Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Mengenal Lebih Dekat Globalisasi Di Era Modern

Selasa, 03 Januari 2023 | 21:49 WIB Last Updated 2023-01-03T14:49:04Z
Daftar Isi [Tampilkan]
Globalisasi Di Era Modern
Globalisasi Di Era Modern

Populer24 - Tahukah kamu apa yang dimaksud dengan globalisasi? Mungkin kata ini sudah tidak asing lagi ditelinga, karena sering disandingkan dengan perkembangan zaman yang semakin maju.

Seperti yang kita ketahui, bahwa perkembangan dunia dari masa ke masa selalu mengalami perubahan. Apalagi diikuti dengan kemajuan teknologi yang semakin canggih, membuat globalisasi juga terjadi teramat cepat.

Sayangnya, tidak semua proses globalisasi yang ada berdampak positif, ada juga yang berdampak negatif. Lantas apa yang dimaksud dengan globalisasi sebenarnya? dan bagaimana contohnya? Yuk simak ulasannya di bawah ini!.

Mengenal Pengertian Globalisasi 


Perkembangan teknologi di era modern seperti sekarang ini, menjadi pengaruh utama terjadinya globalisasi secara cepat. Globalisasi sendiri adalah sebuah proses dimana segi budaya, adat, kebiasaan, ekonomi, dan lain sebagainya saling terhubung satu sama lain.

Sedangkan menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), globalisasi adalah proses masuknya ke ruang lingkup dunia.

Globalisasi membuat hubungan antar negara menjadi lebih dekat satu sama lain tanpa adanya batas apapun. Proses ini bahkan bisa terjadi di seluruh belahan bumi manapun, dengan bantuan teknologi sebagai perantara utamanya khususnya di zaman sekarang.

Sedangkan di zaman dahulu globalisasi sudah terbentuk sejak abad ke-15 Masehi, yaitu saat masa penjajahan bangsa Eropa dimulai dengan menggunakan kapal untuk berlayar di sepanjang samudera.

Ciri-ciri Adanya Globalisasi


Banyak orang yang bertanya apa saja ciri-ciri adanya globalisasi? Padahal ciri-ciri tersebut sangat nyata dan lumrah di kehidupan sehari-hari bahkan sering terjadi satu sama lain. Berikut 3 ciri-ciri adanya globalisasi:

Tidak Adanya Batas Antarnegara


Ciri-ciri pertama adanya globalisasi yaitu tidak adanya batas antarnegara. Dimana batasan antarnegara ini jaraknya sangat tipis. Orang satu dengan orang lainnya di negara berbeda bisa saling terhubung dan berkomunikasi hanya menggunakan perangkat ponsel. 

Tentunya hal ini menandakan bahwa, proses terjadinya globalisasi di zaman sekarang memiliki ciri-ciri yang memang terjadi pada keseharian antar manusia.

Mudah Tersebarnya Informasi


Ciri-ciri berikutnya terjadinya globalisasi adalah mudah tersebarnya informasi. Ciri-ciri ini ditandai dengan semua informasi di negara yang jauh bisa saja diketahui melalui kemajuan teknologi tanpa harus mengunjungi negara tersebut dengan bantuan internet.

Semua berita yang ada di dunia bisa saling diketahui satu sama lain baik itu berita baik, buruk, prestasi, dan lain sebagainya melalui media televisi dan internet.

Proses Jual Beli Semakin Luas


Ciri-ciri terakhir terjadinya globalisasi yaitu proses jual beli semakin luas. Pengaruh adanya globalisasi membuat proses jual beli semakin luas antar negara.

Kegiatan ekonomi antar negara juga menjadi lebih dekat salah satunya ditandai dengan pertukaran antar tenaga kerja. Dimana orang asli Indonesia memilih bekerja di negara lain, dan sebaliknya orang luar Indonesia memilih bekerja di Indonesia.

