Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Sekilas Timnas : Setelah AFF 2020 Inilah Agenda Terdekat Tim Nasional Indonesia

Senin, 03 Januari 2022 | 21:54 WIB Last Updated 2022-01-22T11:22:04Z
Daftar Isi [Tampilkan]
Foto Timnas Indonesia AFF 2020
Timnas Indonesia AFF 2020 | Sumber : (Foto: Instagram @asnawi_bhr)


Kilas balik sebelum AFF2020


Setelah gagal total di kualifikasi Piala Dunia 2020 medio Juni 2021 dengan skuad seadanya yang praktis tanpa liga resmi bergulir selama kurang lebih 1 tahun pelatih anyar timnas Indonesia kala itu tetap optimis dengan tim nasional yang ia asuh. Kemudian dengan percaya diri menyingkirkan Chinese Taipei pada babak playoff kualifikasi Piala Asia 2023 dengan skuad baru yang berbeda dari skuad sebelumnya. Menang dengan meyakinkan agregat 5 – 1 , hasil menang “away” walaupun pada venue netral 2-1 dan menang “home” 3-0. Hasil tersebut memberikan angin segar dan oase bagi persepakbolaan nasional setelah sebelumnya Indonesia hanya menjadi bulan-bulanan tanpa meraih satupun kemenangan. Bagaikan bertanding tanpa jeda istirahat Shin Tae-Yong langsung tancap gas membawa skuad mudanya Training Camp Tim Nasional U-23 di babak kualifikasi Piala Asia U-23 melawan tim kuat Australia. Hasilnya Indonesia tidak mampu menang tapi timnas mampu memberikan perlawanan terhadap Australia yang bisa diperkuat pemain Bundesliga kala itu.

Membungkam pesimisme dengan prestasi


Setiap persiapan selalu-lah tidak mudah. Egy Maulana Vikri baru bisa bergabung di babak semifinal dikarenakan AFF 2020 bukanlah agenda FIFA. Kemudian tidak fit-nya Ryuji Utomo bek senior kenyang pengalaman di klub luar negeri hingga kontroversinya pemanggilan pemain dan pembatasan 2 pemain per klub dikarenakan liga berjalan walaupun akhirnya PSSI dan PT LIB memutuskan meliburkan liga selama gelaran Piala AFF 2020. Piala AFF 2020 seyogyanya dilaksanakan di tahun 2020, dikarenakan kondisi pandemic mengharuskannya mundur hingga Desember 2020. Menarik memang Namanya Piala AFF 2020, Dimainkan Desember 2021 dan laga final leg kedua di 1 Januari 2022. Singapura sebagai tuan rumah tuai kecaman dengan sistem bubble yang tak jelas dan juga pemberian makanan bagi pemain yang dirasa kurang tidak menghentikan gelaran Piala AFF 2020.

Indonesia tergabung dengan grup maut, disana ada raksasa asia tenggara yang rekornya belum kalah dari tim asia tenggara manapun selama 3 tahun lamanya. Skuad Malaysia yang dihuni pemain Johor Darul Takzim yang main di Liga Champions Asia. Ada Kamboja yang membawa asa baru dengan Keisuke Honda sebagai juru latih anyar. Dan yang terakhir Laos berhasil mengejutkan media dengan berhasil menaturalisasi mantan pemain ligue 1 Prancis Billy Ketkeophomphone. Dengan Segala kesulitan ini jelas tim nasional Indonesia yang gagal total di pandang sebelah mata. Bahkan legenda Malaysia sampai menyebutkan Indonesia tak akan lolos grup dan pemain tim nasional Malaysia menyebut Indonesia setara laos secara kualitas.

Gol Elkan Baggot pada menit 82 menandakan keunggulan tim nasional Indonesia kala itu di laga terakhir fase grup Piala AFF 2020. Selain menghancurkan rival abadi dan membuatnya tak lolos ke fase selanjutnya, timnas pun mampu membuat Vietnam harus bertarung mati matian melawan Thailand di fase selanjutnya. Bertarung mati-matian di fase selanjutnya melawan Singapura yang menjadikan para pundit asia tenggara mengakuinya sebagai laga paling emosional selama 2021 tak mampu memupus dominasi Thailand di Kawasan asia tenggara. Walaupun gagal juara, timnas Indonesia yang dihuni pemain-pemain muda mampu memberi gairah dan melaju hingga final. Mengejutkan banyak pihak tanpa kekalahan hingga final dan menjadi tim paling produktif. Fans Indonesia pun saat ini sedang pada tahap bergebu-gebu mendukung timnas dan menikmati semangat bermain timnas Indonesia ala Shin Tae-Yong terbukti dengan meningkat drastisnya pengikut pada setiap social media pemain timnas.

PIALA AFF 2020 Bukan Akhir Tapi Awal. Kalender Timnas 2022


Setelah hampir setengah tahun bekerja keras melatih timnas pada beberapa kelompok umur dan puncaknya pada gelaran Piala AFF 2020 Timnas Indonesia sudah ditunggu calendar FIFA Friendly Match Day pada 24 Januari - 2 Februari 2022 menarik ditunggu lawan siapa yang telah disiapkan jajaran staf dan PSSI untuk membuat timnas kita terus berkembang.

Di waktu yang sama 20 Januari 2022 – 6 Februari 2022 timnas sepakbola putri kita yang untuk pertama kalinya setelah sekian lama tidak lolos piala asia akan melakoni pertandingan di Piala Asia 2022 India.
Setelah itu timnas U-23 Indonesia yang menjadi juara di edisi sebelumnya Piala AFF U-23 yang telah berganti menjadi AFF U-22 diharuskan bersiap-siap. Apalagi pertemuan dengan Malaysia akan menjadi laga menarik, bagaimana revans rival abadi ini akan berlangsung. Belum lagi kendala para pemain yang bermain di liga luar tidak bisa dipanggil dikarenakan AFF U-22 bukanlah agenda FIFA. Piala AFF U-22 akan dilaksanakan pada 14 Februari – 26 Februari 2022.

Maret hingga Mei menjadi bulan istirahat skuad tim nasional Indonesia, tidak ada agenda apapun. Tapi bulan ini bulan wajib Menyusun agenda setelahnya yang sangat padat. Ada SEA Games di Vietnam 12 – 23 Mei 2022 dan Kualifikasi Piala Asia 2023 8 -14 Juni 2022. Pada bulan oktober giliran Timnas U-16 yang akan melakoni kualifikasi Piala Asia dan Asian Games 2022. Dan di akhir tahun tim nasional Indonesia akan menutup akhir tahun dengan berjuang Kembali memperebutkan Piala AFF 2022 dari November hingga Desember.

Begitulah agenda timnas Indonesia pada tahun 2022. Siapkan semangat kalian dan Majulah GARUDA!.

Oleh : Ismail Syababun Halim