalah bunga Tulip bukan berasal dari negara Belanda. Meskipun Belanda tercatat sebagai negara yang mengekspor bunga Tulip terbesar di dunia, Belanda bukanlah tempat asal bunga Tulip.

Bunga Tulip pada dasarnya berasal dari kawasan Asia Tengah kemudian di bawah ke negara Turki, itulah sebabnya kenapa di negara Turki juga banyak ditemui bunga Tulip.

Bunga Tulip hadir di negara Belanda pada tahun 1560 usai Turki mengirimnya bunga Tulip ke Belanda. Jadi asal muasal bunga Tulip bukan dari Belanda meskipun negara Belanda banyak menanam bunga tersebut.

5. Bunga Tulip ternyata bisa dimakan


Fakta menarik bunga Tulip yang ke 5 adalah bunga Tulip ternyata dapat dimakan atau dikonsumsi. Hal ini dikarenakan bunga Tulip masih bagian dari keluarga lily, di mana bawang putih, asparagus dan bawang merah juga termasuk keluarga lily, sehingga bunga tulip juga bisa dimakan.

Kelopak bunga Tulip juga kabarnya bisa dijadikan pengganti bawang merah dan anggur. Selain itu, bunga Tulip juga diketahui dikonsumsi pada saat terjadi perang dunia ke 2.

Pada perang dunia ke 2 Belanda mengalami masa kelaparan, dan bunga Tulip dimanfaatkan untuk dimakan pada masa itu.

6. Setiap warna bunga Tulip mempunyai arti tersendiri


Bunga Tulip diketahui mempunyai banyak warna. Bunga Tulip identik dengan warna-warni, dan perlu diketahui bahwa setiap warna bunga Tulip mempunyai makna atau arti tersendiri.

Contohnya saja bunga Tulip warna merah melambangkan cinta sejati, bunga Tulip warna ungu melambangkan kerajaan atau royalti, dan bunga Tulip warna putih melambangkan maaf.

Akan tetapi pada umumnya, bunga Tulip disimbolkan sebagai bentuk cinta dan datangnya musim semi.

7. Bunga Tulip buatan banyak dijual di Indonesia


Bunga Tulip buatan banyak dijual di Indonesia, bisa didapatkan di marketplace Indonesia. Beberapa bunga Tulip yang ditawarkan di marketplace tersebut tersedia dalam berbagai macam warna.

Harga yang ditawarkan untuk bunga Tulip buatan berbagai macam mulai harga ribuan hingga puluhan ribu rupiah.

Kelebihan bunga Tulip buatan ini adalah tidak perlu merawatnya, namun bisa memberikan efek keindahan di dalam ruangan.

Itulah beberapa fakta menarik bunga Tulip yang perlu diketahui, ternyata selain warnanya yang berbagai macam, bunga Tulip juga mempunyai hal-hal menarik lain.


Ditulis Oleh : Risco Ferdian
Editor : Sophia Wardhani