Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Wajib Di Coba, Ini Dia 10 Rekomendasi Kuliner Khas Bandung Yang Rasanya Bikin Nendang Di Lidah

Sabtu, 15 Januari 2022 | 23:57 WIB Last Updated 2022-03-03T07:50:32Z
Daftar Isi [Tampilkan]
Populer24 - Bila berkunjung ke kota Bandung, Jawa Barat, tak afdol rasanya bila tidak mencicipi berbagai makanan enak khas kota Bandung. Selain dikenal dengan mojang Bandungnya yang cantik-cantik dan menarik mata, kota Bandung juga dikenal dengan kulinernya yang unik dan memiliki cita rasa yang enak. Apalagi di musim penghujan seperti sekarang ini pastinya perut kamu akan lebih sering lapar dan doyan makan. 

Nah berikut ini beberapa rekomendasi makanan khas Bandung yang wajib kamu coba bila kamu berkunjung ke Bandung. Simak terus yah pembahasan kali ini karena dijamin bikin ngiler deh.

1. Nasi Timbel Bawean


Wajib Di Coba, Ini Dia 10 Rekomendasi Kuliner Khas Bandung Yang Rasanya Bikin Nendang Di Lidah
Sumber foto : instagram @kuliner_laper


Kuliner pertama khas kota kembang yang wajib kamu coba kali ini mungkin masih asing di beberapa telinga warga diluar Bandung yah yaitu Nasi Timbel. Nasi timbel merupakan nasi biasa yang dibalut dengan daun pisang dan biasanya disajikan dengan makanan pelengkap lainnya seperti ayam serundeng, tahu, tempe, sambal, dan lalapan.

Nah Nasi Timbel yang wajib kamu coba kali ini adalah Nasi Timbel Bawean yang berlokasi di Jl. Bawean Pav.3, Merdeka, Bandung. Warung Nasi Timbel Bawean ini merupakan salah satu warung legendaris yang sudah ada sejak tahun 1985 loh.

Kamu bisa menikmati 1 bungkus Nasi Timbel Bawean dengan pilihan lauk yang beragam seperti ayam goreng, aneka pepes, perkedel, tahu, tempe, hingga sayur asem. Nasi timbel di tempat ini juga memiliki dua pilihan yang beragam yaitu nasi putih dan nasi merah. Wah dijamin akhir pekan kamu bakal kenyang deh.


2. Mie Kocok Persib


Wajib Di Coba, Ini Dia 10 Rekomendasi Kuliner Khas Bandung Yang Rasanya Bikin Nendang Di Lidah
Sumber foto : instagram @hobimakan_garut

Kuliner yang kedua ini bisa menjadi pilihan bagi kamu yang tidak mau makan nasi ketika datang berkunjung ke Bandung yah. Yup…..kali ini kamu bisa mencicipi Mie Kocok di sekitaran Jl. Jendral Ahmad Yani No.274, Merdeka, Bandung. Selain memiliki citra rasa yang enak Mie Kocok yang sudah berdiri sejak 1963 ini juga memiliki nama yang unik dan tidak asing bagi warga Bandung yaitu Mie Kocok Persib. Mie Kocok Persib ini memiliki nama sama dengan klub kebangaan kota Bandung yaitu Persib Bandung karena memang lokasinya berada di depan Stadion Persib. 

Setiap harinya Mie Kocok Persib ini laku diserbu pembeli loh. Selain tempatnya yang sangat legendaris, harga mie kocok persib yang murah juga menjadi daya tarik pembeli. Dengan harga Rp 23.000 per porsinya kamu sudah bisa mencicipi satu mangkok mie kocok Persib dengan sensasi tulang iga yang ditaburkan pada sajian mienya. Wah bikin ngiler tentunya….

3. Es lilin Bandung

Setelah berkeliling Bandung dan mencoba beberapa kuliner berat kali ini kita beralih ke kuliner ringan penghilang rasa dahaga nih. Yup kali ini kita akan mencoba Es Lilin khas kota Kembang yaitu Es Lilin Bandung.

Jajanan yang awalnya telah meredup sejak tahun 1980-an akibat kalah bersaing dengan produk es krim dari luar negeri, namun kali ini kehadiran Es Lilin Bandung ini kembali hadir untuk bisa kamu cicipi loh, salah satunya Es Lilin Bandung yang berada di lokasi Jl. Cikawao No.39, Paledang, Bandung yang memiliki cita rasa yang segar dan enak tentunya.

