Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Cara Memulai Usaha Kuliner dan Hal-hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Bisnis Makanan

Sabtu, 15 Januari 2022 | 14:19 WIB Last Updated 2022-02-08T15:08:51Z
Daftar Isi [Tampilkan]
Cara Memulai Usaha Kuliner dan Hal-hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Bisnis Makanan
Ilustrasi Memulai Bisnis Kuliner | Foto: pinterest.com

Populer24 - Ketahui cara memulai usaha kuliner atau makanan lengkap dengan beberapa hal yang harus diperhatikan calon pengusaha kuliner.

Usaha kuliner atau makanan sangatlah menjanjikan, hal ini dikarenakan makanan atau minuman merupakan kebutuhan pokok manusia sehingga selalu ada yang butuh.

Akan tetapi, dalam memulai usaha kuliner tidak bisa sembarangan, ada beberapa cara memulai usaha kuliner yang harus diperhatikan calon pengusaha kuliner agar bisa laris saat menjalankannya nanti.
Lantas bagaimana cara memulai usaha kuliner atau makanan? Simak ulasannya berikut ini.

Cara memulai usaha kuliner atau makanan


1. Tentukan target market atau pasar penjualan


Hal pertama yang harus ditentukan sebelum memulai usaha kuliner adalah target market atau target pembeli, karena bagaimanapun juga tujuan usaha kuliner adalah sebuah penjualan dan penjualan terjadi jika ada pelanggan atau pembeli.

Untuk menentukan target market bisa dilihat dari beberapa aspek, mulai dari usia pelanggan, wilayah atau tempat tinggal pelanggan, kondisi perekonomian pelanggan, hingga jenis kelamin pelanggan.

Penentuan target market yang tepat akan memudahkan proses penjualan dan penentuan produk nantinya.

2. Tentukan produk kuliner yang akan dijual


Setelah mendapatkan atau menetapkan target market, selanjutnya adalah menentukan produk kuliner yang akan dijual kepada target market tersebut.
Produk kuliner ada beberapa jenis, ada produk minuman, makanan, jajanan, hingga produk frozen food. Baiknya untuk memilih salah satu jenis produk saja agar penjualan dan pengolahan produk lebih mudah.

3. Tambahkan keunikan pada produk kuliner yang dijual


Cara memulai usaha kuliner selanjutnya adalah menambahkan sentuhan keunikan pada produk kuliner yang dijual.

Ada berbagai macam produk sama yang dijual di berbagai tempat, oleh karena itu tambahkan keunikan pada produk yang akan dijual agar tampil beda dan banyak mendapat tanggapan dari pelanggan. 

4. Tentukan konsep bisnis


Setelah mendapatkan produk dan target marketnya, saatnya untuk menentukan konsep bisnis yang akan dilangsungkan, terdiri dari bagaimana cara penjualan, harga produk, produksi produk, cara promosi hingga menentukan tugas karyawan.

Konsep bisnis ini harus ditentukan secara detail agar memudahkan jalannya usaha kuliner.

5. Lakukan promosi


Promosi harus dilakukan agar produk kuliner yang dijual bisa dilirik oleh calon pelanggan. Seperti yang dijelaskan sebelumnya cara promosi wajib ditentukan oleh pemilik bisnis.

Promosi bisa dilakukan secara manual melalui banner, mulut ke mulut hingga secara online.

6. Manfaatkan fasilitas online untuk pemasaran produk kuliner


Yang terakhir adalah usahakan untuk memanfaatkan fasilitas online yang mendukung usaha kuliner atau makanan. Saat ini banyak aplikasi yang bisa digunakan untuk menawarkan produk kuliner, manfaatkan aplikasi tersebut guna mendatangkan penjualan.

Itulah beberapa langkah yang harus dilakukan untuk memulai usaha kuliner atau makanan. Selain itu, ada juga beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum memulai bisnis kuliner.

Rex Marindo selakau Ceo Foodiz pada video yang diunggah di akun YouTube Foodiz Channel pada 15 September 2021, menyampaikan beberapa catatan yang harus diketahui calon pelaku usaha kuliner. Berikut rangkumannya.

Hal yang harus diperhatikan sebelum memulai usaha kuliner


Cara Memulai Usaha Kuliner dan Hal-hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Bisnis Makanan
Ilustrasi Langkah Sebelum Memulai Usaha | Foto: pinterest.com

1. Terapkan mindset siap sukses dan siap gagal sebelum memulai usaha kuliner


Sebagai seorang pengusaha harus sudah siap untuk sukses maupun gagal. Meskipun konsep bisnis telah dirancang dengan bagus, tidak menutup kemungkinan untuk gagal dalam bisnis.

Oleh karena itu mindset siap gagal dan siap sukses harus disematkan pada pikiran para pengusaha kuliner.

2. Usahakan untuk memilih produk kuliner dengan market yang besar


Rex Marindo menyebut produk kuliner yang mempunyai market besar lebih baik daripada produk baru dengan market yang masih kecil, meskipun produk yang punya market besar juga punya persaingan yang banyak.

Untuk mengatasi persaingan tersebut, pelaku usaha kuliner bisa menambahkan keunikan para produk kuliner yang dijualnya agar tidak sama dengan yang lain, meskipun dalam market yang sama.

3. Segera bertindak atau action


Calon pengusaha kuliner harus segera memulai tindakan jika sudah mempunyai ide bisnis. Hal ini agar tidak ada orang lain yang mencuri ide tersebut.
Jika hanya merencanakan dan tidak memulai bertindak maka usaha tidak akan berjalan.

4. Jangan lupa untuk daftar HKI


Pengusaha kuliner juga harus ingat dengan Hak Kekayaan Intelektual atau HKI. Pendaftaran produk ke HKI berguna untuk mendapatkan sebuah perlindungan hukum atas kekayaan intelektual produk.

5. Usahakan punya mentor bisnis


Mentor di bidang bisnis yang sama dapat meminimalisir kegagalan bisnis, oleh karena itu punya mentor dalam menjalankan bisnis atau usaha sangat penting.

6. Konsisten dan perbanyak doa serta sedekah


Dalam menjalankan usaha juga harus konsisten karena tidak ada kesuksesan secara instan, selain itu pengusaha kuliner juga harus memperbanyak doa dan sedekah agar berkah.

Itulah beberapa cara memulai usaha kuliner serta beberapa catatan penting yang harus diperhatikan sebelum memulai bisnis kuliner.