Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Manfaat Buah Mangga, Baik untuk Kulit Hingga Jantung

Sabtu, 15 Januari 2022 | 14:32 WIB Last Updated 2022-02-08T15:08:48Z
Daftar Isi [Tampilkan]
Manfaat Buah Mangga
Buah Mangga | Foto : pinterest.com

Populer24 - Berikut ini manfaat buah mangga untuk kesehatan tubuh. Buah mangga merupakan salah satu buah yang dapat dijumpai dengan mudah, khususnya di daratan Indonesia. Jika pada musim buah mangga, buah manis ini banyak sekali dijual oleh para pengepul atau di toko-toko buah dan pasar.

Buah mangga identik dengan warna kuning dan hijau di kulitnya. Buah mangga juga banyak digemari sebagian orang Indonesia karena rasa manisnya yang khas dan terasa segar jika dikonsumsi langsung.

Buah mangga di Indonesia dijual dalam beberapa bentuk, mulai dari buah mangga murni, jus buah mangga, salad buah mangga, hingga es buah mangga. Selain itu juga diketahui bahwa buah mangga mempunyai beberapa jenis, seperti mangga manalagi, mangga gedong gincu, mangga arumanis, mangga alpukat, mangga apel, mangga golek, mangga madu, hingga mangga malibu.

Beberapa jenis buah mangga tersebut juga punya ciri khas rasa tersendiri, ada yang manis hingga terlalu manis. Pohon buah mangga juga diketahui dapat dengan mudah dijumpai di Indonesia, mulai dari pekarangan rumah hingga pinggir jalan, pohon buah mangga tumbuh subuh hingga berbuah banyak.

Selain rasanya yang manis jika dimakan, mengonsumsi buah mangga juga dapat mendatangkan beberapa manfaat lain untuk kesehatan tubuh, apa saja manfaat itu?

Berikut ini beberapa manfaat buah mangga untuk kesehatan tubuh sebagaimana dikutip dari laman BBC Good Food dan laman Food NDTV.

Manfaat buah mangga untuk kesehatan


1. Mangga bisa membantu pencernaan


Manfaat buah mangga yang pertama adalah dapat membantu pencernaan, dikutip dari BBC Good Food, penelitian yang dilakukan tahun 2018 menunjukkan bahwa ada orang sembelit yang mengalami peningkatan kesehatan pencernaan usai mengkonsumsi buah mangga dalam kurun waktu empat minggu.

Sementara itu, dikutip dari NDTV Food, buku Healing Food mengabarkan bahwa buah mangga mengandung enzim yang dapat membantu pencernaan.

Enzim yang terkandung di dalam buah mangga tersebut bisa membantu pencernaan protein dan serat sehingga dapat membantu memperlancar pencernaan secara efisien.

2. Buah mangga dapat meningkatkan imunitas tubuh


Buah mangga diketahui kaya akan kandungan antioksidan yang berguna untuk melindungi tubuh dari paparan racun.

Sehingga buah mangga sangat cocok untuk dikonsumsi di masa pandemi ini, dengan mengkonsumsi buah mangga maka imunitas tubuh bisa naik.

Antioksidan yang terkandung di dalam buah mangga dapat meningkatkan kesehatan dan kekebalan tubuh manusia sehingga dapat mencegah penyakit flu hingga pilek.

3. Buah mangga bisa membantu menjaga kesehatan kulit


Manfaat buah mangga selanjutnya adalah dapat membersihkan dan menjaga kesehatan kulit tubuh manusia. Hal itu dikarenakan kandungan vitamin C serta vitamin A yang terkandung di dalam buah mangga yang diketahui ramah untuk kulit manusia.

Diketahui bahwa kandungan vitamin C dan vitamin A pada buah mangga berguna untuk perbaikan kulit, menjaga kesehatan kulit, hingga menghilangkan pori-pori kulit yang mati.

Manfaat buah mangga untuk kesehatan kulit ini juga ditegaskan oleh seorang ahli gizi Makrobiotik dan Praktisi Kesehatan bernama Shilpa Arora ND. Shilpa menyebut nutrisi yang terkandung di dalam buah mangga baik untuk penyembuhan kulit.

"Mangga sarat dengan nutrisi penyembuhan kulit," ujar Shilpa Arora ND dikutip dari NDTV Food.

4. Buah mangga bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan mata


Buah mangga juga diketahui baik untuk meningkatkan kesehatan mata. Antioksidan yang terkandung di dalam buah mangga disebut bisa membantu untuk meningkatkan kesehatan mata.

Daging buah mangga diketahui mengandung karotenoid yang diklaim baik untuk mendukung kesehatan mata. Dua karotenoid yakni lutein dan zeaxanthin pada buah mangga berguna untuk menjaga retina mata.

Oleh karena itu menambahkan mangga sebagai produk konsumsi akan sangat berguna untuk menyehatkan mata.

5. Buah mangga dapat membantu menurunkan berat badan


Manfaat buah mangga selanjutnya adalah dapat membantu untuk menurunkan berat badan. Apabila mangga dikonsumsi dalam jumlah sedang bisa membantu menurunkan berat badan.

Pada kulit mangga terdapat fitokimia, fitokimia diketahui bisa bermanfaat untuk menghilangkan lemak secara alami.

Selain itu, mangga juga kaya akan serat. Mengonsumsi serat pada buah dapat membuat tubuh mudah kenyang sehingga juga dapat membantu seseorang yang ingin diet.

6. Buah mangga dapat membuat jantung sehat


Buah mangga juga diketahui memberikan manfaat perlindungan untuk jantung, sebuah penelitian tahun 2016 menyebut bahwa buah mangga mengurangi risiko peradangan jantung.

Selain itu, buah mangga juga diketahui dapat menurunkan kolesterol, mengkonsumsi mangga diklaim bisa mengatur kadar kolesterol dalam tubuh.

Serat pektin yang terkandung dalam buah mangga bisa membantu untuk menurunkan kolesterol jahat yang dapat menghalangi aliran darah dalam tubuh.

Demikian beberapa manfaat buah mangga yang harus kamu ketahui. Setelah mengetahui aneka manfaat tersebut, tidak ada salahnya untuk mengonsumsi buah mangga.


Ditulis Oleh : Risco Ferdian
Editor : Sophia Wardhani