Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

7 Fakta Penting Terkait Keistimewaan Malam Lailatul Qodar Menurut Al-Quran dan Hadist

Kamis, 28 April 2022 | 22:37 WIB Last Updated 2022-05-14T13:22:08Z
Daftar Isi [Tampilkan]

Sumber Foto: Ifan Apriliyanto (Masjid Agung Cianjur)
 

Populer24 – Keistimewaan pada bulan ramadhan yang sering kali dinanti-nanti oleh seluruh umat muslim di dunia ialah mengenai adanya kedatangan malam lailatul qodar yaitu malam yang lebih baik dari seribu bulan.

Ada salah satu hadist, Nabi Muhammad SAW pernah menceritakan bahwa adanya seorang laki-laki dari kalangan bani israil, berjaga sepanjang malam dalam berjuang di jalan Allah SWT.

Dalam sebuah hadist tersebut, Allah SWT berfirman ”Sesungguhnya kami telah menurunkan Al-Quran pada malam kemuliaan. Dan tahukah kamu apakah malam kemuliaan itu? Malam kemuliaan itu lebih baik dari seribu bulan. Pada malam tersebut gurunya para malaikat-malaikat dan malaikat jibril dengan izin Allah SWT untuk mengatur segala urusan. Malam itu penuh kesehjateraan sampai terbit fajar (QS.Al-Qodr 1-5)

Di malam itu menjelaskan bahwa malaikat-malaikat turun dari langit menuju bumi, Susana bumi akan terasa damai dan hangat dari malam biasanya.

Selain itu orang-orang mukmin yang berdoa pada malam itu dimuliakan  dan akan cepat dalam pengabulan do’amya oleh Allah SWT. Maka sesungguhnya beruntunglah ketika malam lailatul qodar dapat memhohon do’a kepadanya sekaligus di do’akan pula oleh para malaikat yang bertugas trun kebumi pada malam itu.

Malam lailatul qodar atau malam lebih baik dari seribu bulan yang pada umumny dating menjelang sepuluh hari terakhir bulan ramadhan. Meskipun dalam hal itu tidak ada yang tahu kapan pastinya kedatangan malam lailatul qodar, namun ada beberapa ciri-ciri akan datangnya malam penuh ampunan ini.

Berikut ini 7 Fakta Penting Terkait Keistimewaan Malam Lailatul Qodar Menurut Alquran dan Hadist 
  1. Keistimewaan malam lailatul qadar merupakan malam turunya pentujuk dan pedoman hidup manusia (Al-Quran). Dalam suara Al-Baqrah dan Al-Qadr “Bulan Ramadhan bulan yang di dalamnya turunya Al-Quran..”(Qs Al-Baqarah 185) “Sesunggunya kami telah menrunkan Al-Quran pada malam kemuliaan” (Qs Al-Qadr 1)
  2. Malam lailatul qodar sering disebut dengan malam lebih baik dari seribu bulan ini menjelaskan bahwa dalam firmanya Allah SWT, “Tahukah kamu apa itu malam lailatul qadar? Lailatu qadar lebih baik daripada malam seribu bulan.” (Qs Al-Qadr 2-3)
  3. Keutamaan malam lailatul qodr dianugerahi dengan turunya suatu keberkahan yang diberikan oleh Allah SWT dalam firmanya menjelaskan “Sesungguhnya kami menrunkanya pada suatu malam yang diberkahi dan sesungguhnya kamilah yang memberi sebuah peringatan. Pada malam tersebut menjelaskan segala urusan penuh hikmah yaitu urusan besar dari sisi kami, sesungguhnya kami adalah yang mentus para rasul.” (Qs Dukhan 3-5)
  4. Malam lailatu qodar adalah malam yang penuh kesehjateraan dan kedamian. Allah SWT berfirman “Malam itu penuh kesejahteraan dari waktu magrib sampai dengan terbit fajar.” (Qs Al-Qodr: 5)
  5. Malam lailatul qodar akan dipenuhi dengan para malaikat yang berbondong-bondong trun ke bumi. Maka malam tersebut dianjurkan bagi umat muslim untuk banyak-banyak berdo”a kepada Allah“. Pada malam itu turun malaikat - malaikat dan malaikat Jibril dengan izin Tuhannya untuk mengatur segala urusan.” (Q.S Al-Qadr: 4)
  6. Selajutnya, pada malam lailatul qodar dosa umat muslim akan mendapat ampunan, Allah SWT membuka lebar-lebar pintu ampunan bagi siapa saja yang memonta ampunanya. Dalam riwayat Abu Hurairah, Rasulullah bersabda, “Barang siapa yang menegakan shalat pada malam lailatul qodar atas dorongan iman dan mengharap balasan (dari Allah), maka diampunilah dosa-dosanya yang telah lalu.” (HR.Bukhari, An Nasa”I, dan Ahmad)
  7. Terakhir, malam lailatul qodar adalah malam penuh kebaikan. Pada malam tersebut dianjurkan bagi umat muslim untuk seslalu mengerjakan ibadah dan amalan dengan ikhlas. Namun bagi mereka yang mengabaikan malam tersebut maka akan menjadi orang-orang yang merugi, karena mereka melewatkan kesempatan untuk mendapatkan banyak pahala dan keutamaan, yang bahkan setara dengan seribu bulan. Rasulullah bersabda,“Sesungguhnya bulan Ramadhan ini telah menghampiri kalian. Dan di dalamnya terdapat malam yang lebih baik dari seribu bulan. Barangsiapa yang terhalang dari menjumpainya, maka sungguh dia telah terhalang dari seluruh kebaikan. Dan tidaklah terhalang dari menjumpainya kecuali orang-orang yang merugi.” (HR. Ibnu Majah).
Semoga apa yang saya paparkan diatas bermanfaat atau bisa menambah pengetahuan kita tentang keistimewaan malam Lailatul Qadar bagi kita semua untuk menjalankan Sunnah dan mengerjakan amalan-amalan pada malam Lailatul Qadar tersebut.

Sumber: stiepasim.ac.id