Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Keindahan Batu Stone Garden Bandung, Wisata Alam di Bandung

Rabu, 02 November 2022 | 18:00 WIB Last Updated 2022-11-02T11:00:00Z
Daftar Isi [Tampilkan]
Tempat Wisata Stone Garden Bandung
Wisata Stone Garden Bandung

Populer24 - Stone Garden Bandung merupakan objek wisata situs batu layaknya Stonehenge di Inggris. Bebatuan tersebut terbentuk secara alami tanpa dibuat atau replika seperti yang ada di Jogja atau Bandungan. 

Stone Garden memiliki bebatuan yang tidak beraturan di atas hamparan tanah. Bentuknya yang abstrak tersebut membuat nilai estetika tersendiri. Formasi batu membentuk taman alam yang bisa menjadi spot foto para pengunjung. Bahkan Anda juga bisa mengunjungi objek wisata Gua Pawon karena masih dalam satu area.

Tiket Masuk Wisata Stone Garden 

Untuk memasuki kawasan situs batu ini dikenakan tarif Rp. 12.000 saja. Biasanya untuk kalangan turis harga tiket masuknya sekitar Rp. 25.000. Harga tersebut tentu saja sebanding dengan keindahan dan eksotisme Stone Garden Bandung.

Selain situs bebatuan, Stone Garden juga menyediakan tempat berkemah yang tarifnya disesuaikan lamanya waktu kegiatan. Keindahan batu yang unik membuat Stone Garden sering dijadikan tempat Prewedding, dengan hanya Rp. 300.000. Untuk area parkir motor dikenakan biaya Rp. 5000, mobil Rp. 7000, dan bus sekitar Rp. 30.000.

Stone Garden Bandung
Stone Garden Bandung


Alamat Objek Wisata Situs Batu Stone Garden

Kawasan Stone Garden Bandung masih dalam satu area dengan Gua Pawon. Letaknya di kampung Girimulya, Desa Gunung Masigit, Kecamatan Cipatat, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat, Indonesia.

Anda bisa mengunjungi destinasi ini selama 1 sampai 2 jam perjalanan dari pusat kota Bandung. Selain murah, Stone Garden juga dapat menjadi wisata sejarah khususnya di zaman bebatuan. Tidak sedikit para pelajar yang berkunjung ke tempat ini untuk sekedar swafoto ataupun rekreasi.

Rute Menuju Objek Wisata Stone Garden Bandung

Jika Anda ingin mengunjungi Stone Garden dari pusat kota Bandung menggunakan kendaraan pribadi, Anda bisa masuk ke tol Purbaleunyi dan keluar tol Padalarang. Setelah masuk ke kawasan Tagog Apu, akan terlihat tulisan Gua Pawon. Stone Garden berada dalam satu kawasan dengan Gua Pawon.

Anda bisa berjalan kaki dari Gua Pawon menuju Situs Batu Stone Garden. Banyak orang yang bilang jika Stone Garden memiliki nuansa seperti di New Zealand. Tidak hanya hamparan tanah dan bebatuan saja, disana juga terdapat rumput hijau yang mengelilingi bukit. 

Stone Garden Bandung
Stone Garden Bandung

Jam Masuk dan Buka Wisata Stone Garden

Situs Batu Stone Garden Bandung buka setiap hari pada pukul 05.00 WIB sampai dengan pukul 18.00 WIB. Anda bisa mengunjungi kawasan ini kapan saja bersama teman, kerabat ataupun keluarga. 

Wisata ini sangat populer di kalangan muda untuk sekedar selfie atau berfoto ria. Karena keunikanya, Stone Garden banyak digemari traveller yang sedang hunting foto. Terutama di Indonesia masih belum banyak situs bebatuan alam yang terhampar sangat estetik.

Pertanyaan yang Sering Ditanyakan (FAQ) 

Apa hal yang paling menarik dari destinasi wisata Stone Garden ?

Stone Garden Bandung adalah kawasan situs batu alam yang terbentuk secara alami. Letaknya satu area dengan Gua Pawon, sehingga Anda bisa sekaligus mengunjungi dua destinasi tersebut. Tempat ini sangat instagramable, karena pemandanganya sangat unik dan belum pernah ditemui di Jawa Barat.

