Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

FaktaSungai Aare Swiss, Tempat Tenggelamnya Eril Anak Ridwan Kamil

Kamis, 16 Juni 2022 | 22:24 WIB Last Updated 2022-09-06T14:13:11Z
Daftar Isi [Tampilkan]

Sungai Aare Swiss
Sungai Aare Swiss

Populer24 - Sungai Aare menjadi sorotan publik sejak beberapa waktu terakhir setelah putra sulung Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, Emmeril Kahn Mumtadz atau Eril, hanyut dan tenggelam. Sungai Aare adalah sungai terpanjang di Swiss dengan total sepanjang 295 km. Sungai ini mengalir dari Bern, melewati Brienzersee dan Thunersee, lalu bertemu dengan sungai Rhein di Jerman.

Sungai Aare memang sudah sering dijadikan tempat berenang dan tempat wisata di Swiss baik oleh warga dan turis asing, meskipun ada banyak peringatan yang mengatakan sungai itu cukup berbahaya karena arusnya  yang cukup deras dan ukurannya yang sangat lebar.

Pemerintah Bern bahkan menyiapkan sejumlah portal, papan peringatan dan alat keselamatan di sekitar Sungai Aare. Tak hanya itu, ada pula loker untuk menyimpan peralatan dan perbekalan wisata. Meski dikenal cukup berbahaya, pengunjung Sungai Aare tetap ramai setiap tahunnya. Pemandangan yang indah dan sungai yang bersih tentu menjadi daya tarik tersendiri.

Berikut beberapa fakta Sungai Aare di Swiss yang telah kami rangkum untuk anda.

Fakta-Fakta Sungai Aare di Bern, Swiss

Dulu Sungai Aare Kotor

Dulu Sungai Aare dijadikan tempat pembuangan limbah pabrik, tapi warga akhirnya menuntut agar pemerintah Swiss melakukan pembersihan sungai di seluruh negeri. Kini, Sungai Aare telah bersih dengan air yang jernih berwarna biru dan memiliki kualitas air yang baik. Warna air akan mengikuti musim juga, lho.

Kedalaman Sungai Aare 200 meter

Sungai Aare memiliki kedalaman mencapai 200 meter di bagian Meiringen. Dari sini, ia mengalir ke arah Danau Brienz hingga ke Danau Thun di Interlaken. Selain memiliki kedalaman yang luar biasa, arus Sungai Aare juga deras. Otoritas Swiss pun mengimbau wisatawan yang berenang untuk waspada dan jika perlu, didampingi oleh warga lokal.

Sungai Aare Terpanjang di Swiss

Sungai Aare adalah sungai terpanjang di Swiss, panjangnya 295 km dengan area seluas 17.779 km persegi. Ini menjadikannya sungai terpanjang dan terbesar di Swiss.

Banyak Titik Keluar untuk Perenang

Di sepanjang Sungai Aare terdapat beberapa titik keluar untuk perenang berupa tangga dan besi berwarna merah yang biasa dipakai untuk menepi dan berpegangan. Ini menjadi salah satu bentuk antisipasi bagi para perenang supaya bisa lebih mudah menemukan cara keluar dari arus sungai.

Dianggap Kolam Renang Publik

Sungai Aare sudah lama dianggap sebagai kolam renang umum oleh masyarakat Swiss, terutama wilayah Bern. bahkan ada sebagian warga Bern yang berkomuter melewati sungai sambil berenang. Mereka membawa baju keringnya menggunakan dry bag dan mereka bisa menyeberang untuk menuju bagian kota lainnya.

Warisan UNESCO

Sejak 2017, berenang di Sungai Aare Swiss menjadi warisan tak benda dari UNESCO. Warisan budaya tak benda atau warisan tak benda adalah semua praktik, representasi, pengetahuan, keterampilan, instrumen, artefak dan objek. Di beberapa kasus, masyarakat, kelompok atau kegiatan tertentu juga bisa menjadi bagian dari warisan budaya tak benda.

Itulah fakta-fakta mengenai Sungai Aare yang terletak di Bern, Swiss. Jika Anda berniat untuk berwisata kesana, tetap waspada dan patuhi peraturan yang ada.

Penulis: Anisa Ramadhani