Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Fakta Paling Menarik dari Klub Bola Chelsea FC

Rabu, 12 Oktober 2022 | 07:00 WIB Last Updated 2022-10-12T00:00:00Z
Daftar Isi [Tampilkan]
Fakta Paling Menarik dari Klub Chelsea FC
Chelsea FC

Populer24 - Dunia sepakbola memang tidak ada habisnya terus menghasilkan berbagai tim yang berkualitas. Namun dari sekian banyak tim tersebut, pastinya ada beberapa tim yang menonjol karena kualitasnya. Salah satu yang tidak boleh dilewatkan begitu saja adalah tim Chelsea yang tentunya memiliki banyak sekali prestasi. Hal inilah yang kemudian membuat tim Chelsea pasti memiliki banyak fans yang mendukungnya. Sesuatu yang kemudian membuat berbagai hal tentang Chelsea pastinya ingin diketahui. Termasuk fakta paling menarik dari klub Chelsea seperti berikut ini. 

1. Tim yang Pertama Kali Menggunakan Nomor Punggung 

Tim dan pemain yang menggunakan nomor punggung memang menjadi hal yang sangat lazim di era sepakbola modern sekarang ini. Namun mungkin belum banyak yang tahu, bahwa tim Chelsea adalah tim yang pertama kali menggunakan nomor punggung untuk seluruh pemainnya. Kejadian ini sendiri terjadi pada tahun 1928, lebih tepatnya pada pertandingan Chelsea melawan Swansea. Nyatanya pemasangan nomor punggung ini disambut baik oleh penonton. Hal ini disebabkan karena penonton bisa mengetahui siapa saja yang sedang membawa bola dengan melihat nomor punggungnya. Inisiatif dari tim Chelsea ini ternyata kemudian diikuti oleh banyak tim sepakbola lainnya di seluruh dunia. 

2. Klub Pertama Inggris yang Menyapu Semua Trofi Eropa 

Trofi Eropa jelas memiliki gengsi tersendiri bagi tim manapun yang berkompetisi. Untuk itulah, tidak heran apabila setiap tim pastinya berlomba-lomba untuk bisa memenangkan trofi Eropa ini. Satu fakta yang mungkin belum diketahui oleh banyak orang adalah bahwa ternyata Chelsea adalah klub pertama Inggris yang menyapu semua trofi Eropa. Gelar yang berhasil dimenangkan Chelsea sendiri seperti Liga Euro, Liga Champions, Winner Cup hingga Super Cup. 

3. Stadion Stamford Bridge Tidak Sepenuhnya Milik Klub 

Membicarakan Chelsea maka jelas tidak mungkin memisahkannya dengan stadion Stamford Bridge. Stadion yang merupakan kandang dari The Blues ini memiliki ciri khas biru yang merupakan warna kebanggan dari Chelsea. Hal inilah yang kemudian membuat banyak orang beranggapan bahwa Stadion Stamford Briged merupakan milik sepenuhnya dari klub Chelsea. Namun pada kenyataannya adalah ternyata Stadion Stamford Bridge ini tidak dimiliki sepenuhnya oleh klub Chelsea. Namun pada kenyataannya, hak milik dan hak penamaan dari stadion Stamford Bridge ini juga dimiliki oleh fans Chelsea. 

4. Desain Logo Chelsea Beberapa Kali Diganti 

Bagi sebuah tim sepakbola maka logo tim adalah sesuatu yang sangat penting sekali. Hal yang sama juga berlaku untuk tim Chelsea yang ternyata melakukan pergantian logo. Namun mungkin belum banyak yang tahu bahwa ternyata Chelsea sendiri melakukan perubahan desain logo selama beberapa kali. 

5. Manajer Terlama Klub Dipegang oleh David Calderhead 

Di era modern sekarang ini, memang sulit sekali menemukan pelatih yang bisa bertahan lama melatih di sebuah klub. Namun ternyata tim Chelsea pernah berada di fase memiliki manajer terlama di klub mereka. Nama manajer tersebut adalah David Calderhead yang diketahui melatih sejak tahun 1907 hingga 1933. 

6. Chelsea Pernah Memakai Baju Lawan 

Kejadian memalukan ini pernah terjadi pada tahun 1997, lebih tepatnya ketika Chelsea bertamu ke kandang Coventry City. Pada momen tersebut, Chelsea yang seharusnya membawa baju tandang ternyata tidak membawanya. Hal inilah yang kemudian membuat mereka terpaksa untuk menggunakan jersey milik lawan. 

7. Membeli Striker Mahal yang Gagal 

Salah satu transfer Chelsea yang paling membuat terkejut adalah ketika membeli Fernando Torres yang merupakan striker Liverpool. Digadang-gadang akan menjadi striker jempolan ternyata Torres malah layu dan mendapatkan banyak cemoohan dari fans.