Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Dibuat Tercengang Mata Dunia, Ini Dia Fakta-Fakta Sepakbola Indonesia Yang Mengejutkan

Sabtu, 15 Januari 2022 | 10:36 WIB Last Updated 2022-01-30T06:14:44Z
Daftar Isi [Tampilkan]
Dibuat Tercengang Mata Dunia, Ini Dia Fakta-Fakta Sepakbola Indonesia Yang Mengejutkan
Para Suporter Indonesia yang Bersemangat Mendukung Timnas Indonesia | Photo by: pinterest.com

Populer24 - Indonesia merupakan negara yang memiliki tingkat ketertarikan tinggi terhadap dunia persepakbolaan. Tak hanya digemari dikalangan lelaki, namun semua elemen dari berbagai umur menggemari dan menyukai olahraga ini. Tak kalah menarik dari persepakbolaan Eropa, persepakbolaan di Indonesia juga berhasil memberikan warna tersendiri bagi persepakbolaan dunia. 

Contohnya seperti di ajang pagelaran Piala AFF 2020 yang telah selesai diadakan di Singapura awal Januari yang lalu. Ajang tersebut pun kembali membangkitkan euforia sepakbola di tanah air. Indonesia yang dikenal memiliki suporter yang fanatik itu, mampu membuat Timnas bermain apik di lapangan pada ajang tersebut. Walau hanya mampu menjadi Runner-Up namun ajang tersebut membuat rakyat Indonesia bersatu untuk mendukung para pemain Timnas Indonesia yang pada saat itu berjuang melawan Thailand di liga final.

Tapi tahukah kamu bahwa sebenarnya persepakbolaan di Indonesia memiliki beberapa fakta menarik yang membuat dunia terkejut? Apa saja fakta menarik tersebut? Yuk kita simak pembahasannya berikut ini!

Fakta Menarik Timnas Indonesia Yang Mengejutkan


Timnas Indonesia Menjadi Timnas Pertama Yang Mewakili Asia Di Piala Dunia


Dibuat Tercengang Mata Dunia, Ini Dia Fakta-Fakta Sepakbola Indonesia Yang Mengejutkan
Gambaran Timnas Indonesia yang Pernah Mewakili Asia di Piala Dunia 1938 | Photo by: pinterest.com

Fakta yang pertama ini mungkin tidak diketahui banyak masyarakat Indonesia. Namun pada kenyataanya Indonesia yang pada saat itu masih menggunakan nama Dutch EastIndies (Hindia Belanda) berhasil mewakili benua Asia di ajang Piala Dunia Prancis pada tahun 1938. Walau pada saat itu masih menggunakan nama Dutch EastIndies atau Hindia Belanda namun sejarah mengakuinya sebagai Timnas Indonesia. 

Gudangnya Pemain Muda yang Berhasil Berkarir di Luar Negeri


Dibuat Tercengang Mata Dunia, Ini Dia Fakta-Fakta Sepakbola Indonesia Yang Mengejutkan
Para Timnas Indonesia yang Bersorak Gembira Merayakan Kemenangan | Photo by: pinterest.com

Fakta selanjutnya mengenai persepakbolaan Indonesia yaitu Timnas Indonesia ternyata merupakan Timnas yang memiliki banyak pemain muda berbakat di dalamnya. Bahkan beberapa pemain muda Timnas Indonesia dilirik oleh klub-klub luar negeri baik di benua Asia maupun benua Eropa. 

Salah satu pemain Timnas Indonesia yang berkarir di Eropa adalah Egy Maulana Vikri. Gaya permainan Egy yang impresif membuatnya berhasil dijuluki sebagai Messinya Indonesia. Kini Egypun bermain di klub asal Polandia bernama Lechia Gdansk di Liga Polandia. 

Selain Egy Maulana Vikri ada pemain Timnas lainnya yang juga ikut berkarir di luar negeri seperti Asnawi Mangkualam yang sekarang memperkuat Ansan Greeners di Liga Korea Selatan, Witan Sulaiman yang bermain bersama tim papan atas Serbia Radnik Serdulika sebelum pindah ke Lechia Gdansk, dan Elcan Bagot yang menerima beasiswa tahun 2018 lalu dan berhasil menandatangani kontrak profesional sepakbola pertamanya pada 28 Januari 2021 bersama tim League One Ipswich Town (divisi ketiga Inggris).

