Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Tips Investasi Tanah Agar Tidak Rugi, Pemula Harus Tau!

Selasa, 18 Januari 2022 | 11:48 WIB Last Updated 2022-03-03T07:40:26Z
Daftar Isi [Tampilkan]
Tips Investasi Tanah Agar Tidak Rugi, Pemula Harus Tau!
Investasi Tanah | Foto : pinterest.com

Populer24 - Ketahui beberapa tips investasi tanah berikut ini agar tidak rugi dalam melakukan investasi tanah.

Investasi tanah merupakan salah satu instrumen investasi yang cukup populer di Indonesia.

Investasi tanah dapat menghasilkan keuntungan jangka panjang dan pendek tergantung penggunaannya, namun juga bisa mendatangkan rugi jika dilakukan dengan cara yang salah, untuk itu simak tips investasi tanah selengkapnya berikut ini sebagaimana dikutip dari laman dekoruma dan beberapa penjelasan lainnya.

Tips investasi tanah


1. Kenali risiko tanah yang dibeli


Tips investasi tanah agar tidak rugi yang pertama adalah kenali risiko yang kemungkinan akan terjadi pada tanah yang akan kamu beli. Memahami risiko sebelum membeli tanah sama halnya mencegah datangnya kerugian dalam melakukan investasi tanah, jadi pastikan kamu mengenali betul risiko yang bakal terjadi pada lahan tanah yang akan kamu beli.

Lantas bagaimana cara mengenali risiko yang kemungkinan bakal terjadi pada tanah yang hendak dibeli? Caranya dengan me-review langsung atau melihat langsung lokasi lahan tanah yang hendak kamu beli, lihat kondisi tanahnya, lihat kondisi sekitar tanah tersebut, dan juga cari tau sedikit mengenai info tentang perilaku penduduk yang hidup di sekitar tanah tersebut.

Beberapa resiko terburuk pada lahan tanah yang bisa terjadi di antaranya longsor karena tanah tidak seimbang atau miring, tergenang air karena area rawan banjir, hingga beberapa kerusakan lain yang disebabkan penduduk sekitar. Dengan mengenali potensi risiko yang bakal terjadi pada tanah yang hendak dibeli, kamu bisa mendapatkan tanah dengan kualitas terbaik dan terhindar dari potensi rugi.

2. Investasi di tanah yang terletak di lokasi yang strategis


Para pelaku investasi tanah mengincar tanah yang berada di lokasi yang strategis, jadi untuk kamu yang pemula dalam hal investasi tanah, coba pastikan terlebih dahulu bahwa lokasi tanah yang ingin kamu beli adalah lokasi yang strategis.

Lokasi tanah yang strategis juga sangatlah menentukan apakah investasi yang kamu lakukan akan menghasilkan keuntungan atau justru rugi. Untuk menentukan lokasi   tanah yang hendak kamu beli strategis atau tidak, pastikan kamu mengeceknya langsung, kemudian segera cari informasi lebih lanjut mengenai wilayah yang menjadi lokasi tanah tersebut. Biasanya, ada tanah yang saat dibeli lokasinya tidak strategis namun beberapa tahun ke depan lokasinya sangat strategis, hal itu bisa disebabkan karena perubahan fungsi wilayah hingga pembangunan infrastruktur lain pada wilayah yang menjadi lokasi tanah tersebut.

Contohnya saja jika ada tanah yang terletak di dalam desa mungkin wilayahnya tidak strategis pada saat itu, namun apabila pemerintah setempat menambahkan jalan antar provinsi pada desa tersebut dan jalan itu melintas di hadapan tanah yang tidak strategis tadi, maka tanah tersebut menjadi tanah yang terletak di wilayah strategis dan tentunya harga atau nilai tanah tersebut akan naik.

3. Rencanakan kegunaan tanah


Sebelum melakukan pembelian tanah untuk investasi, pastikan terlebih dahulu kamu telah menentukan kegunaan tanah tersebut apabila sudah dibeli, pada umumnya orang yang melakukan investasi tanah melakukan tiga hal, pertama membiarkan tanah tersebut hingga harganya naik kemudian dijual ulang, kedua menyewakannya kepada orang lain agar mendapat keuntungan cepat (biasanya terjadi pada orang yang membeli tanah sawah), dan yang ketiga memanfaatkan tanah tersebut untuk dibangun fasilitas yang bonafit agar menghasilkan keuntungan.

Ketiga cara diatas boleh-boleh saja dilakukan apabila sudah membeli tanah, dan itu semua tergantung kepada pribadi masing-masing.

Apabila kamu tidak ingin repot dan ingin mendapatkan keuntungan jangka panjang maka kamu cocok untuk membiarkan tanah tersebut hingga harga atau nilainya naik kemudian jual ulang, apabila kamu ingin mendapatkan keuntungan cepat dalam periode bulanan hingga tahunan maka kamu dapat menyewakan tanah tersebut, dan apabila kamu ingin memanfaatkan tanah tersebut untuk bisnismu sendiri maka kamu cocok untuk membangun fasilitas Yang bonafit pada tanah yang telah kami beli tersebut.

4. Pastikan legalitas tanah tidak bermasalah


Tips nomor empat ini juga sangat penting untuk dilakukan, sebelum memutuskan untuk membeli tanah guna investasi, pastikan terlebih dahulu bahwa legalitas tanah yang hendak dibeli tersebut tidak bermasalah.

Pastikan dokumen-dokumen pelengkap tanah tersebut memang asli dan resmi, pastikan tanah tersebut bebas dari sengketa, serta pastikan juga luas tanah yang hendak dibeli sama seperti luas yang tertera di dokumen tanah tersebut.

Dengan memastikan legalitas tanah tidak bermasalah alias aman, maka menurunkan potensi hadirnya masalah di kemudian hari terkait tanah tersebut.

5. Usahakan untuk melakukan negosiasi saat membeli tanah


Tips investasi tanah yang terakhir adalah pastikan untuk melakukan negosiasi dalam pembelian tanah guna investasi. Tips ini dapat kamu lakukan agar bisa dapat harga murah saat membeli, dan nantinya bisa mendapatkan selisih harga yang tinggi saat melakukan penjualan tanah.

Umumnya, penjual tanah akan memasang harga lebih tinggi dari harga pasaran, oleh karena itu kamu tidak salah jika melakukan negosiasi.

Agar negosiasi berhasil dan bisa mendapatkan harga tanah yang murah, pastikan juga memberikan alasan terbaik kenapa penjual harus menurunkan harga tanah tersebut.

Demikian beberapa tips investasi tanah yang harus kamu ketahui sebelum membeli tanah, selamat berinvestasi.


Ditulis Oleh : Risco Ferdian
Editor : Sophia Wardhani