Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Profil Ronaldo Nazario, Striker Brazil yang Punya Gaya Rambut Khas

Rabu, 15 Maret 2023 | 11:00 WIB Last Updated 2023-05-23T15:26:51Z
Daftar Isi [Tampilkan]

Populer24 - Ronaldo Nazario dikenal sebagai striker tajam di era tahun 90-an hingga awal tahun 2000-an. Pemain kelahiran Brazil tersebut punya gaya permainan yang lincah dan punya insting tajam dalam mencetak gol.

Selain karena keterampilannya saat bermain sepakbola, Ronaldo juga dikenal luas karena gaya rambutnya. Gaya rambut Ronaldo Nazario cukup khas, yakni menggunduli kepalanya namun hanya menyisakan setengah rambut saja di bagian depan.

Selama jadi pemain sepakbola, Ronaldo diketahui telah mencoba berkarir di beberapa Liga Top Eropa. Mulai dari Liga Belanda, Liga Italia, hingga Liga Spanyol.

Nama Ronaldo Nazario kini disandingkan dengan jajaran pemain terbaik di dunia lainnya, pasalnya Ronaldo mengoleksi beberapa trofi bergengsi di dunia, bahkan meraih penghargaaan Ballon D'Or dua kali selama karirnya.

Untuk lebih mengenal sosok Ronaldo Nazario, cek profil, perjalanan karir, serta fakta menarik pemain tersebut.

Profil Ronaldo Nazario


Ronaldo Nazario asli kelahiran Brazil, tepatnya di Rio de Janeiro pada 22 September 1976. Ronaldo lahir dari pasangan Nelio Nazario de Lima dan Sonia dos Santos Barata.

Perlu diketahui juga bahwa Ronaldo Nazario merupakan nama umum yang dikenal publik, nama lengkap Ronaldo merupakan Ronaldo Luis Nazario de Lima.

Meskipun lahir di Brazil, diketahui bahwa Ronaldo Nazario punya dua status kewarganegaraan, yakni Brazil dan Spanyol.

  • Nama Lengkap: Ronaldo Luis Nazario de Lima
  • Nama Umum: Ronaldo - Ronaldo Nazario
  • Tanggal Lahir: 22 September 1976
  • Tempat Lahir: Rio de Janeiro, Brazil
  • Usia: 46 (Saat ini)
  • Kewarganegaraan: Brazil dan Spanyol
  • Nama Ibu: Sonia dos Santos Barata
  • Nama Ayah: Nelio Nazario de Lima
  • Agama: -
  • Posisi: Penyerang - Striker
  • Kaki Favorit: Kanan dan Kiri
  • Status Karir: Pensiun
  • Instagram: @ronaldo
  • Karir Sepakbola Ronaldo Nazario

Ronaldo Nazario mengawali karir sepakbola profesionalnya di salah satu klub Brazil, Sao Cristovao. Setelah mampu tampil cukup bagus di Liga Brazil, Ronaldo kemudian melanjutkan karirnya di Eropa. Tim Eropa pertana yang dibela oleh Ronaldo Nazario merupakan PSV Eindhoven, salah satu tim asal Belanda.

Setelah berlabuh di PSV Eindhoven, Ronaldo kemudian direkrut raksasa Spanyol, Baecelona. Bahkan Ronaldo juga sempat membela rival Barcelona di Spanyol, Real Madrid.

Sebelum pensiun dari dunia sepakbola, Ronaldo kembali ke sepakbola Brazil. Tim terakhir yang dibela Ronaldo sebelum pensiun yakni Corinthians.

- Sao Cristovao (1993)
- Cruzeiro (1993-1994)
- PSV Eindhoven (1994-1996)
- Barcelona (1996-1997)
- Inter Milan (1997-2002)
- Real Madrid (2002-2007)
- AC Milan (2007-2008)
- Corinthians (2009-2011)

Prestasi Ronaldo Nazario


Beberapa trofi bergengsi di dunia sepakbola berhasil didapatkan Ronaldo Nazario, baik saat membela klub maupun Timnas Brazil.