Memiliki Suporter yang Fanatik dan Kompak


Dibuat Tercengang Mata Dunia, Ini Dia Fakta-Fakta Sepakbola Indonesia Yang Mengejutkan
Aksi Para Suporter Fanatik Timnas Indonesia saat Mendukung Timnas Indonesia Berlaga | Photo by: pinterest.com

Meskipun dalam perkembangannya, persepakbolaan Indonesia masih jauh dengan persepakbolaan Eropa dari segi fasilitasnya namun hal ini tidak menghalangi para suporter bola di Indonesia padam. Pasalnya suporter di Indonesia dikenal dunia sebagai suporter yang fanatik. Hal ini terlihat dari masing-masing suporter klub Indonesia yang selalu hadir dan memberikan dukungan bagi klub kebanggaannya di setiap pertandingannya dengan jumlah yang banyak. Bahkan saking fanatiknya membuat para pelatih luar negeri yang banyak melatih klub-klub di Indonesia dan pemain luar negeri yang ada di Indonesia mengakui dan merasakan langsung atmosfer sepak bola di Indonesia lebih mengagumkan dibandingkan dengan negara lainnya.

Selain dikenal fanatik, suporter di Indonesia juga dikenal sebagai suporter yang kompak dengan ciri khas yel-yel yang mereka nyanyikan untuk klub kesayangannya saat bertanding. Tak heran banyak para penikmat dunia sepakbola yang berhasil terbius dengan koreografi suporter Indonesia saat pertandingan berlangsung. Hal ini pun kemudian menjadikan Indonesia sebagai langganan koreografi terbaik di Asia maupun dunia seperti suporter Persib Bandung, Persebaya, Persija Jakarta, dan masih banyak lagi lainnya.

Klub Sepakbola di Indonesia yang Mendunia


Dibuat Tercengang Mata Dunia, Ini Dia Fakta-Fakta Sepakbola Indonesia Yang Mengejutkan
Salah Satu Klub Indonesia yang Mendunia yaitu Persib Bandung | Photo by: pinterest.com

Fakta berikutnya tentang persepakbolaan Indonesia dimata dunia adalah klub-klub di Indonesia yang ternyata cukup dikenal dan populer di mancanegara. Salah satu klub di Indonesia yang populer di mata dunia yaitu Persib Bandung. Klub sepakbola yang menjadi kebangaan warga bandung ini berhasil merekrut pemain papan atas di dunia yaitu Charlton Cole dan Michael Essien di tahun 2018 yang lalu. Hal itu kemudian membuat klub Persib Bandung dikenal dunia dan berhasil memasukan Persib Bandung sebagai klub-klub papan atas sekelas Eropa seperti Everton dan Swansea City dari Liga Inggris.

Memiliki Prestasi di Usia Muda


Dibuat Tercengang Mata Dunia, Ini Dia Fakta-Fakta Sepakbola Indonesia Yang Mengejutkan
Sosok Egy Maulana Vikri Pemain Timnas Indonesia yang Bermain di Luar Negeri | Photo by: pinterest.com

Kegagalan Indonesia menjadi pemenang di ajang piala AFF 2020 tingkat senior ternyata tidak merta membuat Timnas Indonesia haus akan prestasi. Pasalnya dikategori usia muda, persepakbolaan Indonesia memiliki prestasi yang sangat membanggakan. Beberapa diantaranya seperti juara piala AFF U-16, U-19, dan U-22. Tak kalah dengan para seniornya, di usia junior seperti U-10 hingga U-12,  juga berhasil mendapatkan peringkat terbaik di ajang Danonce Nations Cup (DNC Cup) yang digelar langsung oleh FIFA dan disebut sebagai ajang Piala Dunia Usia Muda. Bahkan tak kalah membanggakannya lagi wakil Indonesia di ajang MFS 2000 mampu bermain di final Dunia pada tahun 2006 yang lalu dan berhasil mendapatkan peringkat ke-4 di dunia.

Oleh: Devi Novitasari