Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Push Up Setiap Hari Baik atau Buruk? Begini Penjelasannya

Rabu, 19 Januari 2022 | 23:17 WIB Last Updated 2022-03-03T07:39:50Z
Daftar Isi [Tampilkan]
Push Up Setiap Hari Baik atau Buruk? Begini Penjelasannya
Push Up | Photo by Andrea Piacquadio

Populer24 - Push Up setiap hari baik atau buruk untuk tubuh? Ketahui jawabannya di dalam ulasan artikel ini, agar tidak salah kaprah tentang olahraga Push Up yang benar.

Push Up merupakan salah satu olahraga atau aktivitas latihan fisik yang kerap dilakukan oleh orang-orang. Push Up merupakan aktivitas latihan fisik yang cukup mudah dan tidak memerlukan alat sama sekali, Push Up hanya membutuhkan kekuatan dan ketangkasan pelakunya.

Push Up juga bisa dilakukan di mana saja, Push Up bisa dilakukan di taman, GYM, jalan, teras rumah, hingga kamar. Yang diperlukan hanya tempat yang nyaman apabila digunakan untuk meletakkan tangan dan kaki guna melakukan gerakan Push Up.

Tanpa perlu dijelaskan di artikel ini, sebagian besar orang pasti sudah mengetahui bagaimana cara melakukan gerakan Push Up. Meskipun gerakan Push Up terlihat cukup mudah untuk dilakukan, namun faktanya jika kamu jarang melakukannya maka akan sedikit kesulitan dan hanya mampu melakukan beberapa hitungan gerakan Push Up saja.

Perlu diketahui bahwa di balik gerakan simpel Push Up, Push Up dapat memberikan banyak manfaat untuk tubuh pelakunya, terutama untuk otot tubuh. Push Up bisa dijadikan salah satu gerakan olahraga untuk membentuk massa otot tubuh bagian atas, mulai dari tangan hingga area dada.

Dikarenakan gerakan Push Up mudah dilakukan, ada isu yang menyebut bahwa melakukan Push Up setiap hari akan baik untuk tubuh khususnya pembentukan otot tubuh. Lantas, Push Up setiap hari baik atau buruk untuk tubuh pelakunya?

Berikut ini beberapa penjelasan terkait pertanyaan Push Up setiap hari baik atau buruk untuk tubuh.
Push Up setiap hari baik atau buruk?

Jika melakukan Push Up setiap hari ditujukan agar bisa mahir dan terbiasa melakukan gerakan Push Up sepertinya boleh-boleh saja. Namun, dilansir dari laman Live Strong, melakukan Push Up setiap hari untuk mendapatkan massa otot tubuh merupakan tindakan yang kurang tepat.

Push Up sama halnya dengan latihan memperbesar massa otot lainnya seperti angkat beban. Apabila kamu menetapkan Push Up sebagai latihan untuk memperbesar ototmu, maka jangan dilakukan setiap hari, tentukan waktu istirahat dalam seminggu agar pertumbuhan otot bisa lebih maksimal.

Perlu kamu tahu bahwa massa otot akan berkembang apabila kamu beristirahat setelah melakukan gerakan olahraga pengembangan massa otot. Jadi pastikan untuk selalu meluangkan waktu untuk beristirahat, jangan memaksakan untuk melakukan Push Up setiap hari dengan harapan massa otot akan berkembang.

Selain itu, melakukan gerakan Push Up setiap hari juga dapat membawa resiko buruk untuk tubuh, risiko buruk tersebut adalah cedera. Menurut penjelasan pemilik EBM Fitness Solutions, Tom Biggart, DPT, CSCS, melakukan gerakan Push Up setiap hari bisa berisiko disfungsi bahu dan leher.

"Tanpa pelatihan yang tepat, push-up setiap hari dapat memperburuk ini dan mempercepat rasa sakit atau disfungsi bahu dan leher," ujar Tom Biggart dikutip dari laman Live Strong.

Manfaat melakukan gerakan Push Up


1. Push Up dapat menambah massa otot


Seperti yang telah dibahas sebelumnya, massa otot tubuh akan bertambah dengan melakukan gerakan Push Up, khususnya beberapa otot tubuh bagian atas seperti tangan, perut, punggung, hingga dada.

Otot di tangan seperti biceps dan triceps akan terasa sakit apabila Push Up dilakukan dengan teknik yang salah, namun jika dilakukan dengan cara yang benar maka otot dada pun akan terasa sedikit sakit.

Gerakan Push Up juga dapat ditargetkan untuk memperbesar massa otot di bagian tubuh tertentu.

Umumnya, variasi Push Up diamond dilakukan untuk memperbesar massa otot triceps, contoh lainnya variasi backward Push Up dilakukan untuk memperbesar massa otot punggung hingga perut.

2. Push Up dapat memperbaiki postur tubuh


Postur tubuh yang cenderung membungkuk menandakan orang tersebut kurang melakukan aktivitas fisik atau olahraga. Untuk memperbaiki postur tubuh tersebut, Push Up bisa dijadikan solusi.

Melakukan olahraga atau Push Up dapat memperbaiki postur tubuh, sehingga nantinya postur tubuh kan lebih tegak dari sebelumnya.

3. Push Up dapat membantu menurunkan berat badan


Sebagaimana olahraga yang lain, gerakan Push Up juga mampu menurunkan berat badan secara alami. Push Up disebut sebagai gerakan latihan fisik yang dapat membakar kalori di dalam tubuh dengan cepat.

Orang yang sedang melakukan diet bisa menetapkan Push Up sebagai salah satu cara untuk menurunkan kalori, dengan terbakarnya kalori maka berat badan tubuh akan turun.

4. Push Up dapat mengencangkan payudara


Manfaat lain Push Up untuk para wanita adalah dapat mengencangkan payudara. Para wanita tentunya menginginkan payudara yang kencang dan sehat, untuk mendapatkan hal tersebut, para wanita bisa melakukan gerakan Push Up.

Demikian beberapa manfaat Push Up serta penjelasan terkait melakukan Push Up setiap hari baik atau buruk, semoga bermanfaat.

Ditulis Oleh : Risco Ferdian
Editor : Sophia Wardhani