Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Daftar Situs Jual Foto Online di Internet, Bisa Untung Besar

Sabtu, 15 Januari 2022 | 11:16 WIB Last Updated 2022-03-03T07:53:44Z
Daftar Isi [Tampilkan]
Daftar Situs Jual Foto Online di Internet, Bisa Untung Besar
Kamera Foto | Foto : Instagram @steinhagens_shoots

Populer24 - Dapatkan cuan dari hobby fotografi yang kamu miliki, selain membuka jasa foto kamu juga bisa memanfaatkan situs jual foto online untuk menghasilkan uang atau pendapatan.

Di era teknologi saat ini, para pecinta fotografi dapat mendapatkan pendapatan tambahan dengan menjual foto karyanya secara online.
Penjualan foto tersebut bisa dilakukan oleh para pecinta fotografi melalui beberapa situs jual foto online berikut ini.

Rekomendasi daftar situs jual foto online


1. Jual foto di iStockphoto.com


Apabila kamu punya bakat dalam bidang fotografi, kamu bisa memanfaatkan situs iStockphoto.com untuk bisa mendapatkan cun atau penghasilan tambahan. iStockphoto.com merupakan sebuah situs yang menyediakan berbagai macam foto dan video, tentunya foto dan video tersebut merupakan kiriman dari beberapa kontributor di berbagai belahan dunia, jadi jika ingin menjual foto di iStockphoto.com artinya kamu akan bersaing dengan fotografer lain dari luar negeri.

Untuk bisa menjual foto di iStockphoto.com, kamu harus mendaftar sebagai seorang kontributor terlebih dahulu. Pendaftaran atau registrasi bisa dilakukan di aplikasi Getty Images karena iStockphoto.com merupakan situs dari bagian situs penyedia gambar Getty Image. Selain itu, sebelum melakukan pendaftaran kamu juga harus memperhatikan beberapa syarat untuk daftar sebagai kontributor, syarat tersebut dapat dilihat langsung di situs gettyimages.com. Apabila telah mengajukan registrasi, nantinya pihak editor dari iStockphoto.com akan menentukan kamu layak maju sebagai kontributor atau tidak.

Pendaftaran untuk menjadi seorang kontributor di iStockphoto.com memang terbilang cukup rumit dan sulit, hal ini dikarenakan pihak iStockphoto.com ingin memastikan kualitas pada kontibutor dan kualitas gambar atau foto yang dikirim oleh para kontributor. Perlu diketahui juga, selain foto kamu juga bisa menjual footage video di iStockphoto.com. Foto atau video yang eksklusif nantinya akan mendapatkan royalti hingga 45% dari pihak iStockphoto.com apabila berhasil terjual ke pelanggan.

2. Jual foto di shutterstock.com


Situs jual foto online yang kedua adalah shutterstock.com. situs shutterstock.com mungkin menjadi situs penyedia gambar atau foto yang paling banyak dikenal oleh para pengguna internet, di situs shutterstock.com tersedia berbagai macam pilihan foto dengan tema yang beragam mulai dari alam, foto formal, ilustrasi, kondisi sosial, orang, hingga hewan. Situs shutterstock.com juga bisa dimanfaatkan oleh kamu para pecinta fotografi yang ingin mendapatkan cuan atau pendapatan tambahan.

Situs shutterstock.com mempunyai pasar yang sangat luas karena shutterstock.com bersifat worldwide atau dapat diakses oleh pengguna di seluruh dunia, sehingga pasar foto di shutterstock.com berskala global. Apabila kamu menjual foto di shutterstock.com maka kemungkinan juga akan mendapatkan pelanggan dari luar negeri. Di Indonesia sendiri shutterstock.com juga cukup dikenal, kabarnya penjualan foto di shutterstock.com di Indonesia juga meningkat. Hal ini tentunya menjadi peluang baru untuk para pecinta fotografer.

Apabila ingin menjual foto di situs shutterstock.com, pastikan kamu telah menjadi seorang kontributor di shutterstock.com. Para kontributor di shutterstock.com nantinya akan mendapatkan suatu dashboard untuk mengunggah foto atau video yang ingin dijual. Selain itu di situs shutterstock.com juga ada layanan atau fitur tips dan bantuan sehingga akan sangat bermanfaat bagi para kontributor baru di situs shutterstock.com. Bayaran atau royalti yang ditawarkan shutterstock.com tergantung pada level kontributor, tinggi rendahnya level kontributor tergantung pada banyaknya foto yang diakses oleh calon pelanggan.

3. Jual foto di situs Adobe Stock


Untuk dapat menjual foto secara online juga bisa dilakukan di situs Adobe Stock, untuk mengakses situs Adobe Stock bisa dilakukan di stock.adobe.com. Situs Adobe Stock diketahui terintegrasi dengan beberapa aplikasi milik Adobe seperti Adobe Photoshop, Adobe Illustrator, Adobe Lightroom, dan lain-lain. Dengan adanya integrasi tersebut, kontributor di situs Adobe Stock dapat menggunggah langsung kontennya ke situs Adobe Stock dari beberapa aplikasi milik Adobe tersebut. Kemudahan tersebut tentunya menjadi daya tarik tersendiri bagi situs Adobe Stock.

Sama halnya dengan situs Shutterstock, untuk dapat menjual foto atau gambar di situs Adobe Stock juga harus menjadi seorang kontributor di situs tersebut terlebih dahulu. Seorang kontributor di situs Adobe Stock juga akan mendapatkan dashboard tersendiri untuk mengunggah foto, menambahkan keyword foto yang diunggah, dan lain-lain.

Seorang kontributor di situs Adobe Stock juga akan mendapatkan cuan dari royalti penjualan foto di situs Adobe Stock, royalti yang diberikan bisa sampai 35% dari penjualan. Situs Adobe Stock juga mempunyai pasar yang luar dari berbagai dunia dan nama Adobe juga merupakan nama brand besar yang tentunya dipercaya oleh para pelanggan.

4. Jual foto di situs Dreamstime


Situs jual foto online yang terakhir adalah situs Dreamstime, untuk mengakses situs Dreamstime bisa langsung masuk ke alamat website www.dreamstime.com. Situs Dreamstime juga merupakan salah satu situs penyedia gambar atau foto yang cukup dikenal pengguna internet, karena memang situs ini sudah lama ada. Sama seperti situs jual foto online yang dibahas di atas, untuk dapat menjual foto di dreamstime juga harus menjadi kontributor terlebih dahulu.

Menjadi kontributor di situs Dreamstime juga akan penuh persaingan, pasalnya dikabarkan kontributor di situs Dreamstime mencapai 700 ribu lebih. Yang artinya banyak sekali persaingan yang terjadi di situs Dreamstime. Akan tetapi jangan patas semangat, jika konten atau foto yang kamu sajikan berkualitas, pelanggan tidak akan berpaling ke yang lain.

Selain menjual foto, si situs Dreamstime kamu juga bisa menjual video hingga audio. Yang terpenting adalah kontributor di situs Dreamstime harus menaati peraturan konten yang diunggah, usahakan untuk tidak mengunggah konten plagiat. Untuk urusan bayaran, situs Dreamstime menerapkan skema royalti atau bagi hasil, royalti yang akan diberikan juga tergantung kepada level kontributor.

Demikian beberapa situs jual foto online yang bisa kamu coba untuk menjual foto, cocok untuk kamu yang hobi fotografi.