10 Wisata Kuliner di Bandung yang Wajib Kamu Jelajahi, Raos Pisan!
Sumber foto : idntimes.com


Es Lilin Bandung yang diprakarsai oleh bapak A. Setia Permana ini memiliki beraneka ragam rasa yang bisa kamu coba. Variannya pun sangat beragam seperti rasa cokelat, durian, anggur, alpukat, vanilla, dan masih banyak lagi. Kuliner ini pun sangat cocok untuk kamu jadikan oleh-oleh  khas Bandung karena daya beku Es Lilin Bandung ini ternyata cukup lama loh.

4. Bandros Cowboy Cisangkuy


Wajib Di Coba, Ini Dia 10 Rekomendasi Kuliner Khas Bandung Yang Rasanya Bikin Nendang Di Lidah
Sumber foto : instagram@food.lover.13


Masih dengan jajanan khas Sunda yang bikin kamu ngiler nih karena kuliner yang satu ini juga wajib kamu coba ketika berkunjung ke kota Bandung yaitu Kue Bandros. Kue Bandros merupakan sejenis kue yang terbuat dari campuran tepung beras, kelapa parut, dan santan dengan bentuknya yang mirip dengan kue pukis. 
Nah Kue Bandros yang wajib kamu coba yang satu ini yaitu Bandros Cowboy Cisangkuy yang berada di lokasi Jl. Cisangkuy No.56, Citarum, Bandung. Kue Bandros yang satu ini memiliki cita rasa enak  dan telah dikenal banyak orang seantero Bandung. Selain itu penjual Kue Bandros ini juga sangat unik dimana penjualnya selalu memakai topi cowboy saat berdagang sehingga mengundang daya tarik pembeli. Bandros Cowboy Cisangkuy memiliki beraneka ragam rasa seperti rasa green tea, coklat, keju, toblerone, kitkat, oreo, dan susu.

5. Batagor Haji Ihsan


Wajib Di Coba, Ini Dia 10 Rekomendasi Kuliner Khas Bandung Yang Rasanya Bikin Nendang Di Lidah
Sumber foto : instagram @mir_nona

Batagor merupakan kuliner khas Bandung selanjutnya yang wajib kamu coba saat berkunjung ke kota kembang Bandung salah satunya Batagor Haji Ihsan. Batagor Haji Ihsan diketahui merupakan pelopor makanan khas Sunda ini dan telah ada sejak tahun 1970-an loh. Selain memiliki cita rasa yang enak dengan tekstur batagor yang kering diluar dan lembut didalam  membuat rasa Batagor Haji Ihsan semakin gurih tentunya.

Kamu bisa mencicipi Batagor Haji Ihsan di beberapa tempat di bandung karena Batagor Haji Ihsan memiliki beberapa gerai di kota bandung salah satunya yang berada di Jl. Bojongloa No.38, Panjunan, Bandung. 
Untuk menikmati Batagor Haji Ihsan ini, kamu bisa memilih menikmatinya dengan saus kacang pedas atau disiram dengan kuah panas yang segar.

6. Surabi Cihapit


Wajib Di Coba, Ini Dia 10 Rekomendasi Kuliner Khas Bandung Yang Rasanya Bikin Nendang Di Lidah
Sumber instagram : @surabi_cihapit

Kuliner bandung yang satu ini juga bisa membuat akhir pekan kamu lebih berwarna dengan rasanya yang super enak loh yaitu Surabi Cihapit. Surabi yang berada di Jl. Cihapit, Bandung ini merupakan kuliner khas Bandung yang dimasak dengan masih menggunakan metode tradisional yaitu menggunakan tungku dengan kayu bakar sebagai bahan bakarnya. 
Meski hanya berjualan dengan gerobak kecil yang sederhana, tidak menjadikan Surabi Cihapit ditinggalkan oleh para pembelinya. Kamu bisa menikmati satu porsi Surabi Cihapit dengan harga yang super murah yaitu Rp2.000-Rp10.000. Dengan harga yang sangat ringan di kantong ini, kamu bisa menikmati cemilan khas bandung ini dengan berbagai toping yang ada dan tentunya dengan cita rasa yang enak.

7. Seblak Deu Tjenghar


Wajib Di Coba, Ini Dia 10 Rekomendasi Kuliner Khas Bandung Yang Rasanya Bikin Nendang Di Lidah
Sumber foto : instagram @genkichu

Tak afdol rasanya bila berkunjung ke kota Bandung kalau belum mampir untuk mencicipi jajanan khas Bandung yang satu ini yaitu Seblak. Kuliner Bandung yang satu ini menjadi jajanan khas Sunda yang sekarang sedang populer di beberapa wilayah di Indonesia. 

