Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Bukit Moko / Puncak Bintang Bandung, Destinasi Alam Eksotis dan Romantis

Rabu, 02 November 2022 | 13:51 WIB Last Updated 2022-11-02T07:09:52Z
Daftar Isi [Tampilkan]
Bukit Moko / Puncak Bintang Bandung
Bukit Moko / Puncak Bintang Bandung

Populer24 - Bukit Moko Bandung merupakan destinasi wisata yang eksotis sebagai tempat refreshing bersama teman maupun pasangan. Wisata ini menyuguhkan kesan romantis di puncak bukit Bintang Bandung yang dikenal dengan Bukit Moko. 

Bukit Moko sangat cocok untuk para pecinta alam  untuk menikmati pemandangan diatas ketinggian. Bukit ini berada di ketinggian 1.500 meter diatas permukaan laut, sehingga udaranya dingin dan sangat sejuk. 

Tiket Masuk Wisata Alam Bukit Moko

Keindahan alam Bukit Moko Bandung bisa Anda rasakan tanpa harus mengeluarkan banyak uang. Cukup Rp. 15.000 saja Anda bisa menikmati kesejukan berada diatas puncak. Harga tersebut sangat murah dibandingkan keindahan laut dan bukit yang bisa Anda lihat secara nyata.

Alamat Objek Wisata Bukit Moko 

Bukit Moko berada di kampung Buntis Bongkor, di desa Cimenyan, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Indonesia 40197. Bandung memang dikenal dengan kota Paris Van Java karena memiliki destinasi yang beragam ala luar negeri.

Jalan menuju Bukit Moko cukup licin dan kurang bagus, karena memang berada di dataran tinggi. Oleh karena itu, Anda harus berhati-hati ketika ingin berkunjung. Terutama jika menggunakan kendaraan roda dua. Anda juga bisa menemukan lokasi Bukit Moko melalui Google Maps.

Rute Menuju Objek Wisata Bukit Moko Bandung

Bagi Anda yang ingin mengunjungi Bukit Moko, Anda bisa menggunakan berbagai transportasi. Baik itu kendaraan pribadi, sewa, maupun kendaraan umum. Namun, kendaraan umum masih terbatas sehingga disarankan untuk menggunakan kendaraan pribadi ataupun sewa mobil.

Letak Bukit Moko sangat strategis, dan bisa langsung menuju lokasi tujuan. Jarak dari terminal Cicaheum hanya sekitar 10 km ke arah Saung Angklung Udjo atau Padasuka. Anda akan memasuki jalan Perhutani KPH Bandung Utara dengan waktu tempuh sekitar 30 menit.

Jam Masuk dan Buka Wisata Bukit Moko

Bukit Moko Bandung beroperasi selama 24 jam setiap hari. Anda bisa mengunjungi destinasi tersebut kapan saja. Selain karena berada di alam, Bukit Moko juga berada diatas ketinggian. Tempat ini sangat cocok untuk kalangan muda yang ingin refreshing atau sekedar menjernihkan pikiran.

Pertanyaan yang Sering Ditanyakan (FAQ) 

Sebagai destinasi wisata alam, Bukit Moko tentu berada didaerah yang cukup rawan. Oleh karena itu, sebelum berkunjung perhatikan beberapa hal berikut :

Apa yang harus diperhatikan sebelum berkunjung ke objek wisata Bukit Moko?

Bukit Moko berada di dataran tinggi sehingga akses jalannya masih kurang bagus dan sedikit licin. Jika Anda ingin mengunjungi wisata ini, pastikan Anda sudah memeriksa kondisi kendaraan, baik itu mobil maupun motor. 

Kapan jam operasional Bukit Moko dimulai?

Jam operasional Bukit Moko Bandung selama 24 jam, sehingga Anda bisa berkunjung untuk melihat indahnya matahari terbit dan tenggelam. Sebagai wisata alam, Bukit Moko termasuk destinasi recommended karena sangat murah dan strategis.

