Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Tempat Wisata Religi di Indonesia

Senin, 24 Januari 2022 | 14:57 WIB Last Updated 2022-03-03T07:32:17Z
Daftar Isi [Tampilkan]

Berkeliling Indonesia Mengunjungi Tempat Wisata Religi Berbagai Agama


Populer 24 - Indonesia merupakan negara yang memiliki keberagaman budaya dan agama yang berbeda-beda. Tidak hanya terdiri dari agama Islam yang menjadi agama mayoritas di tanah air, namun agama lain juga ikut mewarnai dan melengkapi keberagaman agama di negara Indonesia. Namun banyaknya agama yang ada di Indonesia tidak menghalangi rasa saling menghargai dan rasa toleransi di antara satu dengan yang lainnya. 

Secara hukum di Indonesia, Indonesia menganut lima agama yang diakui yaitu agama Islam, agama Katolik atau Kristen, agama Budha, agama Hindu, dan agama Konghucu. Kelima agama ini hidup rukun sejahtera dan tentunya memiliki tempat ibadah masing-masing untuk menjalankan ibadah setiap harinya. Dari beberapa tempat ibadah yang ada, beberapa tempat ibadah diantaranya memiliki perpaduan harmonis dengan arsitektur yang kental akan budaya Indonesia. 

Perpaduan tersebutlah kemudian menjadi daya tarik untuk para wisatawan untuk berkunjung. Tidak heran kemudian banyak sekali tempat-tempat wisata religi di Indonesia yang dapat dijadikan pengalaman religi anda dan pengetahuan bila mengunjungi nya. Berikut daftar lima tempat wisata religi dari semua agama yang ada di Indonesia yang patut kamu kunjungi.

1. Tempat Wisata Religi Di Indonesia  : Masjid Istiqlal Jakarta


Tempat Wisata Religi Di Indonesia
Masjid Istiqlal Jakarta | Sumber foto : Instagram @astrid_mustafa

Tempat wisata religi yang pertama ini mungkin sudah tidak asing lagi bagi anda yang tinggal di daerah Jakarta. Masjid yang diberi nama Masjid Istiqlal ini berada di Ibukota Jakarta dan merupakan masjid terbesar di Indonesia dan Asia Tenggara.
Masjid ini dibangun berdasarkan hasil usulan dari Ir. Soekarno dan Moh. Hatta pada saat keduanya menjabat sebagai Presiden dan Wakil Presiden Indonesia yang pertama pada saat itu. Di awal pembangunannya terjadi perbedaan pendapat lokasi antara Ir. Soekarno dan Moh. Hatta. Namun pada akhirnya setelah sempat mengalami perselisihan lokasi diantara keduanya, lokasi pilihan Bung Karno pun dipilih sebagai lokasi dibangunnya masjid Istiqlal ini yaitu di lahan bekas benteng Belanda Frederik Hendrik.
Berdasarkan situs resmi sejarah masjid ini, Masjid Istiqlal dibangun langsung oleh seorang non-muslim bernama Frederich Silaban. Keunikan sejarah dan keunikan arsitektur masjid ini pun kemudian menjadi daya tarik sendiri bagi umat muslim Indonesia untuk mengunjungi masjid terbesar di Asia Tenggara itu.

2. Tempat Wisata Religi Di Indonesia : Goa Maria Sendangsono Yogyakarta


Tempat Wisata Religi Di Indonesia
Goa Maria Sendangsono Yogyakarta | Sumber foto : Instagram @gembeltraveller

Tempat wisata religi kedua yang satu ini mungkin sudah sangat populer dikalangan umat Katolik yang ada di tanah air yaitu Goa Maria Sendangsono. Goa Maria Sendangsono yang terletak di Yogyakarta ini awalnya dijadikan tempat istirahat para wisatawan yang akan menuju ke Candi Borobudur. Selain itu terdapatnya sumber mata air atau sendang diantara dua pohon sono, merujuk Visiting Jogja membuat tempat ini juga dijadikan tempat persinggahan.
Namun pada 8 Desember 1929 Gua Maria Sendangsono mulai dikenal banyak orang berkat campur tangan dari Romo Van Lith SJ dan Romo JB Pernthaler SJ. Seiring berjalannya waktu, kemudian Goa Maria Sendangsono mengalami pengembangan lokasi yang dijadikan sebagai tempat wisata religi untuk umat Katolik. Sentuhan etnik jawa dengan perpaduan hasil alam oleh Romo Mangunwijaya pada bangunan Goa ini membuat banyak umat Katolik yang setiap tahunnya datang berkunjung ke tempat ini.

3. Tempat Wisata Religi Di Indonesia : Candi Borobudur Yogyakarta


Tempat Wisata Religi Di Indonesia
Candi Borobudur Yogyakarta | Sumber foto : Instagram @kemumaibali.traveller_

Tempat wisata religi berikutnya merupakan tempat wisata religi yang mungkin telah mendunia dan banyak dikunjungi para wisatawan baik dalam negeri maupun luar negeri yaitu Candi Borobudur. Candi Borobudur merupakan salah satu tempat yang dianggap suci bagi umat Buddha yang telah berdiri sejak abad kesembilan.

Tempat wisata religi ini memiliki kekayaan sejarah, arsitektur yang menawan, makna agama Budha, dan tak kalah menariknya keindahan alam yang menawan yang ada di sekitar Candi Borobudur yang menjadi magnet utama bagi para wisatawan.

Selain Candi Borobudur, para wisatawan juga dapat mengunjungi beberapa candi lainnya yang ada di wilayah Yogyakarta seperti Candi Mendut dan Candi Prambanan.

4. Tempat Wisata Religi Di Indonesia : Pura Tanah Lot Bali


Tempat Wisata Religi Di Indonesia
Pura Tanah Lot Bali | Sumber foto : Instagram @dive.the.world

Bagi anda yang beragama Hindu jangan melewatkan untuk ke tempat wisata religi yang satu ini yaitu Pura Tanah Lot di Bali. Pura yang memiliki daya magis yang sangat kuat ini terletak di atas batu karang yang berada di lepas pantai di Bali.

Pura Tanah Lot Bali memiliki banyak keunikan di dalamnya diantaranya pura ini hanya dapat dikunjungi saat air laut surut. Untuk menuju ke pura ini anda tidak disarankan untuk berenang karena terjangan ombak di Tanah Lot sangatlah kuat. Selain itu pemandangan matahari terbenam yang menawan dapat anda saksikan hanya di Pura Tanah Lot ini.

5. Tempat Wisata Religi Di Indonesia : Klenteng Sam Poo Kong Semarang


Tempat Wisata Religi Di Indonesia
Klenteng Sam Poo Kong Semarang | Sumber foto : Instagram @ysuryakusuma

Tempat wisata religi yang terakhir ini sangat wajib dikunjungi para umat Konghucu yang ada di Indonesia yaitu Klenteng Sam Poo Kong. Kelenteng yang berlokasi di Semarang, Jawa Tengah ini memiliki keunikan pada bangunannya yang sangat oriental. Selain itu nuansa merah dengan hiasan lampion  dan taman khas Tiongkok yang menghiasi seisi dalam kompleks kelenteng ini juga dapat memanjakan mata anda.