Contoh Globalisasi


Beberapa contoh globalisasi terjadi di berbagai bidang. Bidang-bidang di bawah ini mewakili adanya globalisasi di kehidupan nyata. Beberapa contoh diantaranya sebagai berikut:

Bidang Komunikasi


Contoh globalisasi terjadi pada bidang komunikasi ini, dengan mendorong masyarakat khususnya masyarakat di desa untuk hidup lebih modern dengan memanfaatkan teknologi yang ada agar terciptanya desa global, sehingga tidak ada desa yang terisolasi dari dunia luar khususnya informasi penting dari luar daerah.

Bidang Budaya


Pertukaran budaya antar negara menjadi contoh nyata terjadinya globalisasi bidang budaya. Budaya asing bisa masuk ke Indonesia dengan mudahnya, seperti tren fashion negara lain bisa diikuti masyarakat Indonesia, begitupun sebaliknya. 

Contoh lain terjadinya globalisasi pada bidang budaya juga ditandai kehidupan masyarakat di dunia, yang semakin maju dan lebih modern karena keterbukaan akan perkembangan teknologi.

Bidang Iptek


Contoh terjadinya globalisasi pada bidang iptek ini, tentunya tidak lepas dari bantuan negara lain terhadap kemajuan teknologi di berbagai negara. Penciptaan teknologi di negara Indonesia salah satunya dibantu oleh negara-negara yang memiliki teknologi canggih di negaranya atau, negara maju seperti Jepang, Cina, hingga Singapura.

Sedangkan contoh lainnya yaitu, penyebaran informasi yang semakin mudah dan cepat dengan bantuan adanya media internet dan televisi.

Bidang Transportasi


Penggunaan teknologi menjadi peran utamanya terjadinya globalisasi pada bidang transportasi. Di bangunnya jalur-jalur lintas antar negara memudahkan perjalanan dari negara satu ke negara lain mudah untuk dilakukan tanpa hambatan yang berarti.

Bidang Ekonomi


Perkembangan investasi antar negara menjadi contoh nyata terjadinya globalisasi pada bidang ekonomi. Investasi yang semakin sering dapat mengangkat tingkat ekonomi suatu negara. Sehingga terjadinya ekspor dan impor antar negara akan menjadi lebih mudah dan cepat.

Dampak Globalisasi Secara Nyata


Terjadinya proses globalisasi tentunya memiliki berbagai dampak di kehidupan antar negara. Bahkan tidak semua globalisasi yang ada memiliki pengaruh yang positif, namun ada juga dampak negatif. Berikut beberapa dampak positif dan negatif adanya globalisasi:

Dampak Positif


Hadirnya globalisasi di kehidupan manusia menyebabkan beberapa hubungan antar negara menjadi lebih dekat. Penyebaran informasi di seluruh dunia pun menjadi lebih mudah dan cepat, sehingga membuat perkembangan ilmu pengetahuan menjadi lebih berkembang.

Perkembangan ekonomi masing-masing negara menjadi lebih meningkat karena pengaruh adanya globalisasi, yang diimbangi dengan majunya sistem transportasi yang ada. Berbagai peluang pun muncul seiring berkembangnya teknologi dari masa ke masa.

Dampak Negatif


Terjadinya globalisasi dalam kehidupan manusia juga tidak hanya berdampak positif saja, namun globalisasi juga menimbulkan dampak negatif. Mengapa demikian? Pasalnya, globalisasi yang sifatnya terbuka membuat budaya dari negara mana saja bisa masuk ke dalam negeri.

Akibatnya, budaya yang ada di negeri ini akan terganggu dan tercemar karena pengaruh budaya dari luar. Segala hal yang telah menjadi adat istiadat bisa saja berubah dan luntur dimakan era globalisasi yang mempengaruhi tatanan yang ada secara cepat.

Itulah ulasan singkat mengenai globalisasi di era modern seperti sekarang ini. Hadirnya globalisasi memang memberikan kesempatan untuk saling terhubung dengan negara lain dan melek akan teknologi, namun jangan sampai globalisasi mengubah nilai-nilai yang sudah ada dan terbentuk sebelumnya.