Waktu Terbaik Berkunjung di Bukit Moko 

Bukit Moko adalah dataran tinggi yang berada diatas permukaan laut. Waktu terbaik berkunjung kesana adalah pagi atau sore hari. Pagi hari Anda bisa melihat matahari terbit dengan nuansa hangat. Anda juga bisa melihat matahari terbenam bersama teman atau pasangan dengan suasana yang begitu romantis.

Daya Tarik Objek Wisata Bukit Moko Bandung

Wisata alam Bukit Moko sangat populer untuk tempat hunting foto. Tidak heran jika banyak pasangan yang memilih tempat ini sebagai lokasi Prewedding mereka. Di Setiap sudutnya memiliki keindahan yang sangat eksotis. Terdapat danau yang terbentuk dari letusan gunung berani, denah tersebut dikenal dengan Kawah Putih Ciwidey.

Anda bisa membidik semua keindahan Bandung melalui Bukit Moko Bandung. Jika berkunjung kesini, pastikan Anda membawa kamera untuk mengambil momen indah tersebut. Setiap jepretan kamera pasti memiliki kesan eksotisme dan romantisme yang berbeda.

Kawasan Moko diselimuti awan indah dan tebal, sehingga Anda akan merasakan sensasi menggapai awan. Jika menjelang pagi atau sore hari, kabut tersebut akan muncul dan menyelimuti semua area Moko. Pengunjung sangat disarankan untuk memakai pakaian tebal agar tidak kedinginan.

Daya tarik utama dari Bukit Moko adalah keindahan alam yang luar biasa. Di puncak Moko akan bisa melihat bintang pada malam hari. Warna senja yang sempurna dapat menjadi background foto paling dinantikan oleh para traveller.

Selain wisata alam, Bukit Moko Bandung juga menyediakan warung makan khas Bandung. Ada berbagai macam makanan khas sunda maupun nusantara yang bisa Anda nikmati di tengah udara dingin. 

Suasana akan terasa lebih romantis ketika sunset. Anda pasti merasa kagum melihat keindahan pergantian siang dan malam tersebut. Karena berada di kawasan hutan pinus, efek sinar matahari yang diberikan sangat spektakuler.

Sinar kuning keemasan tembus ke celah pohon yang membuat nuansa sunset sangat menakjubkan. Anda wajib melihat sunset dari Bukit Moko Bandung jika berkunjung ke Ibukota Jawa Barat ini.

Sejarah dan Legenda Kawasan Bukit Moko

Keindahan alam menakjubkan dari Bukit Moko tentu saja hasil dari alam yang luar biasa. Sebelumnya, bukit ini adalah kawasan bukit biasa berada Cimenyan Bandung. Melihat potensi yang tinggi, kawasan tersebut mulai dilestarikan dan menjadi salah satu objek wisata di Bandung.

Bukit Moko Bandung resmi dibuka pada tanggal 23 September 2014. Destinasi alam ini resmi sebagai kawasan Puncak Bukit Bintang. Sampai saat ini banyak pengunjung luar kota yang menikmati keindahan alam dan sunset di Bukit Moko.

Tips Berwisata di Kawasan Dataran Tinggi

Wisata alam di dataran tinggi tentu saja berbeda dengan tempat biasanya. Selain tempatnya yang berkontur, bukit juga berada diatas permukaan laut sehingga perlu diwaspadai yang lebih. Jika ingin mengunjungi Bukit Moko, pastikan kendaraan Anda sudah siap dan sehat. Pakai baju tebal karena udara disana sangat dingin.

Gunakan jaket tebal dan sepatu agar tubuh tetap hangat. Berkunjung ke Bukit Moko tidak afdol jika belum melihat sunset. Oleh karena itu, pastikan Anda memilih waktu sore hari agar bisa menyaksikan fenomena alam yang luar biasa tersebut.

Bukit Moko Bandung menjadi destinasi alam yang tidak kalah indah dengan kawasan dataran tinggi lainya. Sebagai kota wisata, Anda bisa melihat keindahan tempat wisata lain yang dibidik melalui Bukit Moko salah satunya Kawah Putih.