Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

4 Instrumen Investasi untuk Pemula di 2022, Wajib Coba Biar Untung!

Selasa, 04 Januari 2022 | 14:36 WIB Last Updated 2022-01-29T05:46:51Z
Daftar Isi [Tampilkan]
Ilustrasi Investasi | Photo by Joshua Mayo on Unsplash

Populer24 - Inilah beberapa instrumen investasi untuk pemula di 2022 yang bisa dicoba. Beberapa instrumen investasi yang diulas di artikel ini tidak memerlukan modal yang besar dan bisa dilakukan siapa saja.

Investasi merupakan suatu aktivitas yang bertujuan untuk mendapatkan keuntungan baik dalam jangka pendek maupun jangka panjang.

Investasi juga dilakukan dengan tujuan untuk menyiapkan masa depan. Seperti yang diketahui pada umumnya bahwa semua orang menginginkan masa depan yang aman dan mapan, dan investasi menjadi salah satu cara untuk mencapai hal tersebut.

Investasi juga akan lebih baik jika dilakukan saat masih berusia muda, agar kelak keuntungan jangka panjangnya bisa bermanfaat di usia tua nantinya.

Sayangnya, pelajaran terkait investasi dan pengelolaan uang dengan baik jarang diajarkan di sekolah di Indonesia, sehingga dibutuhkan komitmen untuk belajar tentang investasi.

Beberapa investasi membutuhkan modal besar contohnya investasi dalam ranah properti. Namun ada juga beberapa instrumen investasi yang membutuhkan modal kecil, dan manfaat serta keuntungannya tidak kalah dengan instrumen investasi yang memerlukan modal besar.

Berikut ini ulasan tentang instrumen investasi untuk pemula di 2022 yang bisa dilakukan dengan modal yang tidak besar.

Daftar instrumen investasi untuk pemula di 2022


1. Saham

Investasi saham menjadi trend yang tumbuh bersamaan dengan adanya pandemi. Banyak orang yang mulai berminat untuk berinvestasi di saham karena keamanan dan kemudahannya.

Cara memulai investasi saham terbilang cukup mudah, hanya perlu menentukan perusahaan sekuritas yang akan digunakan untuk berinvestasi, kemudian membuka Rekening Dana Nasabah atau yang lebih dikenal dengan sebutan RDN.

Apabila telah mempunyai RDN, pelaku investasi saham sudah bisa membeli saham yang ada di Pasar Saham.

Meskipun sangat mudah, pemula harus belajar lebih terkait analisa saham terlebih dahulu sebelum melakukan pembelian dan penjualan saham di Pasar Saham. Hal ini bertujuan untuk meminimalisir risiko kerugian yang akan dialami pelaku investasi saham.

Analisa atau pemantauan harga saham hingga pembelian dan penjualan saham kini bisa dilakukan dengan mudah melalui aplikasi ponsel seperti Ajaib, IPOT, hingga Bibit. Dan perlu diketahui bahwa pembelian saham juga bisa dimulai dari harga Rp100 ribu, sehingga pemula bisa langsung mencoba.

2. Hewan Ternak atau Peternakan

Membeli hewan ternak juga merupakan bentuk instrumen investasi untuk pemula di 2022.
Umumnya, pelaku investasi hewan ternak membeli hewan ternak yang masih berusia muda kemudian merawatnya hingga beberapa bulan hingga hewan ternak tersebut berusia matang, sehingga nantinya bisa dijual dengan harga lebih mahal dari harga beli di awal.

Pelaku investasi hewan ternak ini juga umumnya tidak memelihara hewan ternaknya, biasanya mereka bekerja sama dengan orang lain yang bertugas untuk memelihara hewan ternak, yang nantinya pada akhirnya keuntungan penjualan hewan ternak akan dibagi dengan orang yang bertugas memelihara tersebut.

Investasi hewan ternak ini cocok untuk pelaku investasi yang ingin mengambil untung dalam kurung waktu kurang lebih satu tahun, pasalnya pemeliharaan hingga penjualan hewan ternak bisa dilakukan kurang lebih satu tahun.

Beberapa hewan yang bisa dijadikan investasi hewan ternak di antaranya adalah sapi, kambing, hingga ayam dan bebek.

Modal awal untuk melakukan investasi hewan ternak juga tidak besar, kambing dan sapi muda pada umumnya bisa didapatkan dengan harga di bawah Rp20 juta, tergantung pada daerah dan umur hewan tersebut.

3. Investasi dalam dunia franchise atau waralaba

Usaha dengan sistem franchise atau waralaba kini menjamur di Indonesia, banyak usaha-usaha ternama yang menghadirkan program franchise sehingga siapapun yang berminat mempunyai usaha tersebut bisa membelinya.

Beberapa produk makanan dan minuman juga menghadirkan sistem franchise atau waralaba, harga untuk mendapatkan waralaba tersebut juga cukup terjangkau mulai dari Rp3 juta sampai Rp10 juta.
Membeli usaha dengan sistem franchise cocok untuk pelaku investasi yang ingin memutar uangnya dalam dunia usaha dengan cepat. Apalagi jika usaha yang dibeli telah dikenal masyarakat, maka penjualan produk akan sangat mudah dan keuntungan akan didapat dengan cepat juga.

4. Investasi leher keatas alias belajar

Investasi leher ke atas atau investasi untuk otak sudah sepatutnya dilakukan semua orang, apalagi di era digital yang penuh dengan perubahan seperti saat ini.

Investasi leher ke atas akan sangat bermanfaat bagi pelakunya agar up to date dengan skill atau keterampilan yang dibutuhkan di era saat ini.

Untuk melakukan investasi leher ke atas juga bisa dilakukan dengan mudah, dengan hanya bermodalkan ponsel dan internet, semua orang bisa melakukan investasi leher ke atas atau bisa belajar keterampilan baru apa pun yang diinginkan.

Itulah ulasan mengenai instrumen investasi untuk pemula di 2022 yang bisa dicoba, tidak memerlukan modal yang besar dan bisa mendatangkan keuntungan.