Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Sekilas Timnas : Asnawi dan Arhan Bukti Berkembangnya Posisi Bek Sayap Di Indonesia

Sabtu, 15 Januari 2022 | 22:18 WIB Last Updated 2022-03-03T07:51:05Z
Daftar Isi [Tampilkan]
Sekilas Timnas : Asnawi dan Arhan Bukti Berkembangnya Posisi Bek Sayap Di Indonesia
Foto Pemain Timnas AFF 2020 Asnawi dan Arhan | Doc. Instagram (@asnawi_bhr, @pssi)

Populer24 - Menit 49 Indonesia mendapatkan sepak pojok, Laga penentuan fase grup melawan Malaysia jadi momen indah bagi Pratama Arhan. Sepak pojok gagal timnas tidak dapat di sapu bersih di ambil Irfan Jaya yang celingak celinguk melihat opsi yang harus ia berikan. Arhan yang naik hingga ke depan kotak penalti menjadi opsi bagi Irja untuk memberikan umpan. Tanpa ragu kaki kirinya walaupun diganggu tackle pemain Malaysia menghantam masuk ke gawang Malaysia. Bergemuruh lah national stadium Singapura kala itu. What A Shoot! Kata komentator kala itu.

Setali tiga uang, pertandingan selanjutnya giliran asnawi yang mengambil perhatian. Kapten timnas itu berhasil melakukan intersep di sebelah pertahanan, melewati kapten kesebelasan dan legenda singapura Hariss Harun. Hariss Harun mencoba menjatuhkannya dengan menabrakkan kakinya ke kaki asnawi. Tersungkur sebentar dan bangkit Kembali, dengan L1+ X khas PS kala itu asnawi melakukan pass one-two touch dengan witan dan mengembalikan umpan cut back kepada witan yang dapat mengeksekusinya dengan baik.

Asnawi dan Arhan paling terbaik diantara terbaik.

Timnas Indonesia di Piala AFF 2020 membawa cukup banyak posisi bek sayap, ada Rizky Dwi Febrianto dari Arema Indonesia, Marckho Sandy Meraudje dari borneo, Edo Febrianto dari Persita Tangerang. Ketiganya tampil impresif Bersama klub, sangat baik di pertahanan dan agresif dalam penyerangan. Sebelumnya pun STY cukup banyak memanggil bek sayap, ada firza Andika (eks AFC Tubize Belgia dan Timnas u-19) yang kini bermain Bersama persikabo, John Alfarizi kapten Arema Indonesia, Rifad Marasabessy fullback borneo eks timnas u-19 dan Miftah Anwar Sani wingback barito putera yang  menyumbangkan satu assist ketika melawan Chinese Taipei.

Di Liga Indonesia sendiri pun masih banyak fullback yang belum sempat merasakan timnas senior walaupun tampil baik Bersama klub. Contoh saja Koko Ari Araya dan Reva Adi Utama di persebaya Surabaya. Untuk Koko Ari Araya yang bersangkutan cedera Ketika TC kualifikasi piala dunia di dubai. Kemudian ada Ricky Fajrin,  Made Andhika dan Gavin Kwan Adsit di Bali United, Putu Gede dan Alsan Sanda di Bhayangkara FC. Semua pemain di liga Indonesia wajib melihat bagaimana Asnawi dan Arhan bermain Bersama timnas agar dapat dipanggil STY di laga-laga selanjutnya timnas.

Indonesia Selalu Melahirkan Bek Sayap Menakutkan

Arhan dan Asnawi bukan yang pertama sebagai bek sayap tampil mengesankan. Dahulu kala kita mengenal Aji Santoso yang tampil apik di ajang sea games dan piala tiger. Kemudian setelahnya ada duo Surabaya Anang Ma’ruf dan Mat Halil. Dilanjutkan edisi Ismed Sofyan di sisi kanan, Alexandre Pulalo Mutiara papua yang sukses Bersama Arema Malang dan tim-tim besar lainnya. Erol FX Iba sembat menjadi idola dan hampir bergabung klub Australia setelah tampil ciamik Bersama timnas dan persik kediri di ajang Liga Champions Asia. Piala Asia 2007 jadi tempat bersinarnya mahyadi panggabean, Muhammad Ridwan dan Supardi Natsir. Ketiganya menyedot perhatian dengan tampil baik. Sempat muncul Christian Warobay bek sayap yang menjadi pemain terbaik Liga Indonesia dan menjadi elemen penting Sriwijaya FC merengkuh gelar Liga Indonesia. Ortizan Salossa pun bibit terbaik persipura di ajang klub se-asia. Yustinus Pae muncul sebagai harapan bek sayap kanan yang sangat verseatile. Tony Sucipto dan M Nasuha di Sriwijaya melanjutkan gaya verseatile bek sayap yang mampu bermain sebagai pemain tengah. Zulkifli Syukur dan Beni Wahyudi solid mengisi pos sang juara kala itu Arema Cronus.

Sea Games 2011 Diego Michiels dan Hasyim Kipuw luar biasa. Alfin Tuasalamony dan yericho Christiantoko sedang mencoba asa di benua eropa memperkuat CS Vise. Skuad timnas u-19 Indra sjafri pun tak mau kalah Putu Gede Juni Antara, Mahdi Fahri Albar, Fatchurohman dan Ricky Fajrin. Gavin Kwan berjuang di TSV Niendorfer belum terpantau. Abduh Lestaluhu yang menjadi pahlawan sesaat di AFF 2016 apalagi aksinya yang menendang bench Thailand karena kesal bench Thailand mencoba mengulur-ulur waktu dengan memainkan bola. Saat ini Asnawi dan Arhan menyegel pos inti timnas Indonesia untuk pos bek sayap, yang jika tak berbenah ada beberapa opsi yang siap menggoyang. Pemain muda jebolan timnas muda dan garuda select maupun pemain keturunan seperti sandy walsh, kevin diks dan Shayne pattynama bisa menjadi pesaing ideal bagi keduanya.

Cayoo Asnawi dan Arhan!

Oleh, Ismail Syababun Halim.