Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Perilaku Masa Remaja Yang Tidak Sehat, Penyebab Penuaan Dini Saat Dewasa

Jumat, 25 Maret 2022 | 13:46 WIB Last Updated 2022-03-25T06:46:39Z
Daftar Isi [Tampilkan]
Perilaku Masa Remaja Yang Tidak Sehat
Photo by Luka Malic on Unsplash

Populer24 - Menurut penelitian yang diterbitkan  di jurnal JAMA Pediatrics, jika anda mengalami obesitas, merokok, atau memiliki gangguan psikologis pada masa remaja, Anda mungkin menua lebih cepat daripada rekan-rekan Anda saat dewasa. Remaja berusia 11 hingga 15 tahun yang mengalami obesitas, merokok setiap hari, atau memiliki gangguan psikologis, seperti kecemasan, depresi atau ADHD, secara biologis berusia hampir tiga bulan lebih cepat setiap tahun daripada rekan-rekan mereka, menurut sebuah penelitian.

Penelitian ini menggunakan data dari 910 orang yang merupakan bagian dari Studi Dunedin, sebuah penyelidikan jangka panjang yang melacak kesehatan dan perilaku peserta yang lahir antara April 1972 dan Maret 1973 di Dunedin, Selandia Baru, mengikuti mereka dari usia 3 hingga mereka berusia 45 tahun. 

Lebih tua secara biologis

Pada usia 45, studi terbaru menemukan bahwa peserta yang memiliki dua atau lebih dari tiga masalah kesehatan umum - merokok, obesitas atau gangguan psikologis - saat remaja, berjalan 11,2 sentimeter per detik lebih lambat, memiliki usia otak yang lebih tua dua setengah tahun, dan memiliki usia wajah yang lebih tua hampir empat tahun dibandingkan mereka yang tidak bermasalah.

Faktor-faktor yang digunakan peneliti untuk mengukur penuaan termasuk indeks massa tubuh, rasio pinggang-pinggul, tes darah, hormon untuk pengaturan nafsu makan dan penyimpanan lemak, tekanan darah, kolesterol, kerusakan gigi, penyakit periodontal, kebugaran kardiorespirasi, dan MRI otak.

Studi ini juga meneliti masalah kesehatan keempat, yaitu asma, dengan hasil yang sangat berbeda. Peserta yang menderita asma selama masa remaja - sebagian besar dirawat - tidak lebih tua secara biologis pada usia 45, dibandingkan dengan mereka yang tidak menderita asma. 

"Ini menambah penelitian sebelumnya dengan memperluasnya ke empat kondisi ini, di mana kami hanya menemukan bahwa tiga terkait dengan penuaan yang dipercepat," kata penulis pertama studi tersebut Kyle Bourassa, seorang peneliti psikologi klinis dan rekan peneliti lanjutan di Durham VA Health. 

Para peneliti berharap bahwa mengidentifikasi kondisi kesehatan pada masa remaja yang terkait dengan penuaan yang lebih cepat dapat membantu para profesional medis memperlambat penuaan dan mencegah kesehatan yang buruk di kemudian hari, menurut penelitian tersebut.

Faktor di balik penuaan dini

Ada beberapa alasan mengapa merokok, gangguan psikologis, dan obesitas dapat mempercepat penuaan, seperti peradangan dan stres oksidatif, dimana terdapat ketidak-seimbangan antara radikal bebas dan antioksidan dalam tubuh. Radikal bebas adalah molekul tidak stabil dari sumber lingkungan seperti asap rokok atau pestisida, yang dapat merusak sel-sel tubuh.

"Ada sejarah panjang dari penelitian semacam itu dalam hal bagaimana merokok merusak pada tingkat sel tetapi juga dapat mengakibatkan jenis kondisi kesehatan yang kita kaitkan dengan penuaan biologis, seperti (penyakit paru obstruktif kronis), kanker paru-paru, dll. seperti itu," kata Bourassa.

Jasmin Wertz, peneliti dalam tim Moffitt & Caspi di Duke University di North Carolina mengatakan, orang dengan masalah kesehatan mental lebih cenderung kurang berolahraga atau memiliki pola makan yang buruk, yang telah dikaitkan dengan penuaan lebih cepat.