Tercatat, Ronaldo Nazario sukses menjuarai Liga Spanyol bersama Real Madrid, menjuarai UEFA Cup bersama Inter Milan, hingga mampu menjuara UEFA Supercup bersama AC Milan.

Saat bersama Timnas Brazil, Ronaldo Nazario tercatat bisa menjuarai Copa America hingga Piala Dunia. Selain itu, prestasi individu bergengsi seperti Ballon D'Or, pemain terbaik UEFA, hingga pemain terbaik FIFA juga pernah diraih Ronaldo Nazario.

- Juara Intercontinental Cup (1 kali)
- Juara Confederations Cup (1 kali)
- Juara Piala Brazil (2 kali)
- Juara Piala Belanda (1 kali)
- Juara Piala Spanyol (1 kali)
- Juara Piala Super Spanyol (2 kali)
- Juara UEFA Cup (1 kali)
- Juara Europapokal der Pokalsieger Sieger (1 kali)
- Juara Liga Spanyol (2 kali)
- Juara UEFA Supercup (2 kali)
- Juara Piala Dunia (2 kali)
- Juara Copa America (2 kali)
- Trofi Ballon D'Or (2 kali)
- Trofi Pemain Terbaik UEFA (1 kali)
- Trofi Pemain Terbaik FIFA (3 kali)

Fakta Menarik Ronaldo Nazario


Gaya Rambut Khas

Ronaldo Nazario Gaya Rambut Khas


Ronaldo Nazario punya gaya rambut khas yang dikenal di dunia sepakbola, yakni potongan rambut yang hanya menyisakan setengah rambut di area depan tengah.

Dikutip dari AS Com, Ronaldo memilih gaya rambut tersebut karena terinspirasi dari karakter Cascao di kartun Turma da Monica.

Meskipun gaya rambutnya cukup khas, ibu Ronaldo Nazario, Sonia mengaku tidak suka dengan gaya rambut anaknya waktu itu. Menurut Sonia, Ronaldo lebih baik gundul.

"Potongan rambut itu sangat jelek, dia akan terlihat jauh lebih baik jika dia mencukur semuanya." Kata Sonia, dilansir dari AS Com.

Penerima Penghargaan Ballon D'Or Termuda


Seperti yang telah disinggung di atas, Ronaldo Nazario mengoleksi dua trofi Ballon D'Or. Tercatat Ronaldo Nazario bisa raih Ballon D'Or edisi 1997 dan 2002.

Diketahui bahwa Ronaldo Nazario berhasil menerima penghargaan Ballon D'Or edisi 1997 saat usianya masih 21 tahun, dengan catatan itu Ronaldo menjadi pemain termuda yang pernah memenangkan trofi Ballon D'Or.

Gagal Raih Trofi Liga Champions Eropa


Ronaldo Nazario pernah berseragam beberapa tim kuat asal Eropa seperti Barcelona, PSV, Real Madrid, Inter Milan, hingga AC Milan.

Akan tetapi, walaupun telah berkarir di Eropa cukup lama, Ronaldo Nazario gagal mendapatkan trofi paling bergengsi di Eropa, yakni trofi juara Liga Champions Eropa.

Tercatat, kejuatan Eropa yang pernah dimenangkan Ronaldo Nazario hanyalah UEFA Supercup serta UEFA Cup.

Bawa Brazil Juara Dunia di Usia Muda


Ronaldo Nazario cukup sukses membawa Timnas Brazil. Diketahui bahwa mantan pemain Real Madrid tersebut bisa membawaTimnas Brazil juara Piala Dunia dua kali, tercatat pada Piala Dunia edisi 1994 dan 2002.

Saat membawa Timnas Brazil juara Piala Dunia 1994, Ronaldo Nazario kala itu bisa dibilang masih berusia cukup muda, yakni 17 tahun.

Demikian fakta menarik dari sosok Ronaldo Nazario, striker tajam asal Brazil yang punya gaya rambut khas.