Seblak Bandung yang wajib kamu coba saat ini saat berkunjung ke kota Bandung yaitu Seblak Deu Tjenghar. Seblak yang berlokasi di Jalan Purnawarman, sebelah Ngopi Doeloe, Bandung, memiliki cita rasa yang enak dan pilihan topping yang beragam. Kamu bisa request dengan seblak versi pedas atau pun sedang. Seblak Deu Tjenghar juga menyediakan 30 pilihan topping yang bisa kamu coba. Selain itu tersedia menu khusus vegetarian juga loh. 

8. Kupat Tahu Gempol

Kupat tahu yang satu ini terkenal karena pernah dipromosikan oleh Gubernur Jawa Barat yaitu Ridwan Kamil dalam sebuah interview. Kupat Tahu Gempol yang berlokasi di Jl. Gempol Kulon No.53, Citarum, Bandung memiliki cita rasa cenderung manis dan enak. 

Perbedaan Kupat Tahu Gempol dengan kupat tahu yang lainnya yaitu pada penggunaan kerupuk terasi yang berwarna merah yang menjadi pelengkap topping kuliner ini. Untuk mendapatkan satu porsi Kupat Tahu Gempol kamu harus datang pagi-pagi karena tempatnya yang selalu ramai pembeli dan lokasinya yang agak terpencil dari jalan besar.

Wajib Di Coba, Ini Dia 10 Rekomendasi Kuliner Khas Bandung Yang Rasanya Bikin Nendang Di Lidah
Sumber foto : instagram @dunialoka.id

9. Kue Balok Kang Didin


Wajib Di Coba, Ini Dia 10 Rekomendasi Kuliner Khas Bandung Yang Rasanya Bikin Nendang Di Lidah
Sumber foto : instagram @nitip.dong.teh

Selain jajanan Kue Bandros khas sunda, per-kuean khas kota kembang ini juga sangat banyak dan bervariatif seperti Kue Balok khas Bandung yang satu ini yaitu Kue Balok Kang Didin. Kue manis yang memiliki tekstur lembut ini wajib kamu coba saat kamu berkunjung ke kota Bandung.
Kue Balok Kang Didin berlokasi di Jl. Abdul Rahman Saleh No.52, Cicendo, Bandung dan setiap harinya selalu ramai diserbu pembeli. Tekstur luarnya yang kering dan lembut didalam membuat Kue Balok Kang Didin banyak disukai pecinta kuliner khas Bandung. Apalagi isi dalamnya yang meleleh dijamin membuat lidah kamu bergoyang karena ketagihan.

10. Lontong Kari Kebon Karet

Kuliner khas Bandung yang terakhir yang wajib kamu coba saat berkunjung ke kota Bandung yaitu Lontong Kari Kebon Karet. Lontong Kari Kebon Karet ini berlokasi di Jl. Otto Iskandar Dinata, Pasir Kaliki, Bandung dan buka setiap hari.

Wajib Di Coba, Ini Dia 10 Rekomendasi Kuliner Khas Bandung Yang Rasanya Bikin Nendang Di Lidah
Sumber foto : instagram @foodgallerybdg

Lontong Kari Kebon Karet ini memiliki isian berupa potongan lontong, daging sapi, emping, taburan bawang goreng, dan jeruk nipis. Rasanya yang manis dan gurih ditambah dengan kuah kari yang kental berwarna kuning kecoklatan membuat lidah kamu semakin nikmat. Kamu bisa memesannya sesuai selera kamu. Ada dua pilihan lontong kari ditempat ini yaitu lontong kari biasa atau lontong kari spesial. Jika lontong kari spesial ada tambahan toping seperti telur ayam rebus di dalamnya sehingga membuat santap makan kamu jauh lebih kenyang.
Nah itu dia beberapa rekomendasi kuliner khas kota Bandung yang wajib kamu coba saat kamu sedang berkunjung ke kota kembang loh. Gimana semakin lapar kah kamu setelah melihatnya? Dijamin deh semua makanan diatas memiliki tingkat kelezatan yang tidak mengecewakan. Selamat mencoba dan selamat menikmati yah.


Ditulis Oleh : Devi Novitasari
Editor : Sophia Wardhani