Apa yang membedakan Stone Garden dengan destinasi stone lain di Indonesia? 

Selain di Bandung, wisata situs batu juga ada di Semarang dan Jogja. Namun, tempat ini menyuguhkan pemandangan yang eksotis layaknya di luar negeri. Namun, karena hamparan tanah tidak banyak wahana yang disediakan. Oleh karena itu, tempat ini lebih cocok dijadikan spot foto bagi para selebgram ataupun content creator.

Waktu Terbaik Berkunjung di Situs Batu Stone Garden

Stone Garden buka setiap hari, sehingga Anda tidak perlu khawatir jika ingin berkunjung di hari libur maupun weekday. Biasanya weekend jauh lebih ramai dibandingkan hari biasa. Anda bisa menghabiskan waktu libur untuk hunting foto bersama teman di Stone Garden Bandung tanpa mengeluarkan uang banyak.

Stone Garden Bandung
Stone Garden Bandung

Daya Tarik Objek Wisata Sejarah Stone Garden

Daya tarik utama dari Stone Garden adalah hamparan batu yang unik dan tersusun tidak beraturan. Keunikan tersebut memberikan nilai sejarah yang besar. Menurut Chisaki Baba seorang Praktisi Pendidikan dan Kebudayaan yang berasal dari Jepang, Stone Garden Bandung harus dilestarikan karena potensinya yang luar biasa. 

Beliau menyatakan batuan atau karst yang ada disana harus dilestarikan dan dilindungi dengan baik. Jenis batu yang ada di Stone Garden berbeda dengan situs batu di Eropa maupun Amerika.  Hal ini tentu menjadi nilai lebih akan kekayaan alam di Indonesia.

Selain mengunjungi situs batu Stone Garden Bandung, Anda juga bisa melihat bukti peninggalan sejarah di Gua Pawon. Bagi para pelajar maupun mahasiswa, Anda bisa mencoba berkemah di Stone Garden. Pada malam hari, langit dipenuhi dengan jutaan bintang yang membuat suasana semakin indah.

Stone Garden berada diatas ketinggian 700 mdpl, sehingga udaranya sejuk dan cukup dingin. Pagi harinya, Anda akan disuguhi sunrise yang sangat indah. Pancaran cahaya pagi yang menyapu kabut membuat suasana menjadi lebih hangat dan harmonis.

Sejarah dan Legenda Destinasi Stone Garden

Bebatuan di Stone Garden Bandung diperkirakan sejak zaman Miosen, yaitu 20 sampai 30 juta tahun yang lalu. Batu tersebut awalnya terumbu karang yang merupakan dasar laut. Hal ini menunjukan bahwa Bandung dulunya adalah wilayah laut.

Seiring berjalannya waktu, air laut mulai surut dan ditinggali oleh manusia. Pertama kali ditemukan destinasi ini adalah Gua Pawon. Gua tersebut menjadi bukti adanya peninggalan kehidupan sejak 9500 tahun yang lalu. 


Stone Garden Bandung


Tips Berwisata di Stone Garden Bandung

Sebagai kawasan bebatuan, Stone Garden harus terus dijaga kelestarianya. Baik masyarakat sekitar, pemandu, maupun pengunjung harus tetap memperhatikan kebersihan. Stone Garden menyimpan bukti nyata kehidupan manusia dahulu, termasuk alat dan perabot yang digunakan.

Hal utama yang harus Anda siapkan adalah kamera karena sangat rugi jika tidak bisa mengabadikan momen indah disana. Anda tidak perlu khawatir mengenai budget ke Stone Garden, karena tiket masuknya sangat terjangkau. 

Jangan lupa untuk selalu mematuhi protokol kesehatan dimana saja Anda berada. Pastikan tubuh Anda sedang fit dan tidak merasakan gejala sakit. Siapkan diri Anda untuk melihat keindahan alam bebatuan layaknya di Eropa.

Stone Garden Bandung menjadi tempat paling tepat untuk hunting foto yang instagramable. Banyak pengunjung yang membuat video prewedding, syuting dan sebagainya. Tidak bisa dipungkiri memang Stone Garden memiliki keindahan yang luar biasa.