Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Awas, Zat Adiktif Yang Membuat Orang Kecanduan Bukan Cuma Narkoba

Minggu, 16 Januari 2022 | 14:22 WIB Last Updated 2022-03-03T07:47:00Z
Daftar Isi [Tampilkan]
Awas, Zat Adiktif Yang Membuat Orang Kecanduan Bukan Cuma Narkoba
Ilustrasi Obat-Obatan Terlarang | Foto: pinterest.com

Populer24 - Kebanyakan dari kita tentu saja tahu jika narkoba dan juga obat-obatan yang terlarang lainnya adalah zat adiktif yang berbahaya. Selain berbahaya, zat adiktif juga bisa membuat siapa saja yang mengkonsumsinya menjadi kecanduan. Nah namun ternyata tidak hanya narkoba saja yang bisa membuat efek kecanduan. Ada beberapa zat adiktif lainnya yang bisa menimbulkan efek kecanduan di tubuh manusia.

Namun apakah anda tahu apa yang dimaksud dengan zat adiktif? Zat adiktif sendiri merupakan zat yang ada di dalam obat-obatan dan juga bahan-bahan aktif. Yang mana jika kita mengkonsumsinya, maka bisa menimbulkan efek kecanduan dan juga ketergantungan.

Saat kecanduan zat adiktif ini menimpa tubuh kita. Dampaknya adalah tubuh akan merasa cepat lelah, merasa tidak nyaman, timbul rasa sakit yang sangat luar biasa (untuk beberapa kasus tertentu).

Beberapa Zat Adiktif Yang Membuat Orang Kecanduan


Dalam dunia kesehatan, kecanduan (adiksi) merupakan gangguan kronis yang bisa kambuh kapan saja. Dimana kecanduan ini bisa ditandai dengan penggunaan atau pemakaian secara terus menerus suatu makanan, minuman walaupun kita tahu jika penggunaan zat-zat dan makanan tersebut dapat berbahaya untuk tubuh.

Sesuatu yang menimbulkan efek ketergantungan tentu saja tidak baik bukan? Untuk itu, agar kita bisa terhindar dari efek ketergantungan tersebut.
 

Berikut dibawah ini adalah beberapa zat adiktif yang membuat orang kecanduan yang harus anda hindari.


1. Nikotin


Siapa disini yang sulit berhenti merokok? Nah wajar saja jika anda sulit untuk bisa berhenti merokok. Pasalnya di dalam rokok tersebut terdapat kandungan zat adiktif yaitu Nikotin.

Nikotin lah yang membuat para perokok susah untuk berhenti. Nikotin sendiri adalah bahan adiktif utama yang terkandung di dalam tembakau rokok. Ketika seseorang sedang merokok, nikotin yang dihisap tersebut akan terserap oleh paru-paru kemudian dikirim ke otak.

Karena itulah membuat Nikotin menimbulkan efek ketergantungan yang sangat tinggi. Bahkan menurut WHO, zat adiktif Nikotin ini mampu menimbulkan efek ketergantungan terhadap para penggunanya sampai seumur hidup.

2. Kafein


Berikutnya, ada kafein yang termasuk ke dalam golongan zat adiktif yang bisa membuat orang kecanduan. Kafein sendiri terdapat pada kopi dan juga teh. Karena termasuk ke dalam golongan zat adiktif, wajar saja jika ada banyak orang yang mungkin merasa kesulitan untuk berhenti minum kopi atau ngeteh.

3. Alkohol


Walaupun ada banyak daerah atau wilayah yang melegalkan alkohol, namun rupanya alkohol ini bisa memberikan efek adiksi atau kecanduan terhadap siapa saja yang mengkonsumsinya loh. Bahkan menurut penelitian yang dilakukan pada hewan, kadar dopamin dari alkohol menimbulkan lonjakan hingga 40 sampai 360%.

Semakin tinggi dan banyak jumlah alkohol yang dikonsumsi oleh makhluk hidup, makan akan semakin tinggi juga kadar dopamin yang ada di dalam tubuh makhluk hidup tersebut. Bahkan menurut WHO, ada 22% orang yang untuk pertama kalinya mencoba alkohol, dan akan terus mengalami ketergantungan sampai ia meninggal.

4. Ganja


Zat adiktif yang membuat orang kecanduan terakhir adalah Ganja. Ganja bisa menjadi penawar dari siapa saja yang menderita nyeri saraf, kronis dan sebagainya. Bahkan Harvard Health juga menyatakan jika ganja bisa mengurangi efek tremor untuk penyakit parkinson dan juga bisa menjadi obat dari glaukoma.

Sekitar 30% dari pengguna ganja akan menunjukkan tanda-tanda dari gangguan pemakaian ganja yang masih berhubungan dengan efek ketergantungan. Gejala tersebut misalnya seperti fisik yang merasa tidak nyaman, suasana hati terganggu, nafsu makan menjadi menurun hingga gelisah.