Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Fakta Menarik Turki, Negara di Dua Benua dengan Nuansa Islami

Selasa, 18 Januari 2022 | 09:50 WIB Last Updated 2022-03-03T07:40:40Z
Daftar Isi [Tampilkan]
Fakta Menarik Turki, Negara di Dua Benua dengan Nuansa Islami
Cappadocia Turkey | Photo by Adil

Populer24 - Turki merupakan negara yang terletak di dua benua, selain itu juga masih banyak yang salah kaprah tentang ibu kota Turki, oleh karena itu simak fakta menarik Turki berikut ini.

Sebagian orang Indonesia menganggap Turki merupakan tempat yang cocok untuk dikunjungi dan tempat yang cocok pula untuk menuntut ilmu, hal itu dibuktikan dengan banyaknya mahasiswa dan mahasiswi asal Indonesia melanjutkan pendidikan kuliah mereka di Turki.

Di mata orang Indonesia, Turki merupakan negara yang menarik. Selain karena cerita sejarahnya, nuansa Islami berbalut nuansa Eropa di Turki juga kerap memanjakan siapa saja yang datang ke sana.

Agar kamu lebih mengenal negara Turki, simak beberapa fakta menarik Turki sebagaimana dikutip dari laman Budget Air dan Culture Trip berikut ini.

Fakta Menarik Turki


1. Turki merupakan negara Eurasia


Fakta menarik Turki yang pertama adalah Turki merupakan negara Eurasia atau negara yang letaknya berada di benua Asia dan benua Eropa. Turki memang diketahui sebagai negara lintas benua, sebagian wilayahnya ada di benua Asia dan sebagian lain ada di wilayah benua Eropa.

Diketahui bahwa 95% wilayah negara Turki berada di dalam kawasan benua Asia, sementara sisanya 5% berada di dalam kawasan benua Eropa. Diketahui bahwa daratan Turki yang termasuk wilayah benua Asia seperti Anatolia, sementara daratan Turki yang termasuk ke dalam wilayah Eropa seperti kota Istanbul.

Kota Istanbul di Turki juga dikenal sebagai kota yang terletak di dua benua. Diketahui bahwa wilayah di kota Istanbul terbagi menjadi dua, ada yang termasuk ke dalam wilayah benua Eropa dan satunya masuk ke dalam wilayah benua Asia, diketahui bahwa wilayah tersebut dipisahkan oleh sebuah selat Bosporus.

2. Gulat minyak adalah olahraga nasional Turki


Sama seperti beberapa negara di Asia lain, olahraga sepakbola menjadi salah satu olahraga paling digemari di Turki, beberapa nama pemain bintang sepakbola juga pernah lahir dari Turki, namun di samping itu ternyata ada olahraga nasional Turki yang mungkin belum kamu ketahui, olahraga tersebut adalah gulat minyak.

Olahraga gulat minyak merupakan olahraga nasional Turki. Olahraga gulat minyak merupakan olahraga gulat seperti pada umumnya, akan tetapi yang membedakan adalah para pemain gulat minyak melumuri tubuhnya dengan minyak terlebih dahulu sebelum bertanding melawan lawannya.

Olahraga gulat minyak juga diketahui sebagai salah satu tradisi kesultanan di Turki dan menjadi olahraga tertua di Turki. Apabila berkunjung ke Turki tidak ada salahnya untuk menyaksikan pagelaran gulat minyak, agar mengenal salah satu tradisi di Turki.

3. Ibu kota Turki adalah Ankara, bukan Istanbul


Kota Istanbul memang menjadi kota paling dikenal di Turki, bahkan jika ada orang yang ingin pergi berwisata ke Turki pasti salah satu tempat yang ingin dikunjungi adalah kota Istanbul, namun jangan beranggapan bahwa kota Istanbul adalah ibu kota Turki karena ibu kota Turki adalah Ankara.

Perlu diketahui bahwa Ankara merupakan ibu kota Turki, bukan kota Istanbul. kota Istanbul memang pernah dinyatakan sebagai ibu kota Turki namun saat ini telah digantikan oleh Ankara. Diketahui bahwa Ankara ditetapkan sebagai ibu kota Turki menggantikan Istanbul pada tahun 1923 silam.

Dan diketahui juga bahwa kota Ankara merupakan ibu kota dari Provinsi Ankara di Turki. Fakta menariknya Ankara juga sempat dikenal dengan beberapa nama lain seperti Angora, Ankyra, hingga Enguru, serta pada masa Romawi Ankara dikenal dengan sebutan Ancyra.

4. Ada 80 ribu lebih masjid di Turki


Turki memang identik dengan nuansa Islami. Meskipun penduduk di Turki ada yang non muslim, namun nuansa Islam di Turki tidak luntur, diketahui juga bahwa sekira 99% penduduk di Turki memeluk agama Islam, yang artinya agama Islam menjadi agama mayoritas di daratan Turki.

Karena umat Islam di Turki menjadi mayoritas, bangunan masjid di Turki juga cukup banyak. Diketahui bahwa sekira ada 80 ribu lebih masjid berdiri di tanah Turki, menariknya lagi sekira 3 ribuan dari 80 ribu masjid tersebut dibangun di kota Istanbul Turki.

Sejumlah masjid di Turki tersebut juga mempunyai desain dan arsitektur yang menarik, beberapa masjid di Turki yang terkenal akan keindahannya di antaranya Masjid Biru di Istanbul, Masjid Sultanahmet, hingga Masjid Suleymaniye.

5. Teh Turki sangat disukai penduduk Turki


Teh merupakan minuman yang mudah ditemui di berbagai tempat, salah satunya di Turki. Penduduk Turki sendiri nyatanya suka minum teh, diketahui bahwa 96% penduduk Turki setidaknya selalu minum teh setiap hari.

Teh Turki disebut-sebut mempunyai rasa dan aroma yang khas dan enak, oleh karena itu penduduk Turki sangat menyukainya. Dalam penyajiannya, teh Turki disajikan dalam sebuah gelas kecil berbentuk tulip. Apabila berkunjung ke Turki, pastikan untuk mencoba teh Turki ya.

6. Ada 30 lebih bahasa yang dipakai di Turki


Fakta menarik Turki yang terakhir adalah diketahui bahwa ada 30 bahasa lebih untuk percakapan di Turki. Untuk bahasa resmi yang digunakan di Turki adalah bahasa Turki, namun di samping itu ada hampir 30-an lebih bahasa lain yang juga dipakai di Turki untuk percakapan sehari-hari.

Beberapa bahasa lain tersebut contohnya bahasa Kurmanji atau Kurdi Utara, bahasa Arab Mesopotamia, hingga bahasa Zazaki. Untuk pecinta travelling jangan khawatir, tentunya dapat menggunakan bahasa Inggris di Turki karena memang bahasa Inggris adalah bahasa universal.

Demikian beberapa fakta menarik Turki yang harus kamu tahu, negara yang berada di dua benua dengan nuansa Islam yang khas.


Ditulis Oleh : Risco Ferdian
Editor : Sophia Wardhani