Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Resep Telur Dadar Geprek untuk menu masakan sehari-hari

Sabtu, 22 Januari 2022 | 15:55 WIB Last Updated 2022-01-25T14:30:50Z
Daftar Isi [Tampilkan]
Resep Telur Dadar Geprek untuk menu masakan sehari-hari
Telur Dadar Geprek | Foto: yummy.idn

Populer24 - Telur dadar geprek bisa menjadi salah satu menu masakan sehari-hari agar tidak bosan. Sajian makanan ini sangat cocok apabila dimakan bersama nasi putih hangat dan es teh manis, terlebih lagi dikonsumsi saat cuaca yang dingin. Sajian makanan geprek telur dadar bisa dibuat sendiri di rumah dengan cara yang sederhana, ketahui cara membuat telur dadar geprek sederhana di artikel ini.

Sajian makanan berbahan dasar telur ini juga bisa divariasikan ke dalam berbagai rasa, misalnya variasi crispy, manis, sambal hijau, hingga rasa pedas manis kecap. Untuk membuat satu porsi geprek telur dadar juga tidak membutuhkan alat masak yang macam-macam, yang kamu perlukan hanya wajan, piring, pisau, cobek, hingga sendok.

Selain alat masak yang dibutuhkan mudah didapat, bahan masakan yang dibutuhkan untuk juga sangat mudah didapatkan, terlebih lagi telur biasanya selalu ada di dalam kulkas karena beberapa orang memang membeli telur dalam jumlah banyak, selain itu telur juga dikenal sebagai bahan masakan akhir bulan. Untuk lebih lengkapnya, simak resep geprek telur dadar dan cara membuatnya berikut ini.

Resep telur dadar geprek

Jumlah bahan yang dibutuhkan untuk membuat geprek telur dadar berikut ini dapat disesuaikan dengan jumlah telur yang akan digunakan, dalam resep ini menggunakan dua buah telur.

- Telur dadar (2 buah)
- Tepung bumbu (2 sachet)
- Garam secukupnya
- Penyedap rasa secukupnya
- Lada bubuk secukupnya
- Cabe rawit (5-10 buah, bisa disesuaikan sesuka hati)
- Bawang putih (2-3 siung)
- Terasi secukupnya
- Minyak goreng secukupnya
- Air secukupnya
- Jeruk nipis (1 buah, opsional)

Cara membuat telur dadar geprek

Setelah beberapa bahan di atas siap, saatnya untuk membuat sajian geprek telur dadar, simak langkah-langkahnya berikut ini.

- Pertama, siapkan dua buah telur, pecahkan dua telur tersebut kemudian kocok telur tersebut hingga putih telur dan kuning telur tercampur. Setelah itu, tambahkan sedikit garam dan penyedap rasa secukupnya, tambahkan juga lada bubuk apabila kamu suka, kocok lagi agar bumbu tercampur, kemudian goreng di minyak yang panas dan buat telur seperti pada umumnya.

- Setelah telur dadar siap, potong telur dadar menjadi beberapa bagian sesuka hati.

- Selanjutnya, siapkan 2 sachet tepung bumbu, pisahkan tepung bumbu tersebut dalam dua wadah, satu menjadi tepung kering, dan tepung bumbu di wadah lainnya tambahkan sedikit air agar menjadi tepung bumbu basah.

- Setelah itu, siapkan minyak goreng di wajan yang panas untuk menggoreng geprek.

- Kemudian, celupkan telur dadar yang sudah dipotong sebelumnya ke tepung bumbu basah, lanjut celup lagi ke tepung bumbu kering, lakukan berkali-kali hingga tepung tampak sedikit tebal. Setelah telur dadar dicelupkan di tepung bumbu, goreng di minyak yang telah dipanaskan sebelumnya.

- Goreng beberapa potongan telur dadar yang telah dicelupkan tepung bumbu hingga warnanya agak menguning.

- Setelah menggoreng telur dadar tersebut, siapkan bumbu geprek. Siapkan 2-3 siung bawang putih dan 5-10 cabe rawit, potong kecil-kecil dan tumis di minyak panas dengan waktu yang singkat. Setelah ditumis, pindahkan ke cobek, tambahkan terasi, penyedap rasa, dan garam secukupnya, kemudian ulek hingga sedikit halus.

- Jika bumbu geprek sudah siap dan telur dadar sudah siap, oleskan bumbu geprek ke telur dadar yang sudah digoreng tadi kemudian penyet-penyet atau geprek hingga bumbu geprek agar tercampur dengan telur dadar.

- Dan akhirnya geprek telur dadar selesai dan siap disajikan dengan nasi putih, jika kamu ingin menambahkan kesegaran, kamu bisa menambahkan sedikit perasan air jeruk nipis di geprek telur dadar.

Variasi Telur dadar geprek


Sajian geprek telur dadar juga bisa divariasikan dalam beberapa rasa contohnya geprek telur dadar sambal hijau, cara membuatnya sama seperti cara membuat geprek telur dadar yang telah dijelaskan di atas, namun kamu harus mengganti cabai rawit dengan cabai rawit hijau. Nanti hasilnya geprek telur dadar sambal hijau bisa kamu dapatkan.

Selain itu, geprek telur dadar juga bisa divariasikan dengan rasa pedas manis kecap. Cara membuat nya sama seperti cara membuat geprek telur dadar yang telah dijelaskan di atas, namun kamu harus menambahkan kecap pada saat membuat bumbu geprek, selain itu kamu juga bisa menambahkan gula pada saat membuat bumbu tersebut.

Demikianlah cara membuat telur dadar geprek yang mudah dan simpel. Sajian makanan yang lezat, enak, dan bahan untuk membuatnya murah serta mudah didapatkan. Jadi jika kamu ingin membuat variasi lain makanan dari bahan telur, kamu bisa membuat geprek telur dadar dengan mengikuti resep dan langkah-langkah membuatnya sebagaimana dijelaskan di atas